Logo BeritaSatu

Aspek Sebut Kenaikan UMP Perkuat Laju Perekonomian Domestik

Senin, 28 November 2022 | 21:17 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Kenaikan upah minimum provinsi (UMP) di tahun 2023 dinilai akan meningkatkan laju perekonomian domestik. Sebab, saat ada peningkatan pendapatan pekerja akan memberikan efek domino terhadap kenaikan konsumsi masyarakat. Apalagi komponen konsumsi masyarakat menjadi penopang terbesar perekonomian nasional.

Presiden Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (Aspek Indonesia) Mirah Sumirat mengatakan kenaikan upah minimum menjadi suatu keniscayaan dan bisa memperkuat ekonomi domestik dari kondisi krisis. Saat konsumsi masyarakat meningkat maka hasil produksi barang dan jasa bisa terserap dengan baik sehingga roda ekonomi bisa berputar optimal.

Advertisement

"Upah buruh tinggi, justru membantu Indonesia keluar dari krisis, dibandingkan negara-negara lain. Upah tinggi jangan ditakutkan, upah tinggi justru membantu ekonomi bangkit dan berputar. Upah minimum wajib naik,” ucap Mirah saat dihubungi Investor Daily, Senin (28/11/2022).

Beberapa pemerintah provinsi yang sudah mengumumkan kenaikan UMP 2023 yaitu DKI Jakarta (5,6%), Banten (6,4%), Yogyakarta (7,65%), Jawa Timur (7,85%) dan Jawa Tengah (8,01%).

Mirah mengungkapkan saat ada kenaikan upah minimum akan meningkatkan produktivitas pekerja. Kenaikan upah berdampak pada peningkatan nilai hidup layak buruh.

Dari sisi produksi dalam negeri pemerintah juga tidak bisa mengandalkan konsumsi rumah tangga dalam negeri dalam serapan produksi barang dan jasa. Para pelaku usaha dan umkm juga akan hidup, karena produk mereka bisa terserap dengan baik.

“Kalau upah tinggi, gak perlu mengandalkan ekspor, gak perlu mengandalkan pasar asing untuk membeli produk kita. Kenaikan penyerapan produksi dalam negeri turut mempengaruhi daya saing Indonesia. Seiring sejalan pasti mengikuti kalau ada harga pasti ada mutu jadi lebih baik dan lebih berkualitas,” kata Mirah.

Mirah mengungkapkan saat ini kenaikan upah menjadi langkah utama untuk meningkatkan produktivitas pekerja. Sebab kenaikan upah akan digunakan untuk membiayai kebutuhan hidup pekerja.

“Banyak upaya meningkatkan produktivitas, tetapi yang paling utama upah karena upah menjadi urat nadi pekerja buruh. Jadi gak bisa dipungkiri sekarang anda mau bekerja karena apa? karena upah,” kata Mirah.

Langkah lain untuk meningkatkan produktivitas pekerja adalah memberikan pelatihan dan vokasi. Tetapi hal ini juga harus diimbangi dengan upah yang memadai sebab pekerja juga memiliki kebutuhan hidup yang harus dibiayai.

“Untuk kondisi saat ini upah masih nomor satu dalam upaya meningkatkan produktivitas pekerja. Selama semuanya belum ada yang gratis di negeri ini, kecuali semua kebutuhan kita ditanggung negara,” tandas Mirah.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BRI Targetkan Kredit Mikro dan Ultra Mikro Tumbuh 8 Persen

BRI mencatat, masih ada 20,7% dari total kecamatan atau sebanyak 1.502 kecamatan memerlukan intervensi program literasi keuangan yang kuat.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Debut Perdana di BEI, Saham LAJU Langsung Mentok ARA

saham PT Jasa Berdikari Logistics Tbk (LAJU) langsung meroket hingga sebesar 35% ke level 135 atau mentok batas auto-rejection atas (ARA).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Sesi I, IHSG Hari Ini Kokoh di 6.929

Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 64,3 (0,94%) ke level 6.929,1 pada penutupan sesi pertama perdagangan hari ini, Jumat (27/1/2023).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Kurs Rupiah Hari Ini Melemah 30 Poin ke Rp 14.975

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terpantau melemah ke kisaran Rp 14.975 pada perdagangan hari ini, Jumat (26/1/2023).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Lagi, Saratoga Siapkan US$ 150 Juta untuk Investasi

PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) kembali menganggarkan dana US$ 150 juta untuk kegiatan investasinya tahun ini.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Boy Thohir: Saatnya GoTo Gojek Tokopedia Back to Basic

Komisaris Utama PT GoTo GOjek Tokopedia Tbk (GOTO) Garibaldi "Boy" Thohir mengatakan bahwa hal terpenting bagi sebuah bisnis adalah profit.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Tukang Becak Bobol Rekening BCA, OJK Ingatkan Jaga Data Pribadi

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau masyarakat lebih berhati-hati dalam menjaga kerahasiaan data pribadi, apalagi yang menyangkut data keuangan.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Penerima Bansos Bisa Ikut Program Kartu Prakerja Skema Normal

Menurut Denni, program Kartu Prakerja skema normal artinya program ini tak lagi bersifat semi-bansos seperti yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Tiket Haji Mahal, Garuda Indonesia Siap Nego

Direktur Utama maskapai Garuda Indonesia Irfan Setiaputra bersedia melakukan negosiasi dengan DPR untuk menurunkan tiket haji.

EKONOMI | 27 Januari 2023

BI: KIS Jadi Kunci Hadapi Tantangan Ekonomi Global, Apa Itu?

Perry menegaskan pentingnya strategi KIS, yaitu konsistensi, inovasi, dan sinergi, dalam menyusun berbagai kebijakan.

EKONOMI | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BRI Targetkan Kredit Mikro dan Ultra Mikro Tumbuh 8 Persen

BRI Targetkan Kredit Mikro dan Ultra Mikro Tumbuh 8 Persen

EKONOMI | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE