Logo BeritaSatu

Hadapi Krisis Ekonomi Global, BI Update Kebijakan Setiap Bulan

Rabu, 23 November 2022 | 15:25 WIB
Oleh : Triyan Pangastuti / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Bank Indonesia menekankan pentingnya langkah untuk memperkuat manajemen risiko dengan selalu mengevaluasi berbagai kebijakan setiap bulannya untuk menyesuaikan dengan perkembangan terkini.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan bahwa dinamika perkembangan global yang berlangsung cepat membutuhkan kebijakan yang perlu terus disesuaikan atau kalibrasi mengikuti perkembangan agar tercapai tujuan yang diharapkan.

Advertisement

"Respon kebijakan yang lebih cepat dan dikalibrasi kesinambungan berkala. Kita perlu updatenya setiap bulan meski kita sudah rumuskan visi misi strategic bisnis selama 5 tahun dan ada juga program tahunan tapi review yang lebih sering diperlukan agar enggak ketinggalan menyesuaikan perkembangan dinamika yang demikian cepat gejolak , digitalisasi dan proses politik yang ada," ucap Perry dalam dalam Seminar Nasional Manajemen Risiko secara virtual, Rabu (23/11).

Menurutnya berbagai kebijakan harus lebih responsif dan forward looking. Namun dalam aspek kelembagaan efektivitas efisiensi, tata kelola dalam hal mengimplementasikan berbagai major proyek di masing-masing institusi.

Oleh karena itu, policy dan strategic risk perlu dicermati untuk mengantisipasi dinamika.

Kedua, berkaitan market dan financial risk. Terlebih gejolak global yang berdampak pada menurunnya pertumbuhan ekonomi globa imbas ketegangan geopolitik yang juga bermuara pada tingginya inflasi.

"Gejolak ini memicu juga tekanan pada nilai tukar di sejumlah negara termasuk rupiah yang tentunya berdampak pada sisi kegiatan operasional," tegasnya.

Selanjutnya ada risiko market yang berkaitan dengan stress test yakni pengaruh kenaikan interest rate,hedging rate dan dinamika ekonomi terhadap program kerja.

"Demikian juga dampak ke balance sheet kita perlu melihat bagaimana kenakan suku bunga yield SBN dan nilai tukar rupiah berdampak ke balance sheet. Kenaikan yield berimplikasi ke market terutama aset di berbagai sekuritas,"pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BI Ungkap Syarat Indonesia Jadi Negara Berpendapatan Tinggi

Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo mengatakan, Indonesia memiliki prospek untuk naik kelas menjadi negara berpendapatan tinggi atau high income country.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Keutamaan Infak: Dicintai Allah hingga Mendapat Naungan-Nya di Hari Akhir

Banyak amalan yang bisa kita lakukan untuk meraih pahala dari Allah SWT salah satu yang sangat mudah dilakukan adalah berinfak.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Kemenkeu Siapkan Dana Insentif Fiskal Daerah Rp 8 Triliun

"Dana insentif daerah sekarang namanya berubah menjadi insentif fiskal, dari sisi angka kita alokasikan sebesar Rp 8 triliun,” kata Luky.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Rupiah Hari Ini 8 Februari 2022 Ditutup Menguat Rp 15.095

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) hari ini Rabu (8/2/2023) ditutup menguat dibandingkan posisi kemarin.

EKONOMI | 8 Februari 2023

IHSG Hari Ini 8 Februari 2023 Ditutup Naik ke 6.940

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada penutupan perdagangan hari ini Rabu (8/2/2023) naik 4,8 poin (0,07%) ke level 6.940.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Ini Cara Bayar Denda Terlambat Lapor SPT Pajak

Lapor SPT pajak tahunan harus dilakukan oleh wajib pajak. Untuk cara bayar denda terlambat lapor SPT bisa melalui online.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Ini Jenis Formulir SPT Pajak Tahunan Pribadi 1770 SS, 1770 S, dan 1770

Formulir SPT pajak tahunan untuk orang pribadi terbagi menjadi tiga berdasarkan besaran dan sumber penghasilan serta status kepegawaian.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Indonesia Diyakini Capai Target Pertumbuhan Ekonomi di 2023

Hipka menilai sinergi yang kuat antara dunia usaha dan pemerintah tentunya sangat diperlukan untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Minyakita Mudah Didapat di Temanggung, tetapi Harganya Mahal

Harga Minyakita dijual melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan Rp 14.000 menjadi sebesar Rp 17.500 per liter.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Bursa Kripto Lambat, Bappebti Penuhi Panggilan Ombudsman

Bappebti memenuhi panggilan pemeriksaan Ombudsman hari ini, Rabu (8/2/2023) siang buntut penundaan pembentukan bursa kripto yang berlarut-larut.

EKONOMI | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BI Ungkap Syarat Indonesia Jadi Negara Berpendapatan Tinggi

BI Ungkap Syarat Indonesia Jadi Negara Berpendapatan Tinggi

EKONOMI | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE