Logo BeritaSatu

Krakatau Steel Resmi Kuasai 50% Saham Krakatau Posco

Senin, 28 November 2022 | 20:56 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Emiten baja nasional, PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS) resmi menguasai 50% saham PT Krakatau Posco setelah resmi meningkatkan kepemilikan sahamnya di perusahaan joint venture antara perseroan dan Posco Holdings tersebut.

Penambahan porsi itu berlangsung pada Senin (28/11/2022) ditandai dengan penandatanganan akta inbreng, kepemilikan saham Krakatau Steel di Krakatau Posco yang kini menjadi 50% dari sebelumnya 30%.

Advertisement

Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim, mengatakan, proses tersebut sudah dimulai perseroan sejak 2016 silam ketika dilakukan penandatangan Minutes of Agreement antara Krakatau Steel dan Krakatau Posco.

Sulit dipungkiri, Posco merupakan perusahaan baja paling efisien di dunia. Artinya, lanjut Silmy, dengan perseroan meningkatkan sahamnya di Krakatau Posco, maka kinerja KRAS bakal semakin baik khususnya pada proses produksi. Pasalnya, Krakatau Steel akan menyinergikan keunggulan yang dimiliki perseroan dan keunggulan Posco dalam setiap tahapan proses produksi.

"Penambahan saham Krakatau Steel di PT Krakatau Posco sekaligus menjadi bagian dari upaya mewujudkan rencana-rencana strategis perseroan seperti peningkatan kapasitas menjadi 10 juta ton per tahun dan pengembangan produk hilir seperti baja untuk otomotif serta produk baja berkualitas tinggi lainnya," beber Silmy.

Lebih lanjut, peningkatan saham perseroan di Krakatau Posco juga akan memberikan nilai tambah kepada perseroan sebagai upaya menjadi market leader produk baja di Indonesia dan memperkuat pasar ekspor.

Bagaimana tidak, saat ini Krakatau Posco memiliki kapasitas produksi 3,2 juta ton. Sebagai pabrik baja yang terintegrasi, Krakatau Posco memiliki Iron and Steel Making Plant, kemudian Plate Rolling Mill, dan Hot Rolling Plant.

Terbukti, pada 2021 lalu PT Krakatau Posco berhasil mencatatkan laba sebesar USD415 juta atau setara Rp 6,5 triliun dan pendapatan sebesar USD2,35 miliar atau sebanding dengan Rp 36,8 triliun. Sementara dari sisi EBITDA, PT Krakatau Posco membukukan sebesar USD695 juta atau setara Rp 10,8 triliun.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kemenaker Ungkap Alasan Penetapan RUU PPRT Perlu Dipercepat

Kemenaker menegaskan pentingnya percepatan pengesahan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT) sebagai undang-undang (UU).

EKONOMI | 30 Januari 2023

BPJS Kesehatan Diharapkan Tetap Independen di Bawah Presiden

Tulus menegaskan, BPJS Kesehatan harus tetap berada di bawah presiden, sehingga sebagai lembaga publik tetap independen.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Dirut BPJS Kesehatan: Indonesia Lebih Cepat Capai UHC

Dirut BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti menyampaikan, program JKN sudah melindungi 248,7 juta jiwa atau sekitar 90% dari total penduduk Indonesia.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Viral Pesan BPJS Kesehatan Bagikan Hadiah, Dirut: Itu Hoax

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti menegaskan, pesan beredar yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan tersebut adalah hoax.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Menpan RB: 11.000 ASN Pindah ke IKN Nusantara Tahun Depan

Anas memastikan kementerian dan lembaga negara yang berkaitan dengan ekonomi dan bisnis tidak ikut pindah ke IKN Nusantara.

EKONOMI | 30 Januari 2023

BPJS Kesehatan Catat Dana Jaminan Sosial Surplus Rp 56,51 Triliun

BPJS Kesehatan mencatat aset bersih dana jaminan sosial atau DJS dalam program jaminan kesehatan nasional (JKN) surplus Rp 56,51 triliun di akhir 2022.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Menpan RB: Regsosek Mudahkan Upaya Penurunan Kemiskinan

Menpan RB, Abdullah Azwar Anas mengatakan, integrasi data registrasi sosial ekonomi (Regsosek) mempermudah langkah pemerintah untuk menurunkan kemiskinan.

EKONOMI | 30 Januari 2023

BPS Targetkan Data Regsosek Rampung Pertengahan 2023

Menurut Margo, platform digital data registrasi sosial ekonomi (Regsosek) menjadi perwujudan dari sistem infrastruktur statistik yang diselenggarakan BPS.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Digitalisasi Logistik Dorong Kinerja Jasa Berdikari Logistics

James menegaskan, PT Jasa Berdikari Logistics (LAJU) menerapkan sistem digitalisasi logistik untuk 450 armada yang tersebar di seluruh Indonesia.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Salah Identitas, BCA Sudah Unblock Rekening Tukang Burung

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengakui terdapat kekeliruan dalam pemblokiran rekening atas permintaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

EKONOMI | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BPJS Kesehatan Siapkan Rp 9 T untuk Skrining dan Temuan Penyakit

BPJS Kesehatan Siapkan Rp 9 T untuk Skrining dan Temuan Penyakit

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE