Logo BeritaSatu

Batik Eco Print, Jadi Salah Satu Produk UMKM di Eco Run Fest 2022

Minggu, 27 November 2022 | 17:47 WIB
Oleh : Stefani Wijaya / LES

Jakarta, Beritasatu.com - Ajang Pertamina Eco Run Fest 2022 yang mengusung tema sustainable living, menampilkan kegiatan Eco Market yang menghadirkan produk dan gaya hidup ramah lingkungan, di mana salah satunya menampilkan produk UMKM Sawung Kelir yang menawarkan produk batik eco print dan berasal dari bahan-bahan alam seperti tumbuh-tumbuhan, kayu-kayuan yang ramah lingkungan.

Produk batik yang berasal dari eco print itu produksi di Bantul, Yogyakarta.

Advertisement

"Iya produksinya di Bantul terus kita ada mitra binaan, saya ikut mitra binaan yang Semarang kemudian kemarin ada kurasi dan lain sebagainya ternyata saya lolos kemudian ikut di event ini," kata Sumarsih pemilik UMKM Sawung Kelir saat ditemui Beritasatu.com di Istora Senayan, Minggu (27/11/2022).

Kemudian Sumarsih menjelaskan awal mula pembuatan batik eco print tersebut. Mulanya berawal dari kain katun kemudian direndam dalam air dan dikasih obat yang berasal dari alam. Setelah itu direndam dengan menggunakan air panas selama satu malam.

"Setelah itu bisa nanti jadi eco nanti dikasih daun-daun kemudian ditutup daun-daunnya itu, dikasih plastik kemudian direbus minimal satu setengah kemudian setelah itu dibuka jadi eco print," ucapnya.

Lebih lanjut, produk dari UMKM Sawung Kelir tersebut menghasilkan produk baju seperti gamis dan tunik seharga Rp 500 ribu. Tidak hanya itu, ada pula produk kipas seharga Rp 30 ribu.

"Ini saya kan jadi tidak cuman fashion. Ada kipas, sepatu. Sepatu ada dua, ada dari kanvas dan kulit. Kalau dari kanvas itu dibanderol Rp 300 ribu nanti kalau dari kulit sapi apa kulit lembu itu Rp 500-600 ribu," imbuhnya.

Uniknya adalah, alasan Sumarsih mengelola UMKM yang peduli lingkungan karena ia peduli lingkungan dan ia tidak ingin membuat pencemaran melalui produknya sehingga menghasilkan produk batik eco print tersebut.

"Saya senang dengan lingkungan, ramah lingkungan tidak membuat pencemaran terus apa ya pokoknya ramah lingkungan deh saya suka yang itu. Terus warnanya soft alam-alam semua tidak ada yang dari sintetik semua," imbuhnya.

=



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penuhi Kebutuhan Organisasi, OJK Angkat 268 Pegawai Baru

Pengangkatan 268 pegawai baru ini guna memenuhi kebutuhan OJK dalam menjalankan amanat undang-undang dan kewenangan tugas yang terus meningkat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Sektor Properti Pulih, Anak Usaha Triputra Perkuat Ekspansi

Seiring membaiknya pasar properti dan daya beli masyarakat, PT Anugerah Magma Nanoteknologi (AMAN) memperkuat ekspansi pasar bahan pelapis atau waterproofing.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Airlangga: Pemerintah Inginkan Indonesia Jadi Pemain Global Komoditas

Pemerintah menargetkan Indonesia bisa menjadi global key player industri hilirisasi berbasis komoditas.

EKONOMI | 3 Februari 2023

OJK Sebut 11 Perusahaan Asuransi Masuk Pengawasan Khusus

Kepala Eksekutif Pengawas IKNB Ogi Prastomiyono menyampaikan, sebanyak 11 perusahaan asuransi masuk dalam kategori pengawasan khusus OJK.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Masih Berkeliaran, Satgas Waspada Investasi Blokir 50 Pinjol Ilegal

Tongam menegaskan, Satgas Waspada Investasi terus menindaklanjuti pengaduan masyarakat korban pinjaman online atau pinjol ilegal.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Izin Bursa Kripto Tersendat

Pembentukan bursa kripto di Indonesia belum terwujud padahal dimulai sejak 2020 dan sempat ditargetkan terbentuk pada 2021.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Manajemen Kartu Prakerja Gelar Seleksi Lembaga Pelatihan

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja menilai, semakin banyaknya penyedia pelatihan memungkinkan terjadinya persaingan sehat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Good Ponsel Angels Perkuat Penetrasi Pemasaran Digital

Gebrakan pemasaran digital yang dilakukan Good Ponsel Angels ternyata sangat efektif, sehingga menjadi salah satu lini bisnis baru yang menjanjikan.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ramai Peminat, Sukuk CIMB Niaga Finance Oversubscribed 4,6 Kali

Penawaran umum sukuk wakalah CIMB Niaga Finance mencatat kelebihan permintaan atau oversubscribed hingga 4,6 kali.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ini Alasan Kenapa Pemerintah Larang Ekspor Listrik EBT

Pemerintah akan melakukan penghentian ekspor listrik dengan Energi Baru Terbarukan (EBT) guna menjaga ketahanan energi di Indonesia.

EKONOMI | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ganjar Akan Keliling Jateng Tampung Usulan Masyarakat

Ganjar Akan Keliling Jateng Tampung Usulan Masyarakat

NEWS | 31 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE