Logo BeritaSatu

Jelang Nataru, Pemerintah Fokus Jaga Pasokan Pangan

Selasa, 29 November 2022 | 12:03 WIB
Oleh : Triyan Pangastuti / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah telah melakukan koordinasi dan sinergi bersama pemerintah daerah mengantisipasi meningkatnya permintaan pangan menjelang Hari Besar Keagamaam Nasional (HKBN) Natal dan Tahun Baru 2023 (nataru). Koordinasi ini dilakukan melalui rapat koordinasi terbatas (rakortas) bersama Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang dilakukan di Kalimantan Barat pekan lalu.

"Kemarin kita di Kalimantan Barat, rapat dengan 15 daerah inflasi lebih tinggi, tetapi sudah ditekankan bahwa dana daerah harus digunakan," kata Airlangga saat ditemui di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Advertisement

Adapun dalam keterangan sebelumnya, fokus rakortas TPIP-TPID kali ini difokuskan pada pengendalian inflasi di antaranya di kawasan Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Hal tersebut mempertimbangkan karakteristik inflasi dan letak kawasan sebagai daerah perbatasan dengan tantangan geografis tersendiri.

Kebijakan pengendalian inflasi pada kawasan tersebut difokuskan pada ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi pangan dengan dukungan ketersediaan infrastruktur. "Untuk komoditas yang berpotensi memicu inflasi nataru masih terus kami pantau," kata Airlangga.

12 komoditas pangan terjaga
Ditemui terpisah, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) memastikan pasokan 12 komoditas pangan akan terjaga menjelang nataru. Kecukupan 12 komoditas bahan pokok ini merupakan hasil kerja semua pihak, termasuk koordinasi satu data satu pintu. "Neraca umum kita kan bukan hanya beras yang kita jaga. Neraca umum 12 komoditi juga aman menurut data karena berdasarkan faktualisasi yang kita lakukan," ucapnya.

Ia menegaskan bahwa tugas pemerintah membela rakyat sehingga harus menjaga pasokan dan membantu petani. "Kita bela rakyat, kita kasih tambahan petani (menyerap komoditasnya) mereka dapat uang dia bisa sekolahkan anaknya, belikan buku, jaitkan baju kasih ke tukang jahit kan berputar lagi ekonomi kembali lagi ke rakyat," ucap Syahrul.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Harga Minyak Jatuh karena Stok Bahan Bakar AS Naik

Harga minyak melemah setelah data pemerintah Amerika Serikat (AS) menunjukkan peningkatan persediaan minyak mentah, bensin dan sulingan.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Kendaraan Listrik Akan Dapat Insentif, Mulai Potongan Harga hingga SPKLU

Kendaraan listrik akan mendapat insentif dari pemerintah berupa potongan tarif kepada badan usaha yang menggarap SPKLU.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Fed Naikkan Suku Bunga 0,25 Basis Poin, Bursa AS Menghijau

Bursa AS Wall Street menguat pada Rabu (1/2/2023) karena investor mengabaikan kenaikan suku bunga 0,25 basis poin persentase.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Bursa Eropa Cenderung Flat, Sektor Otomotif Pimpin Kenaikan

Bursa Eropa ditutup mendatar (flat) dengan kecenderungan melemah pada Rabu (1/2/2023). Sektor otomotif pimpin kenaikan.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Melantai di Bursa, PGE Bidik Dana IPO Jumbo Rp 9,78 Triliun

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk atau PGE, akan melantau di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui IPO senilai Rp 9,78 triliun.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Biodiesel B35 Butuh Peningkatan Fasilitas Blending dan Pembiayaan

Program biodiesel sebesar 35% atau program B35 yang resmi diberlakukan Rabu (1//2/2023) membutuhkan peningkatan infrastruktur.

EKONOMI | 2 Februari 2023

KB Bukopin Gandeng Sinarmas AM Perluas Penjualan Reksa Dana

PT Bank Bukopin Tbk (KB Bukopin) dan PT Sinarmas Asset Management (Sinarmas AM) sepakat menjalin kerja sama penjualan reksa dana.

EKONOMI | 2 Februari 2023

DPR Yakin Jokowi Akan Kirim Calon Gubernur BI Berkualitas

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR, Said Abdullah mengatakan, nama-nama calon Gubernur BI yang beredar memiliki reputasi dan kompetensi yang sangat baik.

EKONOMI | 1 Februari 2023

BPS Sebut Komoditas Pangan Sumbang Inflasi Januari 2023

Menurut Margo, inflasi Januari 2023 yang sebesar 0,34% relatif lebih rendah dibandingkan inflasi Januari tahun sebelumnya yang sebesar 0,56%.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Penetrasi Internet Dorong Kenaikan Belanja Iklan Digital

Belanja iklan digital di Indonesia diyakin terus mengalami peningkatan seiring masifnya penetrasi internet di tanah air.

EKONOMI | 1 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Penculikan Anak


# Biaya Haji 2023


# Istri Siri Kompol D


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Vaksinasi Covid-19 Booster ke-2 Digelar untuk Karyawan ESDM

Vaksinasi Covid-19 Booster ke-2 Digelar untuk Karyawan ESDM

NEWS | 18 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE