Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Sandiaga: KTT G-20 Sukses Bangkitkan Pariwisata Indonesia

Selasa, 22 November 2022 | 22:14 WIB
Oleh : FER
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (kiri) saat hadir sebagai bintang tamu dalam "Obrolan Malam Fristian" di BTV, Selasa, 22 November 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Nusa Dua, Bali, telah resmi berakhir pada Rabu (16/11/2022). Forum global yang dihadiri oleh pemimpin dunia ini diperkirakan memberi dampak ekonomi sebesar US$ 500 juta atau setara Rp 7,4 triliun bagi Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengatakan, selain memberikan dampak yang cukup besar terhadap ekonomi Indonesia, KTT G-20 juga membuka puluhan ribu lapangan pekerjaan dan membangkitkan sektor pariwisata Indonesia.

"KTT G-20 ini diestimasi oleh ibu Sri Mulyani memberikan dampak ekonomi US$ 500 jut atau sekitar Rp 7,4 triliun. Pelaksanaannya juga menciptakan 33.000 lapangan pekerjaan. Pencapaian ini menjadi bagian dari pemulihan ekonomi Indonesia," kata Sandiaga Uno saat hadir sebagai bintang tamu dalam "Obrolan Malam Fristian" di BTV, Selasa (22/11/2022).

Menurut Sandiaga, pelaksanaan KTT G-20 di Nusa Dua, Bali, betul-betul strategis dan bersejarah karena membawa suatu nuansa baru.

"Saya dengar sendiri dari Presiden Biden, Indonesia bukan hanya kaya SDM, memiliki keindahan pemandangan alam, dan memiliki keramahtamahan masyarakat, serta yang paling penting adalah Indonesia mempunyai kepemimpinan atau leadeship yang bisa menginspirasi," kata Sandiaga Uno.

Sandiaga menegaskan, KTT G-20 bukan hanya ajang suksesnya penyelenggaraan tetapi juga bagaimana substansi G-20 yang dituangkan dalam sebuah deklarasi bisa menjadi sebuah pemicu dan lembaran baru, di tengah suasana global yang penuh ketidakpastian, kompleksitas pascapandemi, dan isu geopolitik.

"Di tengah kegelapan dan kesuraman ekonomi, Indonesia menjadi titik cahaya, titik terang. Saya merinding sekali, dan betul-betul terharu bagaimana Indonesia dipandang sebagai bangsa yang besar, dan mampu memimpin negara-negara adidaya itu," tegas sandiaga.

Sandiaga menambahkan, momen KTT G-20 yang sangat bersejarah dan membanggakan, harus terus dikawal momentumnya dengan capaian-capaian selanjutnya, khusunya untuk sektor pariwisata di Indonesia.

"Bagaimana kita kawal event-event selanjutnya jangan sampai putus, sehingga kebangkitan dari sektor pariwisata dan ekonomi kita, terutama penciptaan lapangan kerja, karena Bali ini dan sektor pariwisata kehilangan lebih dari 1 juta lapangan kerja selama pandemi Covid-19," tandas Sandiaga.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI