Logo BeritaSatu

PTBA Raih Penghargaan Asia Sustainability Reporting Rating 2022

Senin, 28 November 2022 | 14:50 WIB
Oleh : Freddy Wally / FW

Jakarta, Beritasatu.com - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) berhasil meraih trofi Gold dalam ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2022 yang digelar oleh National Center Sustainability Report (NCSR). Penyerahan penghargaan Laporan Keberlanjutan tingkat Asia yang mengangkat tema ekonomi sirkular ini berlangsung di Hotel Westin, Jakarta, Kamis (24/11).

Penilaian didasarkan pada tingkat kepatuhan pelaporan keberlanjutan terhadap standar Global Reporting Initiative (GRI). Para penilainya adalah sarjana independen dari 15 universitas di Indonesia dan 1 penilai dari University of Essex UK.

Advertisement

Board of Director NCSR Ali Darwin, Board of Director ICSP & Chairman of ASRRAT Eko Ganis Sukoharsono, Chairman Board of Trustee NCCR Bambang Brodjonegoro hadir dalam acara peyerahan penghargaan. Sedangkan manajemen PTBA diwakili oleh VP Sustainability PTBA Hartono, VP Keuangan Korporat PTBA Eko Prayitno, dan VP Sistem Manajemen Perusahaan & GCG Tri Ubaya Sakti.

Board of Director NCSR Ali Darwin mengatakan bahwa "Pathway To Circular Economy" yang menjadi tema ASRRAT tahun ini merupakan rangkaian dari Sustainability Practitioners Conference (SPC) ke-7. Tema ASRRAT kali ini sangat relevan dengan upaya untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

"Pelaksanaan pembangunan berkelanjutan harus dikomunikasikan kepada publik melalui Laporan Keberlanjutan. Sejauh mana suatu entitas berkontribusi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) serta pencapaian kinerja ESG-nya, semuanya dapat dipertanggungjawabkan dalam Laporan Keberlanjutan," kata Ali.

Sementara Chairman Board of Trustee NCCR Bambang Brodjonegoro menjelaskan, ekonomi sirkular akan mendorong 4,4 juta penciptaan lapangan kerja bersih hingga tahun 2030, di mana 75 persen dari pekerjaan ini adalah untuk perempuan. Transisi ke praktik ekonomi sirkular akan meningkatkan PDB Indonesia sebesar Rp 593–638 triliun atau setara dengan 2,3–2,5 persen PDB pada tahun 2030.

"Namun, untuk mewujudkan hal ini, tentu saja memerlukan kerja sama yang ambisius dengan melibatkan pemerintah, perusahaan, masyarakat sipil, lembaga keuangan dan organisasi penelitian," paparnya.

VP Sustainability PTBA Hartono mengatakan, penghargaan ini merupakan cerminan keberhasilan PTBA dalam menjalankan prinsip-prinsip keberlanjutan. Penerapan konsep investasi lingkungan, sosial, dan tata kelola (Environment, Social, and Governance/ESG) akan terus diperkuat agar kinerja perusahaan semakin positif.

"Dalam menjalankan kegiatan operasional, PTBA senantiasa mengacu pada Good Mining Practice dan berkomitmen untuk terus berkontribusi kepada masyarakat. Capaian ini akan terus ditingkatkan untuk mewujudkan visi PTBA menjadi perusahaan energi dan kimia kelas dunia yang peduli lingkungan," ujarnya.

ASRRAT 2022 tercatat diikuti oleh 50 perusahaan/organisasi. Penghargaan yang telah berjalan selama 18 tahun ini juga diikuti juga oleh negara lain, yaitu, Bangladesh, Filipina, Australia dan Rusia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Airlangga: Pemerintah Inginkan Indonesia Jadi Pemain Global Komoditas

Pemerintah menargetkan Indonesia bisa menjadi global key player industri hilirisasi berbasis komoditas.

EKONOMI | 3 Februari 2023

OJK Sebut 11 Perusahaan Asuransi Masuk Pengawasan Khusus

Kepala Eksekutif Pengawas IKNB Ogi Prastomiyono menyampaikan, sebanyak 11 perusahaan asuransi masuk dalam kategori pengawasan khusus OJK.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Masih Berkeliaran, Satgas Waspada Investasi Blokir 50 Pinjol Ilegal

Tongam menegaskan, Satgas Waspada Investasi terus menindaklanjuti pengaduan masyarakat korban pinjaman online atau pinjol ilegal.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Manajemen Kartu Prakerja Gelar Seleksi Lembaga Pelatihan

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja menilai, semakin banyaknya penyedia pelatihan memungkinkan terjadinya persaingan sehat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Good Ponsel Angels Perkuat Penetrasi Pemasaran Digital

Gebrakan pemasaran digital yang dilakukan Good Ponsel Angels ternyata sangat efektif, sehingga menjadi salah satu lini bisnis baru yang menjanjikan.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ramai Peminat, Sukuk CIMB Niaga Finance Oversubscribed 4,6 Kali

Penawaran umum sukuk wakalah CIMB Niaga Finance mencatat kelebihan permintaan atau oversubscribed hingga 4,6 kali.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ini Alasan Kenapa Pemerintah Larang Ekspor Listrik EBT

Pemerintah akan melakukan penghentian ekspor listrik dengan Energi Baru Terbarukan (EBT) guna menjaga ketahanan energi di Indonesia.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Sri Mulyani Sebut Rasio Utang Indonesia 39,57% Sehat

Menkeu Sri Mulyani menyatakan, rasio utang ke produk domestik bruto (PDB) sebesar 39,57 persen sebenarnya masih sehat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

LNSW Terbitkan 425 Persetujuan Ekspor Per 1 Februari 2023

Berdasarkan data sistem neraca komoditas, Lembaga National Single Window (LNSW) telah menerbitkan 425 persetujuan ekspor hingga 1 Februari 2023.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Raih SOC QSCS, BKI Buktikan Mampu Bersaing di Kancah Global

Pencapaian ini penting bagi BKI sebagai langkah awal terhadap pemenuhan kriteria untuk dapat diterima sebagai anggota IACS.

EKONOMI | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Begini Mekanisme Menonton Ajang F1 Powerboat

Begini Mekanisme Menonton Ajang F1 Powerboat

SPORT | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE