Logo BeritaSatu

Ekspansi Usaha, Cerestar Rambah Bisnis Bahan Pakan Ternak

Selasa, 29 November 2022 | 16:00 WIB
Oleh : Zsazya Senorita / FER

Jakarta, Beritasatu Bisnis - PT Cerestar Indonesia Tbk (TRGU) akan mengembangkan perdagangan di bisnis bahan pakan ternak. Emiten produsen tepung olahan gandum yang merupakan bagian dari Cerestar Group ini, mengaku serius melakukan diversifikasi usaha dengan mengembangkan perdagangan bahan pakan ternak melalui anak perusahaan PT Agristar Grain Industry (AGY).

Sebelumnya, anak perusahaan yakni Harvestar Flour Mills (HFM) sukses memanfaatkan dan menjual produk samping tepung sebagai bahan pakan ternak yaitu tepung untuk hewan. Selama ini, HFM telah memproduksi dan menjual tepung untuk hewan dengan merek Starfish.

Advertisement

Direktur Utama Cerestar Indonesia Indra Irawan mengatakan, perseroan mengembangkan bisnis melalui perencanaan jangka panjang dengan penuh kehati-hatian. Sebelum mengeksekusi langkah yang lebih serius dan memulai pengembangan trading bisnis bahan pakan ternak ini, perseroan telah melalui proses persiapan yang panjang selama bertahun-tahun.

"Sekalipun bisnisnya sendiri baru akan mulai beroperasi secara komersial tahun depan, tetapi AGY sudah didirikan sejak 2008,” ungkap Indra Irawan, di Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Melalui AGY, TRGU sedang mengembangkan perdagangan di bisnis bahan pakan ternak yaitu jual beli soybean meal (SBM) atau biasa disebut bungkil kedelai dan distillers dried grains with soluble (DDGS).

Jenis bisnis yang akan dilakukan AGY adalah impor serta repack soybean meal dan DDGS. Setelah dikemas, bahan pakan ternak tersebut akan didistribusikan oleh anak usaha TRGU di bidang distribusi yaitu Agristar Grain Indonesia (AGI).

Dengan menggunakan dana hasil penawaran perdana saham kepada publik atau IPO, TRGU saat ini sedang membangun fasilitas gudang dan pengemasan bahan pakan ternak AGY di daerah Cilegon. Pembangunan fasilitas tersebut diharapkan selesai pada kuartal I-2023 dan mulai beroperasi secara komersial pada kuartal II-2023.

Total dana yang dialokasikan untuk pembangunan fasilitas gudang dan pengemasan tersebut mencapai Rp 100 miliar. Proyek pengembangan bisnis jual beli bahan pakan ternak ini diharapkan akan meningkatkan keunggulan dan ketangguhan bisnis TRGU.

"Perseroan sendiri saat ini memiliki keunggulan kompetitif karena selalu konsisten dalam menghadirkan produk berkualitas tinggi. Selain itu, sebagai bagian dari Cerestar Group, TRGU memiliki efisiensi cukup tinggi karena secara grup dapat membeli bahan baku dalam jumlah besar sehingga mendapatkan harga kompetitif,” terang Indra.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Masih Berkeliaran, Satgas Waspada Investasi Blokir 50 Pinjol Ilegal

Tongam menegaskan, Satgas Waspada Investasi terus menindaklanjuti pengaduan masyarakat korban pinjaman online atau pinjol ilegal.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Manajemen Kartu Prakerja Gelar Seleksi Lembaga Pelatihan

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja menilai, semakin banyaknya penyedia pelatihan memungkinkan terjadinya persaingan sehat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Good Ponsel Angels Perkuat Penetrasi Pemasaran Digital

Gebrakan pemasaran digital yang dilakukan Good Ponsel Angels ternyata sangat efektif, sehingga menjadi salah satu lini bisnis baru yang menjanjikan.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ramai Peminat, Sukuk CIMB Niaga Finance Oversubscribed 4,6 Kali

Penawaran umum sukuk wakalah CIMB Niaga Finance mencatat kelebihan permintaan atau oversubscribed hingga 4,6 kali.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ini Alasan Kenapa Pemerintah Larang Ekspor Listrik EBT

Pemerintah akan melakukan penghentian ekspor listrik dengan Energi Baru Terbarukan (EBT) guna menjaga ketahanan energi di Indonesia.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Sri Mulyani Sebut Rasio Utang Indonesia 39,57% Sehat

Menkeu Sri Mulyani menyatakan, rasio utang ke produk domestik bruto (PDB) sebesar 39,57 persen sebenarnya masih sehat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

LNSW Terbitkan 425 Persetujuan Ekspor Per 1 Februari 2023

Berdasarkan data sistem neraca komoditas, Lembaga National Single Window (LNSW) telah menerbitkan 425 persetujuan ekspor hingga 1 Februari 2023.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Raih SOC QSCS, BKI Buktikan Mampu Bersaing di Kancah Global

Pencapaian ini penting bagi BKI sebagai langkah awal terhadap pemenuhan kriteria untuk dapat diterima sebagai anggota IACS.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Sri Mulyani Anggarkan Rp 25,01 Triliun untuk Pemilu 2024

Menurut Sri Mulyani, pagu anggaran pemilu senilai Rp 25,01 triliun pada 2022 dan 2023 masih bersifat sementara karena untuk tahun 2024 masih dalam perhitungan.

EKONOMI | 3 Februari 2023

2023 Penuh Tantangan, Airin Bidik Ekosistem Logistik Laut

Dimas menegaskan, jalur laut Indonesia memegang peran penting dalam ekosistem logistik dan perdagangan dunia.

EKONOMI | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Masih Berkeliaran, Satgas Waspada Investasi Blokir 50 Pinjol Ilegal

Masih Berkeliaran, Satgas Waspada Investasi Blokir 50 Pinjol Ilegal

EKONOMI | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE