Logo BeritaSatu

Global Resesi, OJK Perpanjang Restrukturisasi Kredit hingga 2024

Senin, 28 November 2022 | 09:20 WIB
Oleh : WBP

Jakarta, Beritasatu.com –Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memutuskan memperpanjang kebijakan restrukturisasi kredit maupun pembiayaan khusus pada sektor ekonomi, industri, dan daerah tertentu (targeted) selama 1 tahun dari 31 Maret 2023 menjadi 31 Maret 2024. Keputusan ini dilatarbelakangi oleh oleh ketidakpastian ekonomi global yang tetap tinggi hingga saat ini.

“Sehubungan perkembangan tersebut dan menyikapi akan berakhirnya kebijakan restrukturisasi kredit/pembiayaan pada Maret 2023, OJK mengambil kebijakan mendukung segmen, sektor, industri dan daerah tertentu (targeted) yang memerlukan periode restrukturisasi kredit/pembiayaan tambahan selama 1 tahun sampai 31 Maret 2024,” tulis OJK dalam siaran pers, Senin (28/11/2022).

Advertisement

OJK menyebutkan saat ini ketidakpastian ekonomi global tetap tinggi, utamanya disebabkan normalisasi kebijakan ekonomi global oleh Bank Sentral AS The Fed, ketidakpastian kondisi geopolitik, serta laju inflasi yang tinggi.

Perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia ke depan tidak terhindarkan sebagaimana diprakirakan oleh berbagai lembaga internasional.

Di sisi lain, pemulihan perekonomian nasional terus berlanjut seiring lebih terkendalinya pandemi dan normalisasi kegiatan ekonomi masyarakat. Sebagian besar sektor dan industri Indonesia telah kembali tumbuh kuat. Meski demikian, berdasarkan analisis mendalam yang dilakukan OJK, dijumpai beberapa pengecualian akibat dampak berkepanjangan pandemi COVID-19 (scarring effect).

Sehubungan dengan perkembangan tersebut dan menyikapi akan berakhirnya kebijakan restrukturisasi kredit atau pembiayaan pada Maret 2023, OJK mengambil kebijakan mendukung segmen, sektor, industri dan daerah tertentu (targeted) yang memerlukan periode restrukturisasi kredit atau pembiayaan tambahan selama satu tahun sampai 31 Maret 2024.

Segmen yang dimaksud adalah segmen UMKM yang mencakup seluruh sektor. Sedangkan secara sektoral yaitu sektor penyediaan akomodasi dan makan-minum. Selanjutnya adalah beberapa industri yang menyediakan lapangan kerja besar, yaitu industri tekstil dan produk tekstil (TPT) serta industri alas kaki.

Kebijakan tersebut dilakukan secara terintegrasi dan berlaku bagi perbankan dan perusahaan pembiayaan.

Sementara kebijakan restrukturisasi kredit atau pembiayaan yang ada dan bersifat menyeluruh dalam rangka pandemi Covid-19 masih berlaku sampai Maret 2023. Lembaga Jasa Keuangan (LJK) dan pelaku usaha yang masih membutuhkan kebijakan tersebut, dapat menggunakan kebijakan dimaksud sampai dengan Maret 2023 dan akan tetap berlaku sampai dengan berakhirnya perjanjian kredit atau pembiayaan antara LJK dengan debitur.

OJK akan terus mencermati perkembangan perekonomian global dan dampaknya terhadap perekonomian nasional, termasuk fungsi intermediasi dan stabilitas sistem keuangan. Dalam kaitan itu, OJK tetap meminta LJK mempersiapkan penyangga atau buffer yang memadai untuk memitigasi risiko-risiko yang mungkin timbul.

OJK juga akan merespons secara proporsional perkembangan lebih lanjut dengan tetap mengedepankan stabilitas sistem keuangan serta menjaga momentum pemulihan ekonomi nasional.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Uang Kripto Kraken Tutup Kantor di Abu Dhabi

Uang kripto Kraken telah menutup kantornya di Abu Dhabi kurang dari setahun setelah mendapatkan lisensi di wilayah tersebut.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Susut 0,18 Persen, Premi Industri Asuransi Tembus Rp 283,91 T

Industri asuransi komersial menutup tahun 2022 dengan akumulasi pendapatan premi Rp 283,91 triliun atau turun tipis 0,18% dibandingkan pencapaian tahun 2021.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Bahlil Sebut Ekonomi Hijau Jadi Fokus Utama Transisi Energi

Bahlil menyatakan, salah satu fokus pemerintah adalah membangun ekonomi hijau baik melalui transisi energi maupun investasi berkelanjutan.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Mortindo Bidik Peluang Proyek Infrastruktur IKN Nusantara

Direktur Mortindo, Budi Santoso mengatakan, pembangunan IKN Nusantara menjadi peluang bagi perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi dan infrastruktur.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Bahlil Tetapkan Delapan Sektor Prioritas Hilirisasi

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menetapkan delapan sektor prioritas hilirisasi yang memiliki nilai US$ 545,3 miliar.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Setelah Tutup Tujuh Gerai, Ini Rencana Bisnis Transmart

Setelah menutup tujuh gerainya secara bertahap selama masa pandemi Covid-19, manajemen Transmart memastikan akan berlari lebih kencang.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Transmart Tutup Tujuh Gerai, Manajemen: Ini Langkah Efisiensi

Vice President Corporate Communication Transmart Satria Hamid menyampaikan, Transmart tutup tujuh gerai secara permanen merupakan langkah efisiensi.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Pemerintah Siapkan 2 Strategi Antisipasi Lonjakan Harga Pangan Jelang Lebaran

Pemerintah telah menyiapkan strategi antisipasi lonjakan harga pangan yang biasanya terjadi menjelang Ramadan dan Lebaran.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Mendag Minta Bulog Distribusikan Beras Langsung ke Pasar

Mendag Zulkifli Hasan meminta Perum Bulog untuk dapat mendistribusikan beras langsung ke penjual dan pengecer tanpa melalui perantara.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Segera IPO, Simak Laporan Keuangan Solusi Kemasan Digital

PT Solusi Kemasan Digital berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan mencapai 40,97% menjadi Rp 26,22 miliar per 31 Juli 2022

EKONOMI | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Harga Bawang


# Koalisi Indonesia Bersatu


# Bunda Corla


# Serial Killer


# Penculikan Anak


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pertemuan Golkar dan Nasdem Upaya Benahi Komunikasi Koalisi Pemerintah

Pertemuan Golkar dan Nasdem Upaya Benahi Komunikasi Koalisi Pemerintah

BERSATU KAWAL PEMILU | 15 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE