Logo BeritaSatu

Global Resesi, OJK Perpanjang Restrukturisasi Kredit hingga 2024

Senin, 28 November 2022 | 09:20 WIB
Oleh : WBP

Jakarta, Beritasatu.com –Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memutuskan memperpanjang kebijakan restrukturisasi kredit maupun pembiayaan khusus pada sektor ekonomi, industri, dan daerah tertentu (targeted) selama 1 tahun dari 31 Maret 2023 menjadi 31 Maret 2024. Keputusan ini dilatarbelakangi oleh oleh ketidakpastian ekonomi global yang tetap tinggi hingga saat ini.

“Sehubungan perkembangan tersebut dan menyikapi akan berakhirnya kebijakan restrukturisasi kredit/pembiayaan pada Maret 2023, OJK mengambil kebijakan mendukung segmen, sektor, industri dan daerah tertentu (targeted) yang memerlukan periode restrukturisasi kredit/pembiayaan tambahan selama 1 tahun sampai 31 Maret 2024,” tulis OJK dalam siaran pers, Senin (28/11/2022).

Advertisement

OJK menyebutkan saat ini ketidakpastian ekonomi global tetap tinggi, utamanya disebabkan normalisasi kebijakan ekonomi global oleh Bank Sentral AS The Fed, ketidakpastian kondisi geopolitik, serta laju inflasi yang tinggi.

Perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia ke depan tidak terhindarkan sebagaimana diprakirakan oleh berbagai lembaga internasional.

Di sisi lain, pemulihan perekonomian nasional terus berlanjut seiring lebih terkendalinya pandemi dan normalisasi kegiatan ekonomi masyarakat. Sebagian besar sektor dan industri Indonesia telah kembali tumbuh kuat. Meski demikian, berdasarkan analisis mendalam yang dilakukan OJK, dijumpai beberapa pengecualian akibat dampak berkepanjangan pandemi COVID-19 (scarring effect).

Sehubungan dengan perkembangan tersebut dan menyikapi akan berakhirnya kebijakan restrukturisasi kredit atau pembiayaan pada Maret 2023, OJK mengambil kebijakan mendukung segmen, sektor, industri dan daerah tertentu (targeted) yang memerlukan periode restrukturisasi kredit atau pembiayaan tambahan selama satu tahun sampai 31 Maret 2024.

Segmen yang dimaksud adalah segmen UMKM yang mencakup seluruh sektor. Sedangkan secara sektoral yaitu sektor penyediaan akomodasi dan makan-minum. Selanjutnya adalah beberapa industri yang menyediakan lapangan kerja besar, yaitu industri tekstil dan produk tekstil (TPT) serta industri alas kaki.

Kebijakan tersebut dilakukan secara terintegrasi dan berlaku bagi perbankan dan perusahaan pembiayaan.

Sementara kebijakan restrukturisasi kredit atau pembiayaan yang ada dan bersifat menyeluruh dalam rangka pandemi Covid-19 masih berlaku sampai Maret 2023. Lembaga Jasa Keuangan (LJK) dan pelaku usaha yang masih membutuhkan kebijakan tersebut, dapat menggunakan kebijakan dimaksud sampai dengan Maret 2023 dan akan tetap berlaku sampai dengan berakhirnya perjanjian kredit atau pembiayaan antara LJK dengan debitur.

OJK akan terus mencermati perkembangan perekonomian global dan dampaknya terhadap perekonomian nasional, termasuk fungsi intermediasi dan stabilitas sistem keuangan. Dalam kaitan itu, OJK tetap meminta LJK mempersiapkan penyangga atau buffer yang memadai untuk memitigasi risiko-risiko yang mungkin timbul.

OJK juga akan merespons secara proporsional perkembangan lebih lanjut dengan tetap mengedepankan stabilitas sistem keuangan serta menjaga momentum pemulihan ekonomi nasional.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BNI Ventures Raih Izin Usaha dari OJK

PT BNI Modal Ventura (BNI Ventures) akhirnya meraih izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai perusahaan modal ventura (PMV).

EKONOMI | 1 Februari 2023

Danamon-MUFG Bentuk Garuda Fund Senilai US$ 100 Juta

PT Bank Danamon Indonesia Tbk dan MUFG Bank mengumumkan penempatan dana  senilai US$ 100 juta (sekitar Rp 1,5 triliun) untuk Garuda Fund.

EKONOMI | 1 Februari 2023

BPS: Inflasi Januari 2023 Melandai ke 5,28%

BPS Inflasi Indonesia pada Januari 2023 mencapai 5,28% secara year on year (yoy) atau lebih rendah dibandingkan Desember 2022.

EKONOMI | 1 Februari 2023

IHSG Hari Ini 1 Februari 2023 Naik 30 Poin di Sesi Siang

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada sesi I siang hari ini Rabu 1 Februari 2023 naik 30,7 poin (0,45%) ke level 6.870.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Fantastis! Gaji Kepala Otorita IKN Rp 179 Juta Sebulan

Gaji kepala otorita IKN atau ibu kota negara Nusantara terbilang fantastis atau mencapai Rp 172,7 juta sebulan.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Garap Gedung Perkantoran, Raksasa Jepang Ambil 25% Saham Entitas BSD

PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) atau BSD menggandeng investor Jepang, Hankyu Hanshin Properties JOIN ID-DCP LLC.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Stabilkan Harga Beras, Bulog Pekalongan Gelar Operasi Pasar

Bulog Pekalongan melakukan stabilisasi harga beras dengan menggelontorkan puluhan ton beras kemasan medium yang dijual dengan harga murah.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Pakar: Kegentingan Perppu Cipta Kerja Merupakan Diskresi Presiden

Persoalan kegentingan memaksa pada UU Cipta Kerja jo Perppu Nomor 2 Tahun 2022 merupakan diskresi Presiden.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Erick Thohir Targetkan BUMN Investasi Rp 127 triliun di 2023

Erick Thohir menyebut melalui aset-aset BUMN akan diupayakan tambahan investasi di luar pasar modal sebesar Rp 127 triliun.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Proyeksi IPO Perusahaan di BEI Turun Jadi Rp 48 T, Bank Sumut Ditunda

IPO saham PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara Tbk (BSMT) atau Bank Sumut berstatus canceled atau ditunda.

EKONOMI | 1 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BNI Ventures Raih Izin Usaha dari OJK

BNI Ventures Raih Izin Usaha dari OJK

EKONOMI | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE