Logo BeritaSatu

Catat! BNI Siapkan Layanan Transaksi Nasabah di Metaverse

Rabu, 23 November 2022 | 21:37 WIB
Oleh : Prisma Ardianto / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Pengembangan layanan metaverse dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI masih dalam tahap awal. Pada saatnya, perusahaan akan menyuguhkan layanan transaksi dalam dunia virtual tersebut.

General Manager Divisi Divisi IT Strategy & Architecture BNI Ari Pratiwi mengatakan, pihaknya menyiapkan tiga tahapan untuk mengekspansi pengalaman nasabah dalam dunia metaverse. Tahap pertama, telah dilakukan melalui product showcase dan beberapa riset. BNI juga mulai masuk untuk membuat e-KCY karena identifikasi individu menjadi penting dalam dunia digital.

Advertisement

"Tahap kedua, perusahaan akan mulai merambah pada layanan pembayaran. Sekarang ini bank memang belum bisa masuk ke payment, NFT terutama. Mekanismenya adalah mendukung itu untuk bisa berjalan. Namun kembali lagi kita memikirkan skala global (cross border) atau tidak hanya di Indonesia," ungkap Ari dalam salah satu kanal diskusi di acara Indonesia Digital Conference 2022, Rabu (23/11/2022).

Memasuki tahap ketiga, BNI berharap bisa masuk dalam tahap komersial melalui kehadiran ekosistem. Di tahun ini perseroan mengasumsikan semua industri akan masuk secara bersamaan di dalam dunia virtual.

Menurut Ari, perbankan global seperti JP Morgan sudah mulai masuk ke dunia metaverse. Tetapi perbankan tidak bisa berjalan sendiri untuk menyediakan layanan metaverse. Butuh dukungan industri lain seperti sejumlah perusahaan yang sudah mulai masuk merambah metaverse layaknya Microsoft, NIKE, maupun Walmart.

"Jadi memang sudah mulai banyak industri lain masuk. Karena kalau kita bicara banking service yang terkait dengan pembayaran, proses apa yang bisa kita bantu disana? Layanan perbankan apa yang mendukung industri lain tumbuh? Itu kan bisnis-bisnis banking yang utama," kata dia.

Masuk lebih dalam, kata dia, peluang layanan metaverse secara global bisa terlihat dengan transaksi yang terus meningkat. Di Indonesia sendiri beberapa model pembayaran sudah dapat dilakukan dalam metaverse.

"Di titik ini kita melihat, semua ini tentang teknologi, sosial, dan penggerak perekonomian bisa membawa dunia ini melompat lagi, naik lagi. BNI masuk kesana untuk di area metaverse, kita melakukan product showcase dengan kapabilitas AR dan VR untuk melihat bahwa bank bisa membantu aktivitas sehari-hari," kata Ari.

Selain product showcase, BNI turut memperkenalkan virtual branches. Di sana, perseroan menghadirkan customer service yang dapat melayani berbagai produk, namun belum sampai pada layanan transaksi.

Menurut Ari, proses menarik para pengguna internet memanfaatkan layanan perbankan saat ini dilakukan melalui sejumlah analisa. Khususnya melalui Web 3.0 yang dapat membantu pengguna meraih informasi yang paling akurat akan kebutuhannya.

Sebaliknya, metaverse merupakan dunia baru yang hadir secara paralel dengan dunia nyata. Dunia dalam metaverse ini akan bergantung dengan pilihan yang dikehendaki. Setiap orang bisa masuk dalam dunia baru ini sesuai minatnya.

"Nah bagaimana sebenarnya kita melihat dua view ini. Yang satu, personalizing the experience dengan kemampuan AI. Kedua adalah bagaimana kita bisa memasuki dunia yang multiple world, at the same time, tergantung dari ekosistem. BNI mengusung metaverse untuk creating banking experience beyond transaction," terang Ari.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penuhi Kebutuhan Organisasi, OJK Angkat 268 Pegawai Baru

Pengangkatan 268 pegawai baru ini guna memenuhi kebutuhan OJK dalam menjalankan amanat undang-undang dan kewenangan tugas yang terus meningkat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Sektor Properti Pulih, Anak Usaha Triputra Perkuat Ekspansi

Seiring membaiknya pasar properti dan daya beli masyarakat, PT Anugerah Magma Nanoteknologi (AMAN) memperkuat ekspansi pasar bahan pelapis atau waterproofing.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Airlangga: Pemerintah Inginkan Indonesia Jadi Pemain Global Komoditas

Pemerintah menargetkan Indonesia bisa menjadi global key player industri hilirisasi berbasis komoditas.

EKONOMI | 3 Februari 2023

OJK Sebut 11 Perusahaan Asuransi Masuk Pengawasan Khusus

Kepala Eksekutif Pengawas IKNB Ogi Prastomiyono menyampaikan, sebanyak 11 perusahaan asuransi masuk dalam kategori pengawasan khusus OJK.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Masih Berkeliaran, Satgas Waspada Investasi Blokir 50 Pinjol Ilegal

Tongam menegaskan, Satgas Waspada Investasi terus menindaklanjuti pengaduan masyarakat korban pinjaman online atau pinjol ilegal.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Izin Bursa Kripto Tersendat

Pembentukan bursa kripto di Indonesia belum terwujud padahal dimulai sejak 2020 dan sempat ditargetkan terbentuk pada 2021.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Manajemen Kartu Prakerja Gelar Seleksi Lembaga Pelatihan

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja menilai, semakin banyaknya penyedia pelatihan memungkinkan terjadinya persaingan sehat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Good Ponsel Angels Perkuat Penetrasi Pemasaran Digital

Gebrakan pemasaran digital yang dilakukan Good Ponsel Angels ternyata sangat efektif, sehingga menjadi salah satu lini bisnis baru yang menjanjikan.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ramai Peminat, Sukuk CIMB Niaga Finance Oversubscribed 4,6 Kali

Penawaran umum sukuk wakalah CIMB Niaga Finance mencatat kelebihan permintaan atau oversubscribed hingga 4,6 kali.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ini Alasan Kenapa Pemerintah Larang Ekspor Listrik EBT

Pemerintah akan melakukan penghentian ekspor listrik dengan Energi Baru Terbarukan (EBT) guna menjaga ketahanan energi di Indonesia.

EKONOMI | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Formula 1 2023, Red Bull Andalkan RB19 dan Duet Verstappen-Perez

Formula 1 2023, Red Bull Andalkan RB19 dan Duet Verstappen-Perez

SPORT | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE