Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Batik Eco Print, Jadi Salah Satu Produk UMKM di Eco Run Fest 2022

Minggu, 27 November 2022 | 17:47 WIB
Oleh : Stefani Wijaya / LES
UMKM Sawung Kelir yang menghasilkan produk batik eco print.

Jakarta, Beritasatu.com - Ajang Pertamina Eco Run Fest 2022 yang mengusung tema sustainable living, menampilkan kegiatan Eco Market yang menghadirkan produk dan gaya hidup ramah lingkungan, di mana salah satunya menampilkan produk UMKM Sawung Kelir yang menawarkan produk batik eco print dan berasal dari bahan-bahan alam seperti tumbuh-tumbuhan, kayu-kayuan yang ramah lingkungan.

Produk batik yang berasal dari eco print itu produksi di Bantul, Yogyakarta.

"Iya produksinya di Bantul terus kita ada mitra binaan, saya ikut mitra binaan yang Semarang kemudian kemarin ada kurasi dan lain sebagainya ternyata saya lolos kemudian ikut di event ini," kata Sumarsih pemilik UMKM Sawung Kelir saat ditemui Beritasatu.com di Istora Senayan, Minggu (27/11/2022).

Kemudian Sumarsih menjelaskan awal mula pembuatan batik eco print tersebut. Mulanya berawal dari kain katun kemudian direndam dalam air dan dikasih obat yang berasal dari alam. Setelah itu direndam dengan menggunakan air panas selama satu malam.

"Setelah itu bisa nanti jadi eco nanti dikasih daun-daun kemudian ditutup daun-daunnya itu, dikasih plastik kemudian direbus minimal satu setengah kemudian setelah itu dibuka jadi eco print," ucapnya.

Lebih lanjut, produk dari UMKM Sawung Kelir tersebut menghasilkan produk baju seperti gamis dan tunik seharga Rp 500 ribu. Tidak hanya itu, ada pula produk kipas seharga Rp 30 ribu.

"Ini saya kan jadi tidak cuman fashion. Ada kipas, sepatu. Sepatu ada dua, ada dari kanvas dan kulit. Kalau dari kanvas itu dibanderol Rp 300 ribu nanti kalau dari kulit sapi apa kulit lembu itu Rp 500-600 ribu," imbuhnya.

Uniknya adalah, alasan Sumarsih mengelola UMKM yang peduli lingkungan karena ia peduli lingkungan dan ia tidak ingin membuat pencemaran melalui produknya sehingga menghasilkan produk batik eco print tersebut.

"Saya senang dengan lingkungan, ramah lingkungan tidak membuat pencemaran terus apa ya pokoknya ramah lingkungan deh saya suka yang itu. Terus warnanya soft alam-alam semua tidak ada yang dari sintetik semua," imbuhnya.

=



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI