Logo BeritaSatu

Gempa Cianjur, Jateng Salurkan Bantuan Senilai Rp 1,87 M

Jumat, 25 November 2022 | 11:27 WIB
Oleh : JNS

Semarang, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo melepas tim relawan gabungan serta bantuan senilai Rp 1,87 miliar untuk korban gempa Cianjur.

Bantuan tersebut berasal dari berbagai unsur di Jateng, mulai dari pemerintah, lembaga dan instansi terkait, BUMD, badan usaha swasta hingga dunia usaha. Dari Rp 1,87 miliar, sebesar Rp 1,48 miliar dibelanjakan untuk barang seperti bahan makanan, paket sembako, pakaian, perlengkapan pribadi, perlengkapan bayi dan perlengkapan di pengungsian. Kemudian, bantuan tunai sebesar Rp 387 juta.

Advertisement

“Urusan kemanusiaan siapapun bisa bergerak dan berkontribusi. Kolaborasi ini selalu kita coba untuk membantu sodara kita di mana pun yang terkena musibah khususnya ini Cianjur,” kata Ganjar saat melepas bantuan tersebut di kantor Pemprov Jateng, Kamis (24/11/2022).

Di kesempatan yang sama, Ganjar menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya pada seluruh komponen masyarakat di Jawa Tengah yang membantu. Termasuk kekompakan daerah yang juga mengirimkan bantuannya.

“Tadi Solo ada tim dokternya, terus Demak ada tim rescue-nya, Kabupaten Semarang ada, Pramuka ikut hadir terus kemudian Boyolali umpama kasih satu mobil cold storage membawa sayuran segar, agar kemudian ini bisa manfaat,” ujarnya.

Ganjar juga meminta kepada tim relawan gabungan yang diberangkatkan untuk tetap menjaga solidaritas tim. Sehingga setibanya di lokasi, mereka fokus membantu dan tidak membebani.

“Tidak ngrepoti, makanan untuk tim harus diurus sendiri, kesehatan untuk tim diurus sendiri, kalau perlu tidak ada perumahan ya nggolek dewe, buat tenda sendiri sehingga kita datang ke sana betul-betul sebagai satu tim yang solid untuk bisa membantu masyarakat yang ada di Cianjur,” tegasnya.

Di sisi lain, Ganjar juga berpesan pada tim relawan untuk membantu asesmen. Khususnya pendataan kebutuhan yang belum terpenuhi seperti hunian sementara. Sehingga jika dibutuhkan, Jateng siap untuk mengirimkan bantuan lagi.

“Tapi seandainya (sudah) cukup ya kita akan backup lah. (Korban asal Jateng) sampai hari ini belum melaporkan. Hanya kemarin yang meninggal di Brebes ya, tapi kami udah komunikasi dengan ibu bupati pak wakil, sekda dan yang kemarin ada pungutan itu dan diganti,” katanya.

Ganjar berharap dengan dikirimnya bantuan tersebut akan meringankan bagi korban bencana gempa bumi di Cianjur.

“Saya senang kawan-kawan dengan semangat kegembiraannya mereka membantu masyarakatnya tentu saja mudah-mudahan warga yang ada di Cianjur diberikan kekuatan dan kemudian bantuan ini manfaat,” tandasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sri Mulyani Anggarkan Rp 25,01 Triliun untuk Pemilu 2024

Menurut Sri Mulyani, pagu anggaran pemilu senilai Rp 25,01 triliun pada 2022 dan 2023 masih bersifat sementara karena untuk tahun 2024 masih dalam perhitungan.

EKONOMI | 3 Februari 2023

2023 Penuh Tantangan, Airin Bidik Ekosistem Logistik Laut

Dimas menegaskan, jalur laut Indonesia memegang peran penting dalam ekosistem logistik dan perdagangan dunia.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Klaim Asuransi Nasional Sinarmas MSIG Life Tembus Rp 541,6 M

Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk mengucurkan klaim asuransi sepanjang 2022 mencapai Rp 541,6 miliar.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Genjot Kinerja, Asuransi Simas Digitalisasi Kanal Pemasaran

PT Asuransi Simas Jiwa (ASJ) atau Asuransi Simas memperkuat digitalisasi kanal pemasaran untuk mendukung kinerja perusahaan.

EKONOMI | 3 Februari 2023

PMI Manufaktur Konsisten Ekspansif di Tengah Gejolak Global

Menurut Febrio, sektor manufaktur yang tetap berada di zona ekspansi menunjukkan daya tahan perekonomian Indonesia di tengah gejolak global.

EKONOMI | 3 Februari 2023

SRC Gandeng Tirta Investama Kembangkan 6.000 Toko Kelontong

PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) menjalin kolaborasi dengan PT Tirta Investama (Aqua) dalam menjangkau 6.000 toko kelontong di berbagai wilayah Indoensia.

EKONOMI | 3 Februari 2023

IHSG Siang Hari Ini 3 Februari 2023 Menguat ke 6.938

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada sesi I siang hari ini Jumat 3 Februari 2023 naik 48,3 poin (0,7%) ke level 6.938.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Sejalan Proyeksi Jokowi, UI Ramal Pertumbuhan Ekonomi 5,2%

Pertumbuhan ekonomi kuartal IV 2022 akan mencapai 4,56% dengan kisaran 4,51%-4,61%, sementara sepanjang 2022 5,2%.

EKONOMI | 3 Februari 2023

ATF 2023 Dorong Kebangkitan Industri Pariwisata dan Ekraf

Menurut Nur Asi Uno, rangkaian ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 menjadi momentum kebangkitan pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif (Ekraf) di tanah air.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Teten Sebut Program Inkubasi Lahirkan Wirausaha Inovatif

Teten menegaskan, program inkubasi dapat melahirkan wirausaha inovatif berkarakter aggregator dan mendorong UMKM lainnya untuk naik kelas.

EKONOMI | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Mutasi Perwira


# Ganjar


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tabrak Tiang Reklame, Pelajar Bawa Mobil Dinas DPRD Jambi Negatif Narkoba

Tabrak Tiang Reklame, Pelajar Bawa Mobil Dinas DPRD Jambi Negatif Narkoba

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE