Logo BeritaSatu

Ekonomi Digital Jadi Penggerak Pemulihan Ekonomi Nasional

Jumat, 25 November 2022 | 05:21 WIB
Oleh : Emanuel Kure / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Komunikasi dan Informtaika (Kemenkominfo) terus melakukan akselerasi transformasi digital di Indonesia. Salah satu langkah dilakukan adalah dengan mendorong peningkatan nilai ekonomi digital di Indonesia.

Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo, Semuel A Pangerapan, mengatakan ekonomi digital menjadi bagian dari pilar transformasi digital, dan telah menjadi penggerak baru pemulihan ekonomi nasional dan global.

"Transformasi digital itu ada empat pilar. Pertama pilar infrastruktur, lalu pilar vertikal ada masyarakat digital, pemerintahan digital, dan ekonomi digital. Setelah Palapa Ring diresmikan presiden, dilanjutkan program satelit yang sekarang lagi dipesan. Itu akan menyembuhkan ratusan ribu titik-titik layanan pemerintahan,” kata Semuel di Jakarta, Kamis, (24/11/2022).

Semmy, sapaan Semuel menerangkan, tujuan dari transformasi digital adalah menciptakan pemulihan ekonomi global yang lebih inklusif terutama melalui integrasi digital usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Selain itu, memperluas inklusi keuangan, mempercepat literasi dan keterampilan digital, serta reformasi tata kelola.

Menurut Semmy, saat ini pola berjualan pelaku UMKM lebih dapat menghemat biaya operasional dengan adanya kemudahan teknologi. Di samping itu, perkembangan ekonomi digital juga dipacu oleh pergeseran perilaku masyarakat yang cenderung menggunakan platform digital di berbagai sektor kegiatan.

"Sekarang penjual dapat memasarkan produk lewat platform ataupun website, ini artinya liberalisasi. Semua orang dapat memanfaatkan kemudahan yang diberikan teknologi digital dan juga memperluas pemasaran,” katanya.

Semmy menyampaikan, peran Kemkominfo terhadap UMKM bukan hanya pencapaian target on boarding, melainkan juga memberi solusi untuk peningkatan kapasitas produk yang menjadi kebutuhan pasar.

Seperti diketahui, bulan Oktober lalu Aptika mengajak 100 UMKM terpilih untuk memasarkan produknya di ajang UMKM Go Online Virtual Expo. Acara itu menjadi puncak dari program adopsi teknologi 4.0 bagi pelaku UMKM.

Kontribusi Google
Sementara, Country Director Google Indonesia, Randy Jusuf membeberkan sejumlah kontribusi Google kepada Indonesia. Randy menuturkan, ada dua contoh yang dapat disebutkannya sebagai kontribusi Google terhadap transformasi dan perkembangan dunia digital di Indonesia.

"Pertama adalah produk yang tersedia di Indonesia. Kedua adalah beberapa inisiatif yang kami berikan di Indonesia. Saya mulai dengan produk yang kami miliki mulai seperti search Google, YouTube, dan lainnya,” paparnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, Randy menyebutkan, pihaknya telah menyumbang US$ 50 miliar kepada sejumlah content creator secara global, termasuk Indonesia. Jumlahnya mencapai 1.300 dengan lebih dari 1 juta subscribers di kanal YouTube.

Selain itu, Randy mengungkapkan, program Google Startup juga telah membantu masyarakat untuk saling belajar satu sama lain.Seperti belajar dari ahlinya dan apapun kebutuhannya. Google juga membuat laporan mengenai talenta digital. Hal ini ditandai dengan banyaknya orang yang ingin belajar teknologi digital.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

IPO Jumbo, XXI Cineplex Bidik Dana hingga Rp 17 triliun

 Perusahaan pengelola bioskop PT Nusantara Sejahtera Raya atau bioskop XXI Cineplex berencana menjadi perusahaan terbuka.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Pertamina Uji Coba Pembatasan Solar Subsidi di 11 Wilayah

Mulai 1 Desember 2022 Pertamina lakukan uji coba penggunaan kode QR untuk pembelian bahan bakar solar subsidi di beberapa wilayah.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Harga Minyak Ambruk Jelang Pemangkasan Produksi OPEC+

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Februari merosot US$ 1,31 atau 1,5% menjadi US$ 85,57 per barel.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Harga Emas Ambles US$ 5,6 karena Kuatnya Data Pekerjaan AS

Harga emas ambles pada perdagangan Jumat waktu setempat (2/12/2022) dari kenaikan tajam sehari sebelumnya karena data pekerjaan AS lebih kuat.

EKONOMI | 3 Desember 2022

S&P 500 dan Nasdaq Ambles karena Data Pekerjaan Memanas

Bursa AS Wall Street bervariasi pada perdagangan Jumat (2/12/2022) karena investor menilai data pekerjaan AS lebih panas dari perkiraan.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Bursa Eropa Turun karena Data Pekerjaan & Covid-19 Tiongkok

Stoxx 600 di bursa Eropa turun 0,2%. Saham minyak dan gas memimpin penurunan, ambles 1,1%.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Harga BBM Nonsubsidi Shell, BP, dan Pertamina Naik, Paling Murah?

Per 1 Desember, harga BBM nonsubsidi mengalami kenaikan, baik milik PT Pertamina (Persero) hingga perusahaan swasta lainnya seperti Shell dan B-AKR.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Sri Mulyani Wanti-wanti Imbas Bunga Fed di 2023 bakal Lama

Pemerintah mewaspadai dampak kenaikan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (The Fed) terhadap perekonomian nasional pada tahun 2023.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Fed Mulai Jinak, OJK Yakin Kredit Perbankan Tumbuh 12%

OJK optimistis kredit perbankan bisa tumbuh minimal 12% pada tahun 2023, minimal sama dengan tahun 2022.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Bulog Lampung Pastikan Stok Beras Aman Jelang Nataru

Stok beras di gudang Bulog saat ini tersedia sebanyak 15.000 ton sehingga aman jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2022.

EKONOMI | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Akhir Pekan, Jabodetabek Bakal Diguyur Hujan pada Siang hingga Sore

Akhir Pekan, Jabodetabek Bakal Diguyur Hujan pada Siang hingga Sore

NEWS | 16 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE