Logo BeritaSatu

Matching Fund PPM Dampingi Masyarakat Mandiri dengan Ekonomi Sirkular

Selasa, 22 November 2022 | 20:12 WIB
Oleh : CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Program hibah pendanaan Matching Fund Kedaireka 2022 Kemendikbudristek yang diperoleh Sekolah Tinggi Manajemen PPM (STM PPM) mendampingi masyarakat dalam mewujudkan kemandirian melalui ekonomi sirkular.

“Kami mendapatkan hibah dari Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek bekerja sama dengan WWF Indonesia, yang mana fokus utama adalah pengelolaan sampah plastik, bank sampah dan juga Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R),” ujar Ketua Tim Program Matching Fund Kedaireka Dosen STM PPM Dr Aprihatiningrum Hidayati MM, dalam acara business pitching di Jakarta.

Advertisement

Selama tiga bulan, pihaknya mendampingi 19 lembaga binaan yang berada di Jakarta, Bogor dan Depok dalam menentukan model bisnis ekonomi sirkular.

“PPM memiliki kapasitas intelektual dalam membimbing masyarakat, agar dapat lebih mengoptimalkan potensi dari bank sampah dan TPS3R ini,” kata dia.

STM PPM dengan kepakaran dan pengalaman di bidang manajemen dan bisnis selama 55 tahun telah mendampingi banyak lembaga atau entitas bisnis di Indonesia dalam upaya peningkatan kinerja bisnis.

Melalui program Matching Fund, STM PPM menggandeng WWF Indonesia yang juga telah berpengalaman dalam penanganan masalah pengelolaan sampah plastik sebagai implementasi dari konsep ekonomi sirkuler dan pembangunan berkelanjutan.

“Kami berkomitmen dalam menyusun model bisnis pengelolaan sampah plastik bagi 20 lembaga binaan bank sampah dan TPS 3R di kota Jakarta dan Bogor dengan cara menerapkan konsep model bisnis sirkular,” terang dia.

Luaran dari kegiatan itu yakni dihasilkannya 10 produk inovatif dari bank sampah atau TPS3R yang telah mampu mentransformasi model bisnisnya yang semula masih linear menjadi sirkuler yaitu dengan menerapkan konsep ekonomi sirkular sehingga dapat dicapai kemandirian secara ekonomi.

“Kami berkomitmen mengedukasi para pengelola sampah di lingkungan masyarakat, bahwa kegiatan memilah dan mengolah sampah yang telah dilakukan selama ini tidak hanya kegiatan yang bertujuan untuk menyelamatkan lingkungan dan bumi semata, tapi juga kegiatan yang dapat mendatangkan manfaat secara ekonomi yaitu membuka lapangan kerja bagi banyak orang melalui penciptaan produk-produk inovatif dari hasil daur ulang sampah plastik,” kata dia.

Program yang mendapatkan hibah pendanaan sebesar Rp 501,5 juta tersebut melibatkan sebanyak 26 dosen yang diantaranya menjadi pelatih, mahasiswa, tenaga kependidikan, dan 19 lembaga bank sampah dan TPS3R.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi: Banyak Negara Berebut Ingin Investasi di Indonesia

Presiden Jokowi memaparkan banyak negara yang rebutan ingin berinvestasi di Indonesia karena pembangunan infrastruktur di Tanah Air merata.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Bisnis Kemasan Diproyeksikan Cerah, Flexypack Jajal IPO

PT Solusi Kemasan Digital atau yang dikenal dengan FlexyPack berencana melakukan IPO 20% saham di harga Rp 162 per lembar.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Jokowi Sindir Sekaligus Apresiasi Kinerja Bank Mandiri

Jokowi apresiasi laba Bank Mandiri tumbuh 47%, "tetapi jangan-jangan bunganya tinggi banget".

EKONOMI | 1 Februari 2023

Pengguna Mobil Listrik Ingin SPKLU Diperbanyak

Pengalihan kendaraan bermotor menjadi kendaraan listrik menjadi salah satu alternatif solusi yang tengah dirancang oleh pemerintah

EKONOMI | 1 Februari 2023

Minyakita Langka di Gowa, Harganya Tembus Rp 18.000

Untuk harga Minyakita juga mengalami kenaikan, yang awalnya dijual HET Rp 14.000 per liternya, kini naik menjadi Rp 15.000 hingga Rp 18.000 per liternya.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Jokowi: Hilirisasi adalah Kunci Indonesia Menjadi Negara Maju

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut hilirisasi menjadi kunci yang dapat membuat Indonesia menjadi negara maju.

EKONOMI | 1 Februari 2023

BNI Ventures Raih Izin Usaha dari OJK

PT BNI Modal Ventura (BNI Ventures) akhirnya meraih izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai perusahaan modal ventura (PMV).

EKONOMI | 1 Februari 2023

Danamon-MUFG Bentuk Garuda Fund Senilai US$ 100 Juta

PT Bank Danamon Indonesia Tbk dan MUFG Bank mengumumkan penempatan dana  senilai US$ 100 juta (sekitar Rp 1,5 triliun) untuk Garuda Fund.

EKONOMI | 1 Februari 2023

BPS: Inflasi Januari 2023 Melandai ke 5,28%

BPS Inflasi Indonesia pada Januari 2023 mencapai 5,28% secara year on year (yoy) atau lebih rendah dibandingkan Desember 2022.

EKONOMI | 1 Februari 2023

IHSG Hari Ini 1 Februari 2023 Naik 30 Poin di Sesi Siang

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada sesi I siang hari ini Rabu 1 Februari 2023 naik 30,7 poin (0,45%) ke level 6.870.

EKONOMI | 1 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
IDAI Sebut Kasus Diabetes Anak Naik Drastis Sejak 2010

IDAI Sebut Kasus Diabetes Anak Naik Drastis Sejak 2010

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE