Logo BeritaSatu

Kejar Target Penjualan, Emdeki Utama Fokus Pasar Domestik

Selasa, 29 November 2022 | 05:05 WIB
Oleh : Amrozi Amenan / FER

Surabaya, Beritasatu.com - Produsen kalsium karbida atau karbit, PT Emdeki Utama Tbk (MDKI) tahun ini lebih berkonsentrasi di pasar domestik untuk mencapai target penjualan 22.006 ton dan laba sama seperti tahun lalu sebesar Rp 38,85 miliar. Sementara hingga kuartal III-2022 penjualan telah mencapai 18.389 ton dengan capaian laba sebesar Rp 21,23 miliar.

Direktur PT Emdeki Utama Tbk, Vincent Secapramana menjelaskan dampak pandemi Covid-19 secara global sejak 2020 sampai dengan saat ini sangat memengaruhi dan melemahkan kondisi ekonomi baik nasional maupun internasional. Ketidakpastian dalam kebijakan perdagangan global ini membayangi pertumbuhan dari negara-negara mitra dagang utama yang diproyeksikan melambat.

Advertisement

"Dengan kondisi ini, memang akan sulit mencapai laba seperti periode tahun 2021 sebesar Rp 38,85 miliar karena adanya kenaikan terus beban biaya seperti harga bahan baku dan biaya transportasi kontainer untuk ekspor,” kata Vincent saat public expose, di Surabaya, Senin (28/11/2022).

Meski begitu, kata dia, Emdeki Utama tetap berusaha menjaga stabilitas pertumbuhan dengan baik sehingga bisa memenuhi target tersebut. "Untuk menjaga pertumbuhan ini, kami konsentrasi di pasar domestik,” tegas Vincent.

Pengoperasian pabrik Carbide Desulphuriser Tahap I di Gresik sejak selesai pada akhir September 2019 diharapkan bisa mendukung pertumbuhan kinerja perusahaan.

Sementara untuk rencana pabrik Carbide Desulphuriser Tahap II di Cilegon-Banten masih dipertimbangkan untuk ditunda, dan menunggu perkembangan positif pabrik baja di wilayah Cilegon. Termasuk juga penundaan rencana pembangunan pabrik Ferro Silica di Gresik dengan kapasitas 7.000 ton per tahun.

Direktur Emdeki Utama Chakravarthi Kilambi, mengatakan pengembangan usaha yang sedang dijalankan saat ini dengan menggunakan dana internal perusahaan yakni memproduksi mortar dan PCC. Mortar digunakan sebagai plester dinding dan perekat pemasangan bata. Sementara PCC digunakan untuk pembuatan kertas, plastik, tinta, cat dan lain-lain.

Bahan baku kedua produk ini telah tersedia dari sisa pembakaran kapur yang selama ini tidak terpakai, sebagian dijual dan sebagian dibuang. Bahan baku lain untuk PCC menggunakan gas buang CO2 (Karbon Dioksida).

“Mortar dengan kapasitas produksi 4.200 ton/tahun mulai beroperasi Juli 2022, sedangkan PCC dengan kapasitas produksi 800 ton/tahun akan beroperasi Desember 2022,” jelas Chakravarthi.

Dia menambahkan, hingga akhir tahun ini Emdeki masih akan berkonsentrasi pada pasar domestik. "Awal tahun 2022 ini, ada kelangkaan kontainer yang berdampak pada kenaikan biaya operasional. Nah kami stop ekspor, konsentrasi ke domestik," ungkap Chakravarthi.

Jelang akhir tahun 2022 ini, kontainer sudah banyak tersedia, namun harga masih tinggi. Untuk tahun 2023, pihaknya masih menunggu, kondisi pasar global seperti apa, sehingga belum bisa memutuskan apakah tahun 2023 akan kembali melakukan ekspor atau tidak.

"Yang pasti kami konsentrasi untuk yang ada saat ini dulu," pungkas Chakravarthi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bersaing di Pasar Roda Dua, Tangkas Motor Listrik Buka 5 Showroom

Tangkas Motor Listrik akan melaunching showroom di lima Kota di Indonesia dalam waktu satu pekan ke depan.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Mandiri Capital Masih Rajin Berburu Kandidat Startup

PT Mandiri Capital Indonesia (MCI), salah satu anak usaha Bank Mandiri di bidang modal ventura, masih berburu kandidat startup potensial.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Tingkatkan Kontribusi dan Beri Pelayanan Terbaik, PLN Siapkan 6 Strategi

PLN menyiapkan 6 strategi untuk membawa perusahaan melaju kencang pada 2023 ini. PLN memaparkan 6 strategi itu dalam RDP bersama Komisi VII DPR.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Teten: Revisi UU Koperasi Cegah Penjahat Keuangan Pindah

Teten Masduki mengatakan, rencana revisi Undang-undang (UU) Koperasi bertujuan mencegah penjahat keuangan di perbankan pindah ke koperasi.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Finalis Puteri Indonesia dari Papua Ini Metamorfosis Jadi Peternak Sukses

Maria Fransisca Tambingon, finalis Puteri Indonesia 2014 sukses membesarkan usaha peternakan ayam petelur bersama Papua Muda Inspiratif.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Peserta BPJS Kesehatan Bisa Bayar Iuran di Outlet Pegadaian

Pegadaian resmi membuka layanan pendaftaran peserta baru dan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Pelatihan Komunitas UMKM Kejar 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru

Melalui adanya proses pengolahan dari barang mentah menjadi siap konsumsi di sektor UMKM dapat mencapai target 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Luhut: Sampah Plastik Masalah Dunia, Harus Ditangani dengan Baik

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan mengatakan sampah plastik adalah masalah dunia dan harus ditangani dengan baik.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Garuda Indonesia Tanggapi 2 Kreditur Ajukan Pembatalan Perdamaian

Dua kreditur PT Garuda Indonesia Tbk (GIIA), mengajukan pembatalan perdamaian proses homologasi PKPU ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

EKONOMI | 8 Februari 2023

PUPR Targetkan Pembangunan Jalan Tol 509,01 Km di 2023

Kementerian PUPR menargetkan penambahan total jalan tol baru sepanjang 509,01 kilometer (km) pada tahun 2023.

EKONOMI | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mandiri Capital Masih Rajin Berburu Kandidat Startup

Mandiri Capital Masih Rajin Berburu Kandidat Startup

EKONOMI | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE