Logo BeritaSatu

Aspek Sebut Kenaikan UMP Perkuat Laju Perekonomian Domestik

Senin, 28 November 2022 | 21:17 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Kenaikan upah minimum provinsi (UMP) di tahun 2023 dinilai akan meningkatkan laju perekonomian domestik. Sebab, saat ada peningkatan pendapatan pekerja akan memberikan efek domino terhadap kenaikan konsumsi masyarakat. Apalagi komponen konsumsi masyarakat menjadi penopang terbesar perekonomian nasional.

Presiden Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (Aspek Indonesia) Mirah Sumirat mengatakan kenaikan upah minimum menjadi suatu keniscayaan dan bisa memperkuat ekonomi domestik dari kondisi krisis. Saat konsumsi masyarakat meningkat maka hasil produksi barang dan jasa bisa terserap dengan baik sehingga roda ekonomi bisa berputar optimal.

Advertisement

"Upah buruh tinggi, justru membantu Indonesia keluar dari krisis, dibandingkan negara-negara lain. Upah tinggi jangan ditakutkan, upah tinggi justru membantu ekonomi bangkit dan berputar. Upah minimum wajib naik,” ucap Mirah saat dihubungi Investor Daily, Senin (28/11/2022).

Beberapa pemerintah provinsi yang sudah mengumumkan kenaikan UMP 2023 yaitu DKI Jakarta (5,6%), Banten (6,4%), Yogyakarta (7,65%), Jawa Timur (7,85%) dan Jawa Tengah (8,01%).

Mirah mengungkapkan saat ada kenaikan upah minimum akan meningkatkan produktivitas pekerja. Kenaikan upah berdampak pada peningkatan nilai hidup layak buruh.

Dari sisi produksi dalam negeri pemerintah juga tidak bisa mengandalkan konsumsi rumah tangga dalam negeri dalam serapan produksi barang dan jasa. Para pelaku usaha dan umkm juga akan hidup, karena produk mereka bisa terserap dengan baik.

“Kalau upah tinggi, gak perlu mengandalkan ekspor, gak perlu mengandalkan pasar asing untuk membeli produk kita. Kenaikan penyerapan produksi dalam negeri turut mempengaruhi daya saing Indonesia. Seiring sejalan pasti mengikuti kalau ada harga pasti ada mutu jadi lebih baik dan lebih berkualitas,” kata Mirah.

Mirah mengungkapkan saat ini kenaikan upah menjadi langkah utama untuk meningkatkan produktivitas pekerja. Sebab kenaikan upah akan digunakan untuk membiayai kebutuhan hidup pekerja.

“Banyak upaya meningkatkan produktivitas, tetapi yang paling utama upah karena upah menjadi urat nadi pekerja buruh. Jadi gak bisa dipungkiri sekarang anda mau bekerja karena apa? karena upah,” kata Mirah.

Langkah lain untuk meningkatkan produktivitas pekerja adalah memberikan pelatihan dan vokasi. Tetapi hal ini juga harus diimbangi dengan upah yang memadai sebab pekerja juga memiliki kebutuhan hidup yang harus dibiayai.

“Untuk kondisi saat ini upah masih nomor satu dalam upaya meningkatkan produktivitas pekerja. Selama semuanya belum ada yang gratis di negeri ini, kecuali semua kebutuhan kita ditanggung negara,” tandas Mirah.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ombudsman Tegaskan Pelayanan Publik Tidak Boleh Diskriminatif

Anggota Ombudsman, Yeka Hendra Fatika menegaskan, segala bentuk pelayanan publik harus memberikan keadilan dan tidak diskriminatif.

EKONOMI | 8 Februari 2023

OJK Prediksi Piutang Multifinance Tumbuh hingga 15% di 2023

Berdasarkan outlook Otoritas Jasa Keuangan (OJK), piutang pembiayaan multifinance diproyeksi tumbuh hingga 15% pada tahun 2023.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Bahlil Sebut Hilirisasi Jadi Instrumen Pembangunan Berkelanjutan

Bahlil Lahadalia menegaskan, pemerintah sudah memiliki peta jalan hilirisasi investasi strategis Indonesia dengan nilai US$ 545,3 miliar.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Gapki Minta Dana Bagi Hasil Sawit untuk Bangun Infrastruktur

Ketua Umum Gapki Joko Sriyono meminta Dana Bagi Hasil (DBH) difokuskan untuk infrastruktur pengelolaan kelapa sawit di daerah.

EKONOMI | 8 Februari 2023

PUPR Pastikan Tol Cisumdawu Bisa Dipakai Mudik Lebaran 2023

Kementerian PUPR akan mengoperasikan secara penuh jalan tol Cisumdawu (Cileunyi–Sumedang–Dawuan) pada momen mudik Lebaran 2023.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Erick Thohir Rombak Direksi dan Komisaris Jasa Marga

Menteri BUMN, Erick Thohir melakukan perombakan dewan direksi dan komisaris PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Kementerian PUPR Lelang Ulang Tender Tol Getaci Mulai April

Kementerian PUPR berencana melelang ulang proyek jalan tol Getaci (Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap) senilai Rp 56,2 triliun mulai April 2023.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Tata Kelola dan Bisnis Berkelanjutan SIG Diakui ASEAN

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) atau SIG berkomitmen menerapkan praktik tata kelola perusahaan baik (good corporate governance/GCG)

EKONOMI | 8 Februari 2023

Satgas Pangan, Bulog, dan Bapanas Sidak Sembako

Bapanas, Bulog serta Satgas Pangan melakukan inspeksi mendadak (sidak) bahan pangan atau sembako.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Kemenkeu Alokasikan DAU Rp 396 Triliun di APBN 2023

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyiapkan anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp 396 triliun dalam APBN 2023.

EKONOMI | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ombudsman Tegaskan Pelayanan Publik Tidak Boleh Diskriminatif

Ombudsman Tegaskan Pelayanan Publik Tidak Boleh Diskriminatif

EKONOMI | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE