Logo BeritaSatu

Wamenkeu Ungkap 4 Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru, Apa Saja?

Selasa, 29 November 2022 | 16:30 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan di tengah gejolak perekonomian global yang terjadi pemerintah terus berupaya melakukan reformasi struktural untuk menemukan sumber pertumbuhan ekonomi baru.

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Suahasil Nazara mengatakan, pemerintah sudah menentukan empat sumber pertumbuhan ekonomi baru, yang akan terus dioptimalkan terhadap peningkatan laju perekonomian dalam negeri.

Advertisement

“Kita harus bikin perencanaan, ketika bikin perencanaan kita cari titik-titik reformasi. Penentuan titik reformasi ini tujuannya mencari sumber pertumbuhan ekonomi baru untuk Indonesia,” ucap Suahasil Nazara dalam acara Wealth Wisdom di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Menurut Suahasil, sumber pertumbuhan ekonomi yang pertama yaitu, meningkatkan penggunaan produk barang dan jasa dalam negeri, khususnya yang dibuat oleh UMKM dan perusahaan dalam negeri. Langkah ini diharapkan bisa berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Adanya penggunaan produk dalam negeri akan meningkatkan penyerapan hasil produksi dalam negeri yang akan berujung pada peningkatan laju perekonomian dalam negeri.

"Kalau kita ingin sumber pertumbuhan baru, penggunaan produksi dalam negeri, ini kunci kita ke depan. Mendorong produksi dalam negeri dan menggunakan unit usaha dalam negeri dalam kehidupan proses produksi di kehidupan kita sehari-hari. Ini sangat-sangat kuat untuk Indonesia," ucap Suahasil.

Kedua, hilirisasi produk ekspor dari komoditas sumber daya alam (SDA). Dari sisi fiskal upaya hilirisasi dilakukan melalui pemberian insentif pajak hingga relaksasi impor. Semua insentif tersebut diberikan dengan tujuan untuk mempermudah investor melakukan hilirisasi,

“Posisi pemerintah adalah ingin melihat sumber pertumbuhan ekonomi baru, berbagai macam fasilitas alat fiskal bisa memberikan macam fasilitas karena seluruh alat fiskal kita, kita pakai untuk mendorong hilirisasi sumber daya alam di dalam negeri,” kata Suahasil.

Ketiga, melakukan transisi energi dari energi fosil ke energi baru terbarukan (EBT). Langkah melakukan transisi energi bukan hanya sekedar untuk mengantisipasi perubahan iklim dunia, tetapi menumbuhkan kegiatan ekonomi baru di Indonesia.

"Menjaga hutan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kalau kita menjaga hutan beberapa aktivitas sekarang sudah mulai.. Supaya menjaga hutan maka di desa-desa di sekelilingnya diberikan kegiatan pemberdayaan masyarakat supaya bisa ikut menjaga hutan tetap lestari,” kata Suahasil.

Keempat yaitu ekonomi digital, dalam kondisi pandemi Covid-19 telah mempercepat terjadinya reformasi pada ekonomi digital. Bidang ekonomi digital menimbulkan banyak ruang baru dalam kehidupan masyarakat. Banyak kegiatan masyarakat yang bisa dilakukan secara darin dan memberikan peluang baru bagi perekonomian.

“Ruang-ruang baru ini memunculkan kebutuhan wifi, kebutuhan internet. Nanti kita harus bicara mengenai apakah internet cukup merata di seluruh Indonesia, daerah mana yang harus diperkuat lagi. Ini bidang yang baru dan luar biasa,” kata Suahasil.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Airlangga: Pemerintah Inginkan Indonesia Jadi Pemain Global Komoditas

Pemerintah menargetkan Indonesia bisa menjadi global key player industri hilirisasi berbasis komoditas.

EKONOMI | 3 Februari 2023

OJK Sebut 11 Perusahaan Asuransi Masuk Pengawasan Khusus

Kepala Eksekutif Pengawas IKNB Ogi Prastomiyono menyampaikan, sebanyak 11 perusahaan asuransi masuk dalam kategori pengawasan khusus OJK.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Masih Berkeliaran, Satgas Waspada Investasi Blokir 50 Pinjol Ilegal

Tongam menegaskan, Satgas Waspada Investasi terus menindaklanjuti pengaduan masyarakat korban pinjaman online atau pinjol ilegal.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Manajemen Kartu Prakerja Gelar Seleksi Lembaga Pelatihan

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja menilai, semakin banyaknya penyedia pelatihan memungkinkan terjadinya persaingan sehat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Good Ponsel Angels Perkuat Penetrasi Pemasaran Digital

Gebrakan pemasaran digital yang dilakukan Good Ponsel Angels ternyata sangat efektif, sehingga menjadi salah satu lini bisnis baru yang menjanjikan.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ramai Peminat, Sukuk CIMB Niaga Finance Oversubscribed 4,6 Kali

Penawaran umum sukuk wakalah CIMB Niaga Finance mencatat kelebihan permintaan atau oversubscribed hingga 4,6 kali.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ini Alasan Kenapa Pemerintah Larang Ekspor Listrik EBT

Pemerintah akan melakukan penghentian ekspor listrik dengan Energi Baru Terbarukan (EBT) guna menjaga ketahanan energi di Indonesia.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Sri Mulyani Sebut Rasio Utang Indonesia 39,57% Sehat

Menkeu Sri Mulyani menyatakan, rasio utang ke produk domestik bruto (PDB) sebesar 39,57 persen sebenarnya masih sehat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

LNSW Terbitkan 425 Persetujuan Ekspor Per 1 Februari 2023

Berdasarkan data sistem neraca komoditas, Lembaga National Single Window (LNSW) telah menerbitkan 425 persetujuan ekspor hingga 1 Februari 2023.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Raih SOC QSCS, BKI Buktikan Mampu Bersaing di Kancah Global

Pencapaian ini penting bagi BKI sebagai langkah awal terhadap pemenuhan kriteria untuk dapat diterima sebagai anggota IACS.

EKONOMI | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hasto: Keluarnya 5 Nama Capres dari PDIP Itu Tidak Benar

Hasto: Keluarnya 5 Nama Capres dari PDIP Itu Tidak Benar

BERSATU KAWAL PEMILU | 23 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE