Logo BeritaSatu

Airlangga Sebut Substitusi Impor Ampuh Hemat Cadangan Devisa

Kamis, 24 November 2022 | 05:42 WIB
Oleh : Triyan Pangastuti / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan substitusi impor dengan menggunakan bahan baku lokal atau tingkat komponen dalam negeri (TKDN) ampuh untuk menghemat cadangan devisa (cadev).

Data Bank Indonesia (BI) menyebut posisi cadangan devisa Indonesia berangsur menurun dibandingkan awal Januari 2022 sebesar US$ 141,3 miliar menjadi US$ 130,2 miliar pada Oktober 2022. Penurunan ini imbas gejolak global yang membutuhkan BI melakukan intervensi untuk menstabilkan rupiah.

Advertisement

"Kita taju krisis 2008 kelangkakan dolar. Kebijakan substitusi impor bisa kurangi demand dolar itu penting, dan Indonesia melalui ASEAN ada Chiang Mai inisiatif yakni kita ada local currency swap," tegas Airlangga Hartarto dalam acara PLN Locomotion 2022 yang disiarkan virtual, Rabu (23/11/2022).

Airlangga Hartarto menjelaskan gejolak ekonomi global masih akan berlanjut tahun depan. Terlebih ketegangan geopilitik Rusia dan Ukraina yang belum selesai telah memacu gangguan rantai pasok dan bermuara pada naiknya inflasi di sejumlah negara.

Oleh karena itu, Airlangga Hartarto menekankan pentingnya memupuk cadangan devisa, untuk menjaga stabilitas ekonomi serta menjaga rupiah tetap stabil, mengingat saat ini dolar mengalami penguatan yang telah memicu depresiasi rupiah dan mata uang sejumlah negara.

"Kenapa devisa penting? Sebab 1 hingga 2 tahun ke depan, pertandingan di kurs mata asing, AS naikkan suku bunga Fed Fund Rate dan BI sudah tingkatkan suku bunga, jadi tentu bunga dolar jadi tantangan. Karena AS ingin agar dana ketarik ke AS dengan suku bunga tinggi sehingga terjadi capital flight, ini jadi tantangan jaga cadangan devisa,"pungkas Airlangga Hartarto.

Menurut Airlangga Hartarto berdasarkan informasi dari BI, fasilitas dari AS sudah memperpanjang Local Currency Settlement (LCS). "Fasilitas dari AS sudah diperpanjang, menurut Gubernur BI kami punya plafon Rp 60 miliar. Namun akan lebih kuat lagi jika Rp 300 triliun belanja produk dalam negeri PLN dibelanjakan dalam negeri, jadi rupiah dan ekonomi makin kuat," ucap Airlangga Hartarto.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penuhi Kebutuhan Organisasi, OJK Angkat 268 Pegawai Baru

Pengangkatan 268 pegawai baru ini guna memenuhi kebutuhan OJK dalam menjalankan amanat undang-undang dan kewenangan tugas yang terus meningkat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Sektor Properti Pulih, Anak Usaha Triputra Perkuat Ekspansi

Seiring membaiknya pasar properti dan daya beli masyarakat, PT Anugerah Magma Nanoteknologi (AMAN) memperkuat ekspansi pasar bahan pelapis atau waterproofing.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Airlangga: Pemerintah Inginkan Indonesia Jadi Pemain Global Komoditas

Pemerintah menargetkan Indonesia bisa menjadi global key player industri hilirisasi berbasis komoditas.

EKONOMI | 3 Februari 2023

OJK Sebut 11 Perusahaan Asuransi Masuk Pengawasan Khusus

Kepala Eksekutif Pengawas IKNB Ogi Prastomiyono menyampaikan, sebanyak 11 perusahaan asuransi masuk dalam kategori pengawasan khusus OJK.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Masih Berkeliaran, Satgas Waspada Investasi Blokir 50 Pinjol Ilegal

Tongam menegaskan, Satgas Waspada Investasi terus menindaklanjuti pengaduan masyarakat korban pinjaman online atau pinjol ilegal.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Izin Bursa Kripto Tersendat

Pembentukan bursa kripto di Indonesia belum terwujud padahal dimulai sejak 2020 dan sempat ditargetkan terbentuk pada 2021.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Manajemen Kartu Prakerja Gelar Seleksi Lembaga Pelatihan

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja menilai, semakin banyaknya penyedia pelatihan memungkinkan terjadinya persaingan sehat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Good Ponsel Angels Perkuat Penetrasi Pemasaran Digital

Gebrakan pemasaran digital yang dilakukan Good Ponsel Angels ternyata sangat efektif, sehingga menjadi salah satu lini bisnis baru yang menjanjikan.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ramai Peminat, Sukuk CIMB Niaga Finance Oversubscribed 4,6 Kali

Penawaran umum sukuk wakalah CIMB Niaga Finance mencatat kelebihan permintaan atau oversubscribed hingga 4,6 kali.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ini Alasan Kenapa Pemerintah Larang Ekspor Listrik EBT

Pemerintah akan melakukan penghentian ekspor listrik dengan Energi Baru Terbarukan (EBT) guna menjaga ketahanan energi di Indonesia.

EKONOMI | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Korban Gempa Cianjur Diminta Pastikan Termasuk Penerima Bantuan Perbaikan Rumah

Korban Gempa Cianjur Diminta Pastikan Termasuk Penerima Bantuan Perbaikan Rumah

NASIONAL | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE