Logo BeritaSatu

Ditopang Telkom Group, Begini Rencana Bisnis Indico

Minggu, 27 November 2022 | 19:54 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM), PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) melalui entitas anak usaha, Indico, siap menjadi enabler ekosistem bisnis digital dan startup di Indonesia. Aset jumbo dan kapabilitas mumpuni di industri telekomunikasi diyakini bakal menjadi diferensiasi.

"Kami melihat, kematangan industri telekomunikasi selama puluhan tahun dapat mendukung ekosistem digital yang tepat dan menavigasi para pelaku bisnis digital. Telkomsel sebagai salah satu pelaku industri telekomunikasi, memiliki aset dan kapabilitas yang akan berguna sebagai diferensiasi dalam pengembangan bisnis startup," jelas CEO Indico, Andi Kristianto, di Jakarta, Minggu (27/11/2022).

Advertisement

Menurut Andi, para pelaku bisnis digital atau startup saat ini menghadapi tantangan yang menuntut mereka segera membuktikan bisnis mereka menuju profitabilitas. Karena itu, keberadaan ekosistem digital yang mendukung startup menjadi semakin krusial.

Menjawab tantangan tersebut, Telkomsel yang telah berkiprah selama 27 tahun terakhir telah memiliki lebih dari 260.000 BTS yang sebagian besar didukung teknologi broadband terkini yakni 4G dan 5G. Bahkan, melalui kapabilitas tersebut Telkomsel pun menjadi provider dengan jaringan terluas di Indonesia.

Tak diragukan lagi, melalui dukungan ekosistem digital berupa jaringan koneksi terluas, Andi optimistis, Telkomsel akan dapat membantu startup mengembangkan layanan berbasis digitalnya. Pasalnya, infrastruktur digital dimiliki Telkomsel mempunyai jaringan koneksi stabil dan masif di berbagai wilayah, termasuk daerah terpencil.

Optimisme Telkomsel mendukung pengembangan bisnis digital juga didasarkan pada jumlah pengguna yang tersebar di berbagai wilayah. Akuisisi pengguna, tutur Andi, juga menjadi salah satu tantangan yang dihadapi startup terutama di fase early-stage ini.

Beruntungnya, industri telekomunikasi menjadi salah satu industri yang mempunyai jumlah pengguna terbesar di sebuah negara. Telkomsel sendiri memiliki lebih dari 170 juta pengguna yang tersebar di lebih dari 514 kota/kabupaten di Indonesia.

"Dukungan ekosistem berupa basis pengguna ini dapat menjadi starting market yang luar biasa besar bagi Indico dalam melakukan penetrasi pasar," tambah Andi.

Belum lagi, pentingnya pemahaman karakteristik pasar secara granular. Untuk itu, kemampuan startup dalam menemukan ceruk pasar menjadi tantangan serius. Terbukti, banyak startup yang stagnan bahkan terpaksa gulung tikar karena gagal menganalisa kebutuhan pasar.

“Melalui dukungan kapabilitas industri telekomunikasi, kami optimistis ekosistem Indico dapat menciptakan value signifikan bagi startup yang menjadi portofolio Indico dalam menghadapi tantangan serta mampu membantu mereka dalam menghadirkan inovasi yang berdampak positif bagi masyarakat,” tutup Andi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ombudsman Tegaskan Pelayanan Publik Tidak Boleh Diskriminatif

Anggota Ombudsman, Yeka Hendra Fatika menegaskan, segala bentuk pelayanan publik harus memberikan keadilan dan tidak diskriminatif.

EKONOMI | 8 Februari 2023

OJK Prediksi Piutang Multifinance Tumbuh hingga 15% di 2023

Berdasarkan outlook Otoritas Jasa Keuangan (OJK), piutang pembiayaan multifinance diproyeksi tumbuh hingga 15% pada tahun 2023.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Bahlil Sebut Hilirisasi Jadi Instrumen Pembangunan Berkelanjutan

Bahlil Lahadalia menegaskan, pemerintah sudah memiliki peta jalan hilirisasi investasi strategis Indonesia dengan nilai US$ 545,3 miliar.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Gapki Minta Dana Bagi Hasil Sawit untuk Bangun Infrastruktur

Ketua Umum Gapki Joko Sriyono meminta Dana Bagi Hasil (DBH) difokuskan untuk infrastruktur pengelolaan kelapa sawit di daerah.

EKONOMI | 8 Februari 2023

PUPR Pastikan Tol Cisumdawu Bisa Dipakai Mudik Lebaran 2023

Kementerian PUPR akan mengoperasikan secara penuh jalan tol Cisumdawu (Cileunyi–Sumedang–Dawuan) pada momen mudik Lebaran 2023.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Erick Thohir Rombak Direksi dan Komisaris Jasa Marga

Menteri BUMN, Erick Thohir melakukan perombakan dewan direksi dan komisaris PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Kementerian PUPR Lelang Ulang Tender Tol Getaci Mulai April

Kementerian PUPR berencana melelang ulang proyek jalan tol Getaci (Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap) senilai Rp 56,2 triliun mulai April 2023.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Tata Kelola dan Bisnis Berkelanjutan SIG Diakui ASEAN

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) atau SIG berkomitmen menerapkan praktik tata kelola perusahaan baik (good corporate governance/GCG)

EKONOMI | 8 Februari 2023

Satgas Pangan, Bulog, dan Bapanas Sidak Sembako

Bapanas, Bulog serta Satgas Pangan melakukan inspeksi mendadak (sidak) bahan pangan atau sembako.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Kemenkeu Alokasikan DAU Rp 396 Triliun di APBN 2023

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyiapkan anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp 396 triliun dalam APBN 2023.

EKONOMI | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ombudsman Tegaskan Pelayanan Publik Tidak Boleh Diskriminatif

Ombudsman Tegaskan Pelayanan Publik Tidak Boleh Diskriminatif

EKONOMI | 21 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE