Logo BeritaSatu

Jelang Nataru, Pemerintah Fokus Jaga Pasokan Pangan

Selasa, 29 November 2022 | 12:03 WIB
Oleh : Triyan Pangastuti / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah telah melakukan koordinasi dan sinergi bersama pemerintah daerah mengantisipasi meningkatnya permintaan pangan menjelang Hari Besar Keagamaam Nasional (HKBN) Natal dan Tahun Baru 2023 (nataru). Koordinasi ini dilakukan melalui rapat koordinasi terbatas (rakortas) bersama Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang dilakukan di Kalimantan Barat pekan lalu.

"Kemarin kita di Kalimantan Barat, rapat dengan 15 daerah inflasi lebih tinggi, tetapi sudah ditekankan bahwa dana daerah harus digunakan," kata Airlangga saat ditemui di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Advertisement

Adapun dalam keterangan sebelumnya, fokus rakortas TPIP-TPID kali ini difokuskan pada pengendalian inflasi di antaranya di kawasan Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Hal tersebut mempertimbangkan karakteristik inflasi dan letak kawasan sebagai daerah perbatasan dengan tantangan geografis tersendiri.

Kebijakan pengendalian inflasi pada kawasan tersebut difokuskan pada ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi pangan dengan dukungan ketersediaan infrastruktur. "Untuk komoditas yang berpotensi memicu inflasi nataru masih terus kami pantau," kata Airlangga.

12 komoditas pangan terjaga
Ditemui terpisah, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) memastikan pasokan 12 komoditas pangan akan terjaga menjelang nataru. Kecukupan 12 komoditas bahan pokok ini merupakan hasil kerja semua pihak, termasuk koordinasi satu data satu pintu. "Neraca umum kita kan bukan hanya beras yang kita jaga. Neraca umum 12 komoditi juga aman menurut data karena berdasarkan faktualisasi yang kita lakukan," ucapnya.

Ia menegaskan bahwa tugas pemerintah membela rakyat sehingga harus menjaga pasokan dan membantu petani. "Kita bela rakyat, kita kasih tambahan petani (menyerap komoditasnya) mereka dapat uang dia bisa sekolahkan anaknya, belikan buku, jaitkan baju kasih ke tukang jahit kan berputar lagi ekonomi kembali lagi ke rakyat," ucap Syahrul.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mudahkan Nasabah, Blu by BCA Digital Terkoneksi MRT Jakarta

Blu by BCA Digital menjalin kerja sama dengan PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta untuk memperluas layanan Bank as a Service (BaaS).

EKONOMI | 30 Januari 2023

BI Pastikan Proof of Concept Rupiah Digital Terbit Juli 2023

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, Bank Indonesia sudah melakukan pertemuan dengan pemain-pemain potensial untuk menjadi wholesaler rupiah digital.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Cegah Kelangkaan, Pemerintah Siapkan 450.000 Ton Minyak Goreng Minyakita

Mendag Zulkifli Hasan mengatakan penambahan stokminyak goreng curah Minyakita ini dilakukan dengan melibatkan sekitar 30 produsen.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Kemenaker Harap Anak Muda Berkontribusi dalam Pembangunan Ekonomi

Muchammad Yusuf selaku Chief Pusat Pasar Kerja mengatakan sebanyak 70 persen angkatan kerja di Indonesia diisi oleh generasi muda.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Pengesahan RUU PPRT Beri Kepastian Hukum Pekerja Rumah Tangga

Kemen PPPA menilai RUU PPRT dapat memberikan kepastian hukum serta kejelasan tugas dan tanggung jawab pekerja, pemberi kerja serta penyalur tenaga kerja.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Kemenaker Ungkap Alasan Penetapan RUU PPRT Perlu Dipercepat

Kemenaker menegaskan pentingnya percepatan pengesahan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT) sebagai undang-undang (UU).

EKONOMI | 30 Januari 2023

BPJS Kesehatan Diharapkan Tetap Independen di Bawah Presiden

Tulus menegaskan, BPJS Kesehatan harus tetap berada di bawah presiden, sehingga sebagai lembaga publik tetap independen.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Dirut BPJS Kesehatan: Indonesia Lebih Cepat Capai UHC

Dirut BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti menyampaikan, program JKN sudah melindungi 248,7 juta jiwa atau sekitar 90% dari total penduduk Indonesia.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Viral Pesan BPJS Kesehatan Bagikan Hadiah, Dirut: Itu Hoax

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti menegaskan, pesan beredar yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan tersebut adalah hoax.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Menpan RB: 11.000 ASN Pindah ke IKN Nusantara Tahun Depan

Anas memastikan kementerian dan lembaga negara yang berkaitan dengan ekonomi dan bisnis tidak ikut pindah ke IKN Nusantara.

EKONOMI | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mudahkan Nasabah, Blu by BCA Digital Terkoneksi MRT Jakarta

Mudahkan Nasabah, Blu by BCA Digital Terkoneksi MRT Jakarta

EKONOMI | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE