Logo BeritaSatu

Ini Urgensi Penerapan Power Wheeling di RUU EBET, Cek

Rabu, 23 November 2022 | 13:12 WIB
Oleh : Herman / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Hendra Iswahyudi menjelaskan urgensi penerapan power wheeling yang rencananya akan diatur di Rancangan Undang-Undang Energi Baru dan Energi Terbarukan (RUU EBET). Isu tersebut saat ini menuai pro dan kontra di berbagai kalangan.

Sebagai informasi, power wheeling atau pemanfaatan bersama jaringan tenaga listrik, merupakan mekanisme yang dapat memudahkan transfer energi listrik dari sumber energi terbarukan atau pembangkit non-PLN ke fasilitas operasi perusahaan dengan memanfaatkan jaringan transmisi yang dimiliki dan dioperasikan oleh PT PLN (Persero).

Advertisement

Hendra menyampaikan, urgensi penerapan power wheeling adalah memberikan signal positif pada pasar global tentang keseriusan Indonesia mendukung prinsip environmental, social, governance (ESG) menuju ekonomi hijau. Selain juga untuk meningkatkan daya saing produk nasional di pasar global.

“Mengacu pada pengalaman implementasi rencana usaha penyediaan tenaga listrik (RUPTL), sangat sulit untuk mencapai sukses rasio tinggi, sehingga power wheeling dapat menjadi akselerator penerapan EBT,” kata Hendra secara daring dalam diskusi publik yang digelar Indef bertajuk “Masa Depan Sektor Ketenagalistrikan di Pusaran RUU Energi Baru dan Energi Terbarukan”, Rabu (23/11/2022).

Urgensi selanjutnya adalah sebagai back-up plan apabila PLN tidak dapat menyediakan listrik hijau. Di sisi lain, Indonesia juga memiliki potensi EBT paling besar di ASEAN dan memerlukan suplai listrik green untuk bertransisi dari fossil based ke green energy.

“Untuk mengantisipasi perkembangan perdagangan listrik hijau lintas kawasan ASEAN, Indonesia sangat berpotensi menjadi eksportir listrik EBT di kawasan ASEAN, sehingga perlu kesiapan infrastruktur pendukung dan mekanisme yang fleksibel,” kata Hendra.

Urgensi berikutnya adalah menjadikan Indonesia sebagai negara tujuan utama investasi energi terbarukan dan industri green product di ASEAN, serta mengantisipasi penerapan pajak karbon internasional.

Hendra menambahkan, power wheeling nantinya bisa ditawarkan untuk pasar baru dan pelanggan eksisting dengan kapasitas baru atau tambahan, antara lain kepada perusahaan yang tergabung dalam science based targets (SBT), perusahaan RE100 (renewable energy 100%), kawasan industri, perusahaan lain yang ingin menggunakan energi bersih, serta wilayah usaha (wilus) non-PLN.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dituduh Manipulasi Saham, Orang Terkaya Asia Ini Kehilangan Rp 700 T

Aset orang terkaya di Asia Gautam Adani jatuh lebih dari US$ 50 miliar setelah dituduh memanipulasi saham oleh Hindenburg Research.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Simak, Tips Main Aman Investasi Kripto

Pasar kripto terpantau terus menunjukkan performa positif di sepanjang Januari 2023 ini, setelah sempat turun beberapa waktu lalu.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Minyakita Langka, Mendag Janji Perbaiki Jalur Distribusi

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan berjanji akan memperbaiki sistem distribusi sehingga Minyakita tidak mahal.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Mendag: Minyakita Tak Stop Produksi, tetapi Laris di Pasar

Zulkifli Hasan menepis isu yang beredar soal kelangkaan pasokan dan berhentinya minyak goreng (migor) bersubsidi dengan merek Minyakita.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Volatilitas Tinggi, Dana Kelolaan Ashmore AM Merosot 5%

PT Ashmore Asset Management Indonesia Tbk (AMOR) mencatat dana kelolaan investasi (asset under management/AUM) turun 5%.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Ayooservis Tawarkan Perbaikan Produk Teknologi Informasi

Ayooservis bagian dari Airmas Group menyasar pelanggan pemerintah dan korporasi untuk jasa perbaikan produk teknologi informasi

EKONOMI | 28 Januari 2023

Minyakita Langka di Pasaran, Harga Minyak Goreng Melonjak

Minyak goreng (migor) bersubsidi dengan merek Minyakita yang dirilis pemerintah beberapa waktu lalu kian langka di Purwakarta.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Percepat Pemulihan Ekonomi, SBN Ritel Pilihan Tepat saat Suku Bunga Naik

Surat Berharga Negara (SBN) Ritel menjadi pilihan tepat investasi saat suku bunga terus menaik atau menanjak seperti sekarang.

EKONOMI | 28 Januari 2023

BEI Akan Rilis Papan Pemantauan Khusus Saham Tidak Likuid

BEI segera meluncurkan papan pemantauan khusus khusus hybrid untuk saham-saham tidak likuid dengan metode periodik call auction.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Cek Harga Kebutuhan Pokok, Mendag Zulkifli Hasan Traktir Warga Berbelanja

Mendag Zulkifli Hasan melakukan pengecekan harga kebutuhan pokok di Pasar Cisalak, Cimanggis, Depok, Jawa Barat

EKONOMI | 28 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Amerika Jadi Tuan Rumah Copa America 2024

Amerika Jadi Tuan Rumah Copa America 2024

BOLA | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE