Logo BeritaSatu

KTT G-20, BRI Buka Akses UMKM ke Rantai Nilai Global

Rabu, 23 November 2022 | 19:33 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus berupaya membuka akses pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) ke rantai nilai global dan trade finance.

Hal ini sejalan dengan isu inklusi keuangan dan digitalisasi UMKM yang menjadi salah satu agenda prioritas sektor keuangan dalam Presidensi G-20 Indonesia 2022.

Advertisement

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto mengatakan, BRI sebagai perbankan yang memiliki core bisnis segmen UMKM, berharap melalui acara ini para pemimpin negara dan delegasi yang tergabung dalam G-20 sepakat untuk fokus mengembangkan UMKM.

“Melalui komitmen bersama untuk memajukan UMKM, diharapkan ke depan akses ke rantai nilai global dan trade finance semakin mudah. BRI akan terus berkomitmen mendorong UMKM go global,” kata Amam.

Komitmen tersebut penting, mengingat pelaku UMKM adalah salah satu penopang utama perekonomian tanah air.

Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah pengusaha di Indonesia saat ini didominasi oleh pelaku UMKM yang mencapai 99,9% atau 64,2 juta pengusaha. Dalam penyerapan tenaga kerja, UMKM juga signifikan menyerap kurang lebih 119,6 juta atau 96,92% tenaga kerja. Selain itu, UMKM juga memberikan kontribusi yang besar bagi PDB sebesar 61,1%.

Adapun komitmen BRI dalam mendorong UMKM naik kelas dan go global salah satunya melalui BRI UMKM Expo(rt) Brilianpreneur 2022. Program rutin BRI tersebut telah dilaksanakan pada 15-17 Desember 2022, selain itu juga menjadi showcase di G-20 2022 Summit di Apurva Kempinski Bali.

“Kami menampilkan 26 dari produk UMKM Indonesia terbaik di mata dunia yang mampu bersaing di pasar global. Akses ke pasar global akan menciptakan pasar baru bagi UMKM yang mampu mendorong UMKM Indonesia lebih maju dan mampu meningkat dari mikro menjadi kecil, kecil menjadi menengah, bahkan hingga korporasi,” ujarnya.

Amam optimistis Presidensi G-20 yang merupakan bukti pengakuan dan kepercayaan internasional terhadap Indonesia, mampu menjadi lokomotif dan mendatangkan dampak positif bagi perekonomian nasional. Dengan demikian, sekaligus akan mendorong investasi UMKM dalam negeri, mengingat saat ini 80% investor global berasal dari negara-negara G-20.

Pihaknya pun berharap, ajang tersebut dapat ditindaklanjuti dengan langkah-langkah konkret demi menciptakan kemaslahatan iklim pertumbuhan UMKM, seperti halnya komitmen BRI untuk mendukung UMKM mengakses pasar global.

Tak dapat dipungkiri, UMKM masih memiliki tantangan seperti perizinan, standardisasi produk untuk memenuhi ketentuan masing-masing negara, sertifikasi halal, dan lain-lain. Menurutnya hal itu memerlukan bantuan seluruh pemangku kepentingan. Terkait hal ini, BRI tak hanya membantu melalui penyediaan pembiayaan, tetapi juga memberikan edukasi yang memadai bagi UMKM.

“Mulai dari bagaimana memproduksi barang atau jasa secara efisien, inovasi produk, manajemen keuangan, dokumen dan sertifikasi yang dibutuhkan, serta strategi meningkatkan akses pasar global. Hal-hal tersebut akan memungkinkan pengusaha UMKM untuk dapat terus tumbuh secara berkelanjutan dan mampu bersaing secara global,” jelas Amam.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

TAG: 
BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Selain Indonesia, JD.com juga Tutup Layanan di Thailand

Selain di Indonesia, platform dagang elektronik (e-commerce) asal Tiongkok JD.com juga akan menutup layanan di Thailand.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Harga Emas Turun Jelang Pengumuman Kenaikan Bunga The Fed

Harga emas turun pada Senin karena investor mencermati pertemuan kebijakan Federal Reserve AS (The Fed).

EKONOMI | 31 Januari 2023

Harga Minyak Turun 2% karena Proyeksi Kenaikan Suku Bunga

Harga minyak Brent berjangka pengiriman Maret turun US$ 1,76 atau 2,03% menjadi US$ 84,90 per barel.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Long Form Sensus Penduduk Pertajam Pembangunan Kependudukan

BPS merilis hasil Long Form Sensus Penduduk 2020 (SP2020 Lanjutan) sebagai rangkaian lanjutan SP2020 yang telah dilakukan di 2020.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Bursa AS Terkoreksi, Kenaikan 6 Hari Dow Jones Terhenti

Bursa AS Wall Street termasuk Dow Jones diperdagangkan melemah menghentikan reli Januari jelang pengumuman suku bunga The Fed.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Bursa Eropa Melemah, Investor Fokus Pertemuan Fed Minggu Ini

Indeks Stoxx 600 di bursa Eropa ditutup turun 0,2%, dengan sebagian besar sektor berada di wilayah negatif.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Erick Rombak Jajaran Direksi Indofarma, Ini Dirut Barunya

Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat Agus Heru Darjono sebagai direktur utama yang baru Indofarma.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Badan Usaha Tentukan Harga BBM Nonsubsidi, Pemerintah Tetapkan Batas Atas

Perubahan harga BBM nonsubsidi merupakan kewenangan badan usaha penyalur dengan mempertimbangkan sejumlah aspek.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Pemerintah Siapkan 9,4 T dari APBN untuk Bangun Rumah Dinas di IKN

Pembangunan rumah dinas ini diperuntukkan bagi sekitar 16.900 aparatur sipil negara (ASN), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Kepolisian RI (Polri).

EKONOMI | 31 Januari 2023

Daewoong Percepat Ekspansi Global Pertumbuhan Obat Gerd Fexuprazan

Fexuprazan dari Daewoong Pharmaceutical menarik perhatian sebagai pendobrak di pasar pengobatan global penyakit refluks gastroesofageal (Gerd).

EKONOMI | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Song Joong Ki Menikah, Respon Orangtua Justru Tak Terduga

Song Joong Ki Menikah, Respon Orangtua Justru Tak Terduga

LIFESTYLE | 33 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE