Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Ditopang Telkom Group, Begini Rencana Bisnis Indico

Minggu, 27 November 2022 | 19:54 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / FER
CEO Indico Andi Kristianto menjadi pembicara saat Investor Daily Summit 2022, di Jakarta, Selasa, 11 Oktober 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM), PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) melalui entitas anak usaha, Indico, siap menjadi enabler ekosistem bisnis digital dan startup di Indonesia. Aset jumbo dan kapabilitas mumpuni di industri telekomunikasi diyakini bakal menjadi diferensiasi.

"Kami melihat, kematangan industri telekomunikasi selama puluhan tahun dapat mendukung ekosistem digital yang tepat dan menavigasi para pelaku bisnis digital. Telkomsel sebagai salah satu pelaku industri telekomunikasi, memiliki aset dan kapabilitas yang akan berguna sebagai diferensiasi dalam pengembangan bisnis startup," jelas CEO Indico, Andi Kristianto, di Jakarta, Minggu (27/11/2022).

Menurut Andi, para pelaku bisnis digital atau startup saat ini menghadapi tantangan yang menuntut mereka segera membuktikan bisnis mereka menuju profitabilitas. Karena itu, keberadaan ekosistem digital yang mendukung startup menjadi semakin krusial.

Menjawab tantangan tersebut, Telkomsel yang telah berkiprah selama 27 tahun terakhir telah memiliki lebih dari 260.000 BTS yang sebagian besar didukung teknologi broadband terkini yakni 4G dan 5G. Bahkan, melalui kapabilitas tersebut Telkomsel pun menjadi provider dengan jaringan terluas di Indonesia.

Tak diragukan lagi, melalui dukungan ekosistem digital berupa jaringan koneksi terluas, Andi optimistis, Telkomsel akan dapat membantu startup mengembangkan layanan berbasis digitalnya. Pasalnya, infrastruktur digital dimiliki Telkomsel mempunyai jaringan koneksi stabil dan masif di berbagai wilayah, termasuk daerah terpencil.

Optimisme Telkomsel mendukung pengembangan bisnis digital juga didasarkan pada jumlah pengguna yang tersebar di berbagai wilayah. Akuisisi pengguna, tutur Andi, juga menjadi salah satu tantangan yang dihadapi startup terutama di fase early-stage ini.

Beruntungnya, industri telekomunikasi menjadi salah satu industri yang mempunyai jumlah pengguna terbesar di sebuah negara. Telkomsel sendiri memiliki lebih dari 170 juta pengguna yang tersebar di lebih dari 514 kota/kabupaten di Indonesia.

"Dukungan ekosistem berupa basis pengguna ini dapat menjadi starting market yang luar biasa besar bagi Indico dalam melakukan penetrasi pasar," tambah Andi.

Belum lagi, pentingnya pemahaman karakteristik pasar secara granular. Untuk itu, kemampuan startup dalam menemukan ceruk pasar menjadi tantangan serius. Terbukti, banyak startup yang stagnan bahkan terpaksa gulung tikar karena gagal menganalisa kebutuhan pasar.

“Melalui dukungan kapabilitas industri telekomunikasi, kami optimistis ekosistem Indico dapat menciptakan value signifikan bagi startup yang menjadi portofolio Indico dalam menghadapi tantangan serta mampu membantu mereka dalam menghadirkan inovasi yang berdampak positif bagi masyarakat,” tutup Andi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


TERKINI