Logo BeritaSatu

Selamat! Ini Dia Daftar Pemenang Kompetisi Bukit Asam Innovation Awards 2022 Greenovator

Senin, 28 November 2022 | 20:41 WIB
Oleh : Freddy Wally / FW

Bogor, Beritasatu.com - PT Bukit Asam Tbk (PTBA), anggota dari holding BUMN pertambangan MIND ID, mengumumkan pemenang kompetisi teknologi dekarbonisasi Bukit Asam Innovation Awards 2022 (BAIA 2022) Greenovator. Mengusung tema dekarbonisasi, kompetisi ini terdiri dari 2 kategori yakni carbon reduction dan carbon capture, utilization, and storage (CCUS).

“Carbon reduction dan CCUS menjadi alternatif teknologi untuk mendukung tersedianya energi yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan, sehingga penting untuk dikembangkan,” ujar Direktur Utama PTBA Arsal Ismail dalam acara penganugerahan yang digelar di Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/11/2022).

Advertisement

Arsal menambahkan kompetisi BAIA 2022 Greenovator merupakan upaya dekarbonisasi yang dilakukan PTBA dengan mengundang kontribusi riset dan inovasi teknologi dekarbonisasi anak bangsa di bidang aktivitas pertambangan batu bara untuk mencapai target Net Zero Emission (NZE) Indonesia di 2060 atau lebih awal.

Kompetisi BAIA 2022 Greenovator diluncurkan pada 22 Maret 2022 lalu. Setelah diluncurkan, kompetisi ini melewati sejumlah rangkaian, mulai dari roadshow dan workshop, penyampaian karya inovasi, screening, pembekalan peserta, presentasi karya, verifikasi lapangan, hingga penetapan pemenang.

Penilaian dilakukan oleh dewan juri yang kompeten di bidang teknologi energi, yaitu Ir Nanang Untung, IPU., Dr Ir Unggul Priyanto, MSc, Dr Ir Andang Bachtiar, Prof Ir Renanto, MSc, PhD, Ir Utjok W.R. Siagian, MSc, Ph.D, dan Ir. Dadan Ruswandana, MEng.

Sebanyak 782 kelompok terdaftar dalam kompetisi ini. Adapun karya inovasi yang diunggah mencapai total 90 karya yang terdiri dari 44 karya kategori CCUS dan 46 karya kategori Carbon Reduction. Para peserta berasal dari berbagai perguruan tinggi dan lembaga penelitian di seluruh Indonesia.

Masing-masing kategori memperebutkan 5 posisi juara. Kendati demikian, Ketua Dewan Juri BAIA Greenovator, Ir. Nanang Untung, IPU. menjelaskan untuk kategori CCUS, dewan juri menetapkan tidak ada karya inovasi yang menempati posisi pertama dikarenakan belum adanya karya yang memenuhi passing grade.

“Hal ini menjadi catatan sekaligus perhatian bagi kita bersama mengenai masih kompleksnya pengembangan teknologi CCUS di Indonesia. Namun, kita tentunya kita akan terus memantik dan memotivasi para periset dan inovator Indonesia dalam mengembangkan teknologi CCUS ke depannya,” tambahnya.

Sebelumnya, sebagai bentuk integrasi, kompetisi BAIA 2022 Greenovator merupakan bagian dari BIGMIND Innovation Award 2022 yang diadakan oleh holding BUMN pertambangan, Mining Industry Indonesia (MIND ID).

Berikut daftar lengkap karya inovasi dan pemenang BAIA 2022 Greenovator.

Kategori Carbon Reduction

Juara 1 : Integrasi Proses Pirolisis Biomassa dan Pengeringan Batubara untuk Bahan Bakar Co-Firing di PLTU oleh Arka Energi dari KSO BBPMB tekMIRA – PT Arka Energi Rekacipta

Juara 2 : Perdagangan Karbon (Carbon Trading/Carbon Tax) di Kantor Gerakan Ciliwung Bersih dari Hasil Proses Pengolahan Sampah Organik dan Residu Biomassa Menjadi Bahan Bakar Terbarukan Padat (Solid Renewable Fuel) dan Pemanfaatannya sebagai Campuran dan/atau Substitusi Energi Fosil oleh Startup Company Comestoarra.com dari PT Comestoarra Bentarra Noesantarra

Juara 3 : Batubara (Coalite) untuk Bahan Prekursor Anoda karbon Baterai Li-Ion sebagai Salah Satu Kunci Strategis Perwujudan Dekarbonisasi oleh Riset for Anoda dari PT Bukit Asam Tbk dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

Juara 4 : Global Warming Mitigation Melalui Inovasi Teknologi Co-Pirolisis Dua Tahap Berkatalis Alam Kapasitas 1 Ton/Hari dari Campuran BC-SPP untuk Produksi O-Synthec sebagai Substitusi Bahan Bakar bagi Industri dan PLTU oleh Symaga Energy Indonesia dari Universitas Pendidikan Indonesia

Juara 5 : Produksi Metanol Berbasis Fotokatalisis Reduksi Karbon Dioksida sebagai Upaya Realisasi Target Net Zero Emission 2060 oleh PhotoYES! dari Institut Teknologi Bandung

Kategori CCUS

Juara 2 : Adsorben Karbon Aktif untuk Penangkapan CO2 pada PLTU dengan Metode Moving Bed Thermal Swing Adsorption (MBTSA) oleh MBTSA Carbon Capture dari Pusat Riset Sumber Daya Geologi BRIN

Juara 3 : Pemanfaatan Membran Komposit Berbasis Zeolite Tertemplate Karbon untuk Mengurangi Emisi Karbon di PT Bukit Asam Tbk oleh Carbonize ITS dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Juara 4 : Pengolahan Gas Karbon Dioksida dengan Proses Biologi Menggunakan MikroAlga Chlorella sp. oleh BioDipo dari C BIORE Universitas Diponegoro

Juara 5 : Inovasi Penjerapan Emisi Karbon Dioksida (CO2) dengan Silika Mesopori Termodifikasi Kitosan pada Syngas Hasil Gasifikasi Batubara oleh Silviana CCUS dari Unit Laboratorium AMaL Universitas Diponegoro



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

IHSG Hari Ini 3 Februari 2023 Dibuka ke Zona Positif

IHSG di BEI pada perdagangan hari ini Jumat (3/2/2023) dibuka naik di tengah bervariasinya bursa saham Amerika Serikat (AS).

EKONOMI | 3 Februari 2023

Kemenaker Bingung Masih Ada Karyawan Lembur Tidak Dibayar

Kemenaker bingung atas pemberitaan seorang karyawan perempuan yang menuntut haknya karena telah bekerja lembur.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Minat Tinggi! 90 Investor Tertarik Bangun IKN, Bidang Apa?

Otorita IKN menyatakan minat investor membangun di IKN tinggi, bahkan kelebihan permintaan (oversubscribed). 

EKONOMI | 3 Februari 2023

7 Gerai Transmart Tutup, Ini Rapor Keuangan Emiten Ritel

Sebanyak tujuh gerai hipermarket PT Trans Retail Indonesia atau Transmart milik pengusaha Chairul Tanjung tutup permanen karena sepi pengunjung.

EKONOMI | 3 Februari 2023

854 Pemegang Polis Wanaartha Daftar Penagihan ke Tim Likuidasi

Sebanyak 854 pemegang polis Asuransi Wanaartha Life telah mendaftarkan tagihan kepada Tim Likuidasi.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Dear Nasabah! Ada Titik Cerah Penyehatan Bumiputera Lo

Penyehatan keuangan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 (AJBB) mencapai titik cerah, apa indikatornya?

EKONOMI | 3 Februari 2023

Di Ujung Tanduk! Izin Kresna Life Terancam Dicabut OJK

OJK mengultimatum PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life) untuk menyelesaikan permasalahan keuangan yang kini dialami perusahaan.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Harga Emas Turun Tahta dari Puncak 9 Bulan karena Dolar

Harga emas turun hampir 2% karena pengautan dolar dan investor merealisasikan keuntungan setelah emas mencapai puncak 9 bulan.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Top 5 News: Harga Bawang Naik hingga Surya Paloh Komentari Reshuffle

Harga bawang merah melonjak dan harapan ibunda Bharada Bharada E agar divonis ringan merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

EKONOMI | 3 Februari 2023

MettaDC dan APJII Berkolaborasi Tingkatkan Kapasitas Infrastruktur Digital

Melalui data center yang terkoneksi pada aplikasi digital, Indonesia berpotensi menjadi pasar baru untuk teknologi maju

EKONOMI | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Mutasi Perwira


# Ganjar


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jika Tak Diberi Motor Bagus, Marc Marquez Ancam Tinggalkan Honda

Jika Tak Diberi Motor Bagus, Marc Marquez Ancam Tinggalkan Honda

SPORT | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE