Logo BeritaSatu

Erick Thohir: Generasi Muda Harus Jadi Pemain, Bukan Penonton

Selasa, 29 November 2022 | 15:04 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / FER

Tangerang, Beritasatu.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengatakan, generasi muda Indonesia harus menjadi pemain di era digital saat ini dan bukan hanya penonton saja.

Hal itu ditegaskan Erick Thohir saat memberikan materi dalam seminar nasional bertajuk "Intelektualitas dan Integritas Generasi Muda: Investasi Masa Depan Kepemimpinan Nasional" di kampus Universitas Pelita Harapan (UPH), Tangerang, Selasa (29/11/2022).

Advertisement

Menurut Erick, situasi perekonomian Indonesia akan sangat bagus kedepannya. Hal ini tinggal bagaimana generasi muda mengisinya karena sudah eranya bagaimana bergerak memastikan ekonomi terus semakin maju dan terjaga.

"Isu kesenjangan lapangan pekerjaan ini harus diintervensi, dengan salah satunya tidak hanya dengan program pemerintah, tetapi bagaimana menyiapkan generasi muda yang siap pakai," ungkapnya.

Erick mengatakan, jangan sampai bangsa Indonesia yang populasinya besar hanya menjadi pasar dan sumber daya alam (SDA)-nya saja. Namun bagaimana mempersiapkan manusianya yang kedepan harus bisa melakukan adaptasi dengan segala perubahan.

Dikatakan, sumber daya alam (SDA) Indonesia terbilang luar biasa bermanfaat untuk bangsa. Namun sayang, sejak dahulu dieksploitasi untuk kepentingan bangsa lain. Begitu juga dengan pembukaan lapangan kerja dan perekonomian.

"Hari ini kita harus dipastikan hilirisasi dan industrialisasi terjadi di Indonesia. Pasar kita besar, tetapi jangan sampai digital ekonomi mendatang yakni pada 2030 yang akan mencapai 4.500 triliun terbesar di Asia Tenggara, jadi penonton saja," tegas Erick.

Pasar yang besar tersebut, jelas Erick Thohir, harus dipastikan untuk kebutuhan bangsa Indonesia juga. "Kita tidak lagi mengandalkan sumber daya alam dan pasar saja, perlu ada pengembangan sumber daya manusia menjadi sebuah keunggulan dengan menciptakan leadership atau kepemimpinan yang berintegritas dan lainnya," urainya.

Dikatakan, sebuah usaha UMKM yang migrasi ke digital, artinya ada inovasi dan adaptasi. Pertumbuhan ekonomi berdasarkan kemampuan manusia berinovasi. Yang namanya SDA dihilirisasi karena kemampuan manusia. Contohnya, nikel menjadi baterai. Lalu kelapa sawit menjadi minyak goreng dan bahan kosmetik serta lainnya.

Baca selanjutnya
Terkait ekonomi digital, kata Erick Thohir, Indonesia harusnya bisa membuat game ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Cegah Kelangkaan, Pemerintah Siapkan 450.000 Ton Minyak Goreng Minyakita

Mendag Zulkifli Hasan mengatakan penambahan stokminyak goreng curah Minyakita ini dilakukan dengan melibatkan sekitar 30 produsen.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Kemenaker Harap Anak Muda Berkontribusi dalam Pembangunan Ekonomi

Muchammad Yusuf selaku Chief Pusat Pasar Kerja mengatakan sebanyak 70 persen angkatan kerja di Indonesia diisi oleh generasi muda.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Pengesahan RUU PPRT Beri Kepastian Hukum Pekerja Rumah Tangga

Kemen PPPA menilai RUU PPRT dapat memberikan kepastian hukum serta kejelasan tugas dan tanggung jawab pekerja, pemberi kerja serta penyalur tenaga kerja.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Kemenaker Ungkap Alasan Penetapan RUU PPRT Perlu Dipercepat

Kemenaker menegaskan pentingnya percepatan pengesahan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT) sebagai undang-undang (UU).

EKONOMI | 30 Januari 2023

BPJS Kesehatan Diharapkan Tetap Independen di Bawah Presiden

Tulus menegaskan, BPJS Kesehatan harus tetap berada di bawah presiden, sehingga sebagai lembaga publik tetap independen.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Dirut BPJS Kesehatan: Indonesia Lebih Cepat Capai UHC

Dirut BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti menyampaikan, program JKN sudah melindungi 248,7 juta jiwa atau sekitar 90% dari total penduduk Indonesia.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Viral Pesan BPJS Kesehatan Bagikan Hadiah, Dirut: Itu Hoax

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti menegaskan, pesan beredar yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan tersebut adalah hoax.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Menpan RB: 11.000 ASN Pindah ke IKN Nusantara Tahun Depan

Anas memastikan kementerian dan lembaga negara yang berkaitan dengan ekonomi dan bisnis tidak ikut pindah ke IKN Nusantara.

EKONOMI | 30 Januari 2023

BPJS Kesehatan Catat Dana Jaminan Sosial Surplus Rp 56,51 Triliun

BPJS Kesehatan mencatat aset bersih dana jaminan sosial atau DJS dalam program jaminan kesehatan nasional (JKN) surplus Rp 56,51 triliun di akhir 2022.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Menpan RB: Regsosek Mudahkan Upaya Penurunan Kemiskinan

Menpan RB, Abdullah Azwar Anas mengatakan, integrasi data registrasi sosial ekonomi (Regsosek) mempermudah langkah pemerintah untuk menurunkan kemiskinan.

EKONOMI | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Cegah Kelangkaan, Pemerintah Siapkan 450.000 Ton Minyak Goreng Minyakita

Cegah Kelangkaan, Pemerintah Siapkan 450.000 Ton Minyak Goreng Minyakita

EKONOMI | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE