Logo BeritaSatu

Upaya Menjaga Inflasi Nasional Dimulai dari Beras

Senin, 28 November 2022 | 12:01 WIB
Oleh : WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa beras merupakan salah satu komoditas pangan yang berkontribusi besar terhadap inflasi pangan dan mempengaruhi angka inflasi nasional.

Berdasarkan data BPS, harga beras pada bulan Oktober 2022 mengalami inflasi 1,13% yang menyumbang inflasi nasional sebesar 0,34% Mengutip data Panel Harga Pangan Badan Pangan Nasional, harga beras medium di tingkat konsumen pada Oktober Rp 11.090 per kg, sementara harga beras medium per 27 November di harga Rp 11.160 per kg. Kenaikan harga beras sudah terjadi sejak Juli 2022 hingga November dengan kenaikan 4,3% dari harga Rp 10.700 per kg. Beras merupakan komoditas pangan yang paling tinggi menyumbang inflasi karena merupakan pangan pokok yang dikonsumsi oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia.

Advertisement

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi menyebutkan kenaikan harga beras dikarenakan lonjakan harga pokok produksi (HPP) di tingkat petani. HPP beras naik lantaran kenaikan harga BBM dan kenaikan harga pupuk. Selain itu, anomali cuaca mempengaruhi produksi beras nasional yang menyebabkan pasokan menurun. "Sejumlah daerah Indonesia, seperti di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Lampung, mengalami gagal panen dikarenakan lahan sawah yang terendam banjir," kata dia.

Salah satu tugas dan fungsi Perum Bulog adalah mengendalikan harga beras di pasaran agar tidak melonjak tinggi dengan mengintervensi melalui program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) atau operasi pasar. Bulog menggelontorkan pasokan beras yang dimilikinya dengan harga lebih rendah dari harga pasar, sekaligus membanjiri suplai beras di pasaran. Sesuai prinsip ekonomi, ketika terjadi kelebihan pasokan dibandingkan permintaan, maka harga akan turun.

Namun yang menjadi tantangan saat ini adalah stok beras Bulog yang mulai menipis dari bulan ke bulan. Badan Pangan Nasional menyebutkan setidaknya Bulog harus memiliki stok 1,2 juta ton beras untuk kebutuhan KPSH atau operasi pasar dan keperluan darurat, seperti bencana alam atau bantuan sosial.

Baca selanjutnya
Pada 16 November, stok beras Bulog, baik Cadangan Beras Pemerintah (CBP) ...


hal 1 dari 3 halaman

Halaman: 123selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BPJS Kesehatan Diharapkan Tetap Independen di Bawah Presiden

Tulus menegaskan, BPJS Kesehatan harus tetap berada di bawah presiden, sehingga sebagai lembaga publik tetap independen.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Dirut BPJS Kesehatan: Indonesia Lebih Cepat Capai UHC

Dirut BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti menyampaikan, program JKN sudah melindungi 248,7 juta jiwa atau sekitar 90% dari total penduduk Indonesia.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Viral Pesan BPJS Kesehatan Bagikan Hadiah, Dirut: Itu Hoax

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti menegaskan, pesan beredar yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan tersebut adalah hoax.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Menpan RB: 11.000 ASN Pindah ke IKN Nusantara Tahun Depan

Anas memastikan kementerian dan lembaga negara yang berkaitan dengan ekonomi dan bisnis tidak ikut pindah ke IKN Nusantara.

EKONOMI | 30 Januari 2023

BPJS Kesehatan Catat Dana Jaminan Sosial Surplus Rp 56,51 Triliun

BPJS Kesehatan mencatat aset bersih dana jaminan sosial atau DJS dalam program jaminan kesehatan nasional (JKN) surplus Rp 56,51 triliun di akhir 2022.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Menpan RB: Regsosek Mudahkan Upaya Penurunan Kemiskinan

Menpan RB, Abdullah Azwar Anas mengatakan, integrasi data registrasi sosial ekonomi (Regsosek) mempermudah langkah pemerintah untuk menurunkan kemiskinan.

EKONOMI | 30 Januari 2023

BPS Targetkan Data Regsosek Rampung Pertengahan 2023

Menurut Margo, platform digital data registrasi sosial ekonomi (Regsosek) menjadi perwujudan dari sistem infrastruktur statistik yang diselenggarakan BPS.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Digitalisasi Logistik Dorong Kinerja Jasa Berdikari Logistics

James menegaskan, PT Jasa Berdikari Logistics (LAJU) menerapkan sistem digitalisasi logistik untuk 450 armada yang tersebar di seluruh Indonesia.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Salah Identitas, BCA Sudah Unblock Rekening Tukang Burung

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengakui terdapat kekeliruan dalam pemblokiran rekening atas permintaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

EKONOMI | 30 Januari 2023

Main Hall BEI Kembali Dibuka untuk Umum

Menyusul kebijakan pemerintah yang mencabut PPKM , PT Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali membuka akses Main Hall.

EKONOMI | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Barbie Kumalasari Dukung Penyelenggaraan Siaran Digital

Barbie Kumalasari Dukung Penyelenggaraan Siaran Digital

LIFESTYLE | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE