Logo BeritaSatu

Sandiaga: KTT G-20 Sukses Bangkitkan Pariwisata Indonesia

Selasa, 22 November 2022 | 22:14 WIB
Oleh : FER

Jakarta, Beritasatu.com - Pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Nusa Dua, Bali, telah resmi berakhir pada Rabu (16/11/2022). Forum global yang dihadiri oleh pemimpin dunia ini diperkirakan memberi dampak ekonomi sebesar US$ 500 juta atau setara Rp 7,4 triliun bagi Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengatakan, selain memberikan dampak yang cukup besar terhadap ekonomi Indonesia, KTT G-20 juga membuka puluhan ribu lapangan pekerjaan dan membangkitkan sektor pariwisata Indonesia.

Advertisement

"KTT G-20 ini diestimasi oleh ibu Sri Mulyani memberikan dampak ekonomi US$ 500 jut atau sekitar Rp 7,4 triliun. Pelaksanaannya juga menciptakan 33.000 lapangan pekerjaan. Pencapaian ini menjadi bagian dari pemulihan ekonomi Indonesia," kata Sandiaga Uno saat hadir sebagai bintang tamu dalam "Obrolan Malam Fristian" di BTV, Selasa (22/11/2022).

Menurut Sandiaga, pelaksanaan KTT G-20 di Nusa Dua, Bali, betul-betul strategis dan bersejarah karena membawa suatu nuansa baru.

"Saya dengar sendiri dari Presiden Biden, Indonesia bukan hanya kaya SDM, memiliki keindahan pemandangan alam, dan memiliki keramahtamahan masyarakat, serta yang paling penting adalah Indonesia mempunyai kepemimpinan atau leadeship yang bisa menginspirasi," kata Sandiaga Uno.

Sandiaga menegaskan, KTT G-20 bukan hanya ajang suksesnya penyelenggaraan tetapi juga bagaimana substansi G-20 yang dituangkan dalam sebuah deklarasi bisa menjadi sebuah pemicu dan lembaran baru, di tengah suasana global yang penuh ketidakpastian, kompleksitas pascapandemi, dan isu geopolitik.

"Di tengah kegelapan dan kesuraman ekonomi, Indonesia menjadi titik cahaya, titik terang. Saya merinding sekali, dan betul-betul terharu bagaimana Indonesia dipandang sebagai bangsa yang besar, dan mampu memimpin negara-negara adidaya itu," tegas sandiaga.

Sandiaga menambahkan, momen KTT G-20 yang sangat bersejarah dan membanggakan, harus terus dikawal momentumnya dengan capaian-capaian selanjutnya, khusunya untuk sektor pariwisata di Indonesia.

"Bagaimana kita kawal event-event selanjutnya jangan sampai putus, sehingga kebangkitan dari sektor pariwisata dan ekonomi kita, terutama penciptaan lapangan kerja, karena Bali ini dan sektor pariwisata kehilangan lebih dari 1 juta lapangan kerja selama pandemi Covid-19," tandas Sandiaga.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BI Optimistis Pertumbuhan Ekonomi 2023 Bisa 5,3 Persen

Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi tahun 2023 akan berada pada kisaran 4,5 persen hingga 5,3 persen.

EKONOMI | 7 Februari 2023

Aplikasi Teknologi Baru Turunkan Emisi Karbon Sektor Energi

Penerapan teknologi CCS dan CCUS dinilai menjadi solusi penting untuk meningkatkan produksi migas sekaligus mencapai target penurunan emisi karbon.

EKONOMI | 7 Februari 2023

OJK Bakal Pangkas 600 BPR dalam Lima Tahun ke Depan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai jumlah bank perkreditan rakyat (BPR) saat ini masih cukup gemuk, yakni sebanyak 1.600 BPR.

EKONOMI | 7 Februari 2023

Airlangga Yakin Pertumbuhan Ekonomi Capai 5,3 Persen di 2023

Airlangga mengatakan, pemerintah optimistis dapat mencapai target pertumbuhan ekonomi 5,3 persen di tahun 2023.

EKONOMI | 7 Februari 2023

Jokowi Harapkan Dukungan Program Hilirisasi, Ini Respons OJK

Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar menyampaikan, sejatinya minat industri jasa keuangan memberikan pembiayaan program hilirisasi industri cukup besar.

EKONOMI | 6 Februari 2023

Pluang Ajak Investor Ritel Cerdas Kenali Risiko Investasi

Pluang mengimbau investor ritel di Indonesia untuk memperhatikan status legalitas entitas bisnis yang menjual saham AS.

EKONOMI | 7 Februari 2023

PTPP Gandeng 5 BUMN Bentuk Usaha Patungan Beton Pracetak

PT PP (Persero) Tbk atau PTPP bersama 5 BUMN Karya lainnya membentuk perusahaan patungan beton pracetak bernama PT Karya Logistik Nusantara.

EKONOMI | 6 Februari 2023

Kemenkeu Belum Terapkan Cukai Minuman Berpemanis, Ini Alasannya

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kemenkeu Askolani menyampaikan, pengenaan cukai minuman berpemanis mempertimbangkan kondisi ekonomi pascapandemi Covid-19.

EKONOMI | 6 Februari 2023

Pekan Ini Ombudsman Periksa Bappebti

Ombudsman segera memeriksa Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) terkait dugaan malaadministrasi dalam proses pembentukan bursa kripto.

EKONOMI | 6 Februari 2023

Bisnis Warunk Upnormal Mulai Berguguran, Apa Penyebabnya?

Channel Youtube Bennix yang banyak mengulas tentang dunia saham menganalisa tujuh penyebab runtuhnya bisnis Warunk Upnormal.

EKONOMI | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hapus Kesan Horor, Mural Hiasi Simpang Lima Rapak Balikpapan

Hapus Kesan Horor, Mural Hiasi Simpang Lima Rapak Balikpapan

NEWS | 35 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE