Logo BeritaSatu

Ditopang Telkom Group, Begini Rencana Bisnis Indico

Minggu, 27 November 2022 | 19:54 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM), PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) melalui entitas anak usaha, Indico, siap menjadi enabler ekosistem bisnis digital dan startup di Indonesia. Aset jumbo dan kapabilitas mumpuni di industri telekomunikasi diyakini bakal menjadi diferensiasi.

"Kami melihat, kematangan industri telekomunikasi selama puluhan tahun dapat mendukung ekosistem digital yang tepat dan menavigasi para pelaku bisnis digital. Telkomsel sebagai salah satu pelaku industri telekomunikasi, memiliki aset dan kapabilitas yang akan berguna sebagai diferensiasi dalam pengembangan bisnis startup," jelas CEO Indico, Andi Kristianto, di Jakarta, Minggu (27/11/2022).

Advertisement

Menurut Andi, para pelaku bisnis digital atau startup saat ini menghadapi tantangan yang menuntut mereka segera membuktikan bisnis mereka menuju profitabilitas. Karena itu, keberadaan ekosistem digital yang mendukung startup menjadi semakin krusial.

Menjawab tantangan tersebut, Telkomsel yang telah berkiprah selama 27 tahun terakhir telah memiliki lebih dari 260.000 BTS yang sebagian besar didukung teknologi broadband terkini yakni 4G dan 5G. Bahkan, melalui kapabilitas tersebut Telkomsel pun menjadi provider dengan jaringan terluas di Indonesia.

Tak diragukan lagi, melalui dukungan ekosistem digital berupa jaringan koneksi terluas, Andi optimistis, Telkomsel akan dapat membantu startup mengembangkan layanan berbasis digitalnya. Pasalnya, infrastruktur digital dimiliki Telkomsel mempunyai jaringan koneksi stabil dan masif di berbagai wilayah, termasuk daerah terpencil.

Optimisme Telkomsel mendukung pengembangan bisnis digital juga didasarkan pada jumlah pengguna yang tersebar di berbagai wilayah. Akuisisi pengguna, tutur Andi, juga menjadi salah satu tantangan yang dihadapi startup terutama di fase early-stage ini.

Beruntungnya, industri telekomunikasi menjadi salah satu industri yang mempunyai jumlah pengguna terbesar di sebuah negara. Telkomsel sendiri memiliki lebih dari 170 juta pengguna yang tersebar di lebih dari 514 kota/kabupaten di Indonesia.

"Dukungan ekosistem berupa basis pengguna ini dapat menjadi starting market yang luar biasa besar bagi Indico dalam melakukan penetrasi pasar," tambah Andi.

Belum lagi, pentingnya pemahaman karakteristik pasar secara granular. Untuk itu, kemampuan startup dalam menemukan ceruk pasar menjadi tantangan serius. Terbukti, banyak startup yang stagnan bahkan terpaksa gulung tikar karena gagal menganalisa kebutuhan pasar.

“Melalui dukungan kapabilitas industri telekomunikasi, kami optimistis ekosistem Indico dapat menciptakan value signifikan bagi startup yang menjadi portofolio Indico dalam menghadapi tantangan serta mampu membantu mereka dalam menghadirkan inovasi yang berdampak positif bagi masyarakat,” tutup Andi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penuhi Kebutuhan Organisasi, OJK Angkat 268 Pegawai Baru

Pengangkatan 268 pegawai baru ini guna memenuhi kebutuhan OJK dalam menjalankan amanat undang-undang dan kewenangan tugas yang terus meningkat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Sektor Properti Pulih, Anak Usaha Triputra Perkuat Ekspansi

Seiring membaiknya pasar properti dan daya beli masyarakat, PT Anugerah Magma Nanoteknologi (AMAN) memperkuat ekspansi pasar bahan pelapis atau waterproofing.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Airlangga: Pemerintah Inginkan Indonesia Jadi Pemain Global Komoditas

Pemerintah menargetkan Indonesia bisa menjadi global key player industri hilirisasi berbasis komoditas.

EKONOMI | 3 Februari 2023

OJK Sebut 11 Perusahaan Asuransi Masuk Pengawasan Khusus

Kepala Eksekutif Pengawas IKNB Ogi Prastomiyono menyampaikan, sebanyak 11 perusahaan asuransi masuk dalam kategori pengawasan khusus OJK.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Masih Berkeliaran, Satgas Waspada Investasi Blokir 50 Pinjol Ilegal

Tongam menegaskan, Satgas Waspada Investasi terus menindaklanjuti pengaduan masyarakat korban pinjaman online atau pinjol ilegal.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Izin Bursa Kripto Tersendat

Pembentukan bursa kripto di Indonesia belum terwujud padahal dimulai sejak 2020 dan sempat ditargetkan terbentuk pada 2021.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Manajemen Kartu Prakerja Gelar Seleksi Lembaga Pelatihan

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja menilai, semakin banyaknya penyedia pelatihan memungkinkan terjadinya persaingan sehat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Good Ponsel Angels Perkuat Penetrasi Pemasaran Digital

Gebrakan pemasaran digital yang dilakukan Good Ponsel Angels ternyata sangat efektif, sehingga menjadi salah satu lini bisnis baru yang menjanjikan.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ramai Peminat, Sukuk CIMB Niaga Finance Oversubscribed 4,6 Kali

Penawaran umum sukuk wakalah CIMB Niaga Finance mencatat kelebihan permintaan atau oversubscribed hingga 4,6 kali.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ini Alasan Kenapa Pemerintah Larang Ekspor Listrik EBT

Pemerintah akan melakukan penghentian ekspor listrik dengan Energi Baru Terbarukan (EBT) guna menjaga ketahanan energi di Indonesia.

EKONOMI | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ganjar Akan Keliling Jateng Tampung Usulan Masyarakat

Ganjar Akan Keliling Jateng Tampung Usulan Masyarakat

NEWS | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE