Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Kapitalisasi IHSG Terbesar di ASEAN

Kamis, 24 November 2022 | 13:45 WIB
Oleh : Zsazya Senorita / FMB
Aktivitas investor di galeri sekuritas, Jakarta.

Jakarta, Beritasatu.com – Bursa Efek Indonesia (BEI) menginformasikan, kapitalisasi pasar modal di Indonesia menjadi yang terbesar di antara negara-negara ASEAN per 22 November 2022. Direktur Utama BEI Iman Rachman menyebutkan market cap IHSG telah mencapai Rp 9.400 triliun atau sekitar US$ 630 miliar.

“Oleh sebab itu, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak ibu selaku manajemen perusahaan tercatat, di mana market cap ini akan tercermin dari fundamental perusahaan-perusahaan bapak ibu sekalian,” ujar Iman pada CEO Networking (CEON) 2022 bertema Strengthening Economics Growth in Dynamics Conditions, Kamis (24/11/2022).

Apresiasi tersebut diungkapkan karena sama-sama diketahui bahwa tahun ini masih banyak perusahaan yang belum untung. Namun di saat bersamaan investor terbukti masih percaya bahwa Indonesia merupakan negara pilihan untuk berinvestasi, dibuktikan dari catatan kapitalisasi pasar tersebut.

Selain kapitalisasi pasar, Iman juga memaparkan bahwa nilai rata-rata transaksi per hari di BEI hingga 22 November 2022, menempati urutan kedua di ASEAN. Rata-rata perdagangan di bursa Indonesia mencatatkan angka Rp 14,9 triliun atau sekitar US$ 1 miliar per hari, sedangkan Thailand di urutan pertama menunjukkan transaksi perdagangan US$ 2 miliar per hari dengan jumlah investor lebih sedikit dibanding Indonesia.

“Artinya, market mereka lebih deep karena produk mereka lebih banyak untuk investasi. Kalau bicara trading harian kita Rp 14,9 triliun, dengan jumlah investor tembus 10 juta investor berdasarkan KSEI (PT Kustodian Sentral Efek Indonesia),” sambung dia.

Sebagai informasi, CEON 2022 diselenggarakan untuk mendukung ketahanan kondisi perekonomian Indonesia, yang memerlukan sinergi serta strategi yang didukung kebijakan moneter dan fiskal secara berkesinambungan.

Hal itu diperlukan agar seluruh pihak dapat melangkah bersama mengembalikan kondisi perekonomian yang kondusif. Mengingat, ketidakpastian ekonomi global yang sedang terjadi diperkirakan memberi dampak secara tidak langsung kepada Indonesia.

Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi 3,2% pada 2023, sementara pertumbuhan ekonomi global akan terus melambat pada tahun mendatang. Untuk itu, CEON 2022 menghadirkan para pembicara yang dapat memberikan wawasan serta pemaparan informasi terkini kepada CEO dari pemangku kepentingan di pasar modal Indonesia.

Wawasan terkini dari seluruh pemateri diharap dapat memberikan optimisme para CEO dari pemangku kepentingan pasar modal Indonesia. Supaya mereka semakin siap berkontribusi positif menciptakan iklim bisnis dan investasi yang kondusif di Indonesia, serta mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Selain itu, CEON 2022 diharap dapat meningkatkan kompetensi, wawasan, sekaligus memberi optimisme kepada CEO dari pemangku kepentingan pasar modal untuk bersinergi meraih peluang dan menghadapi tantangan di tengah kondisi global yang dinamis.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI