Logo BeritaSatu

Erick Thohir: Vaksin Indovac Bukti Indonesia Mampu Mandiri

Jumat, 25 November 2022 | 06:19 WIB
Oleh : Agnes Tahir Purba, Anisa Fauziah / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah telah memulai pemberian vaksin Covid-19 booster kedua bagi kelompok lanjut usia (lansia), tenaga kesehatan, dan para pekerja yang memiliki mobilitas tinggi.

Selain itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerima vaksin Covid-19 booster kedua di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022).

Adapun vaksin booster yang digunakan adalah vaksin Indovac, yang merupakan 100% produksi asli Indonesia.

Menteri BUMN, Erick Thohir, merasa bersyukur dan optimistis produksi vaksin Indovac akan membuat bangsa Indonesia lebih mandiri dalam sektor kesehatan.

"Alhamdulilah saya rasa kita tidak terjebak yang namanya impor vaksin terus dan tentu biaya yang dikeluarkan sudah cukup mahal. Bahwa penting sekali yang namanya booster, apalagi ini buatan kita sendiri aman dan halal," kata Erick Thohir, saat ditemui BTV di acara IdeaFest 2022, Kamis (24/11/2022).

Erick mengatakan, Indonesia sendiri sudah berhasil dalam menciptakan berbagai jenis vaksin seperti polio, vaksin flu, dan saat ini vaksin Covid-19. "Untuk ke depan, akan ada terobosan kerja sama dengan pemerintah Inggris untuk membuat vaksin hemofilia atau vaksin untuk orang yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid," imbuhnya.

Erick mengatakan kehadiran vaksin Indovac yang diluncurkan pada Oktober lalu, merupakan sebuah terobosan dan pengakuan bahwa Indonesia mampu memproduksi vaksin Covid-19 secara mandiri.

Vaksin Indovac yang merupakan hasil kerja sama antara holding BUMN farmasi dengan Baylor College of Medicine (BCM) Amerika Serikat (AS). Vaksin Indovac, kata Erick Thohir, merupakan langkah konkret BUMN dalam membantu pemerintah mewujudkan kemandirian industri kesehatan.

"BUMN mendukung penuh proses vaksinasi melalui Indonesia Vaccine atau Indovac," tegas Erick Thohir.

Menurut Erick Thohir, musuh bangsa Indonesia bukan hanya perang, melainkan pandemi. Sebab, sudah banyak insan hebat tanah air yang meninggal akibat terserang Covid-19.

"Musuhnya kita tidak hanya perang ke depan, tapi pandemi yang sangat menyeramkan, dan kita bisa lihat saat pandemi covid-19 ekonomi semuanya berat, dan bahkan banyak yang individu-individu hebat yang meninggal. Tentunya, untuk menggantikan mereka perlu waktu puluhan tahun," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemda Perlu Kolaborasi Wujudkan Data Mumpuni untuk Tingkatkan Daya Saing

Data mempunyai peranan besar terhadap daya saing daerah, karena tanpa adanya data, sulit untuk mengukur keberhasilan sebuah daerah.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Airlangga: Kebutuhan Baja di 2045 Capai 100 Juta Ton

Airlangga menyampaikan, pengembangan industri baja menuju 100 juta ton merupakan keniscayaan agar Indonesia mampu mandiri.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Pembatasan Impor Dorong Pertumbuhan Industri Baja Nasional

Chairman Asosiasi Industri Baja Indonesia (IISIA) Silmy Karim menyebutkan, industri baja nasional saat ini masih dalam tahap pertumbuhan awal.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Ekonomi Global Melemah, Startup Terancam Merana di 2023

Menurut Tauhid, melambatnya pertumbuhan bisnis startup di 2023 tidak terlepas dari penurunan daya beli masyarakat sebagai imbas pelemahan ekonomi global.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Dilanda PHK Massal, Ini yang Harusnya Startup Lakukan

Direktur Eksekutif Indef menyampaikan, langkah efisiensi startup untuk bertahan sebetulnya tidak harus melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Badai PHK Startup, Kemenkominfo: Model Bisnis Berubah

Semuel menyampaikan, langkah PHK yang diambil perusahaan startup sebetulnya juga terjadi di industri lain, seperti tekstil dan alas kaki.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Gelombang PHK Startup Diprediksi Masih Berlanjut Tahun Depan

Tauhid melihat akan ada beberapa startup yang terpaksa menghentikan bisnisnya di 2023, khususnya financial technology (fintech).

EKONOMI | 1 Desember 2022

Platform E-Commerce Diminta Prioritaskan Produk Lokal

Menkominfo meminta penyedia e-commerce memprioritaskan platformnya untuk menjual produk lokal dari kalangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

EKONOMI | 1 Desember 2022

Hadapi Gelombang PHK, Pengusaha dan Pekerja Harus Duduk Bersama

Pemerintah segera mengajak para pengusaha dan serikat pekerja untuk duduk bersama mencari solusi terbaik dalam menghadapi gelombang PHK.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Menkominfo Minta Startup Lakukan Efisiensi Bukan PHK

Menkominfo menyampaikan, langkah startup melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) justru membuat masalah baru.

EKONOMI | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Suap Unila, Zulhas Bantah Titip Keponakan Masuk Unila

Kasus Suap Unila, Zulhas Bantah Titip Keponakan Masuk Unila

NEWS | 48 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE