Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Honeywell Komitmen Dukung Pembangunan IKN Nusantara

Rabu, 30 November 2022 | 00:04 WIB
Oleh : Fajar Widhiyanto / FER
Presiden Honeywell untuk Indonesia dan Filipina, Roy Kosasih.

Jakarta, Beritasatu.com - Honeywell menyatakan kesiapannya dalam mendukung Otorita IKN (Ibu Kota Negara) Nusantara untuk mewujudkan pembangungan dan pengelolaan ibu kota hutan yang cerdas dan berkelanjutan.

Presiden Honeywell untuk Indonesia dan Filipina, Roy Kosasih, menyatakan, Honeywell siap mendukung pengembangan IKN melalui teknologi dan solusi yang tepat agar membantu Otorita IKN dalam mengembangkan dan mengatur ibu kota baru yang cerdas dan berkelanjutan.

"Honeywell memiliki pengalaman yang luas dalam membantu kota-kota di penjuru dunia dalam menciptakan lingkungan perkotaan yang terhubung, aman, terlindungi, produktif, dan berkelanjutan dengan teknologi yang tepat," kata Roy Kosasih dalam forum diskusi yang digelar di Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Selain itu, kata Roy Kosasih, Honeywell juga mempunyai pengalaman yang panjang dalam mendukung pengusaha bangunan komersil di Indonesia agar gedung-gedung yang mereka kelola bisa lebih ramah lingkungan, efisien serta menjaga keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penghuninya.

Mengutip data International Energy Agency (IEA), bangunan komersil saat ini mengonsumsi lebih dari 36% energi global, dan menghasilkan 37% dari total emisi CO2 global, baik secara langsung maupun tidak langsung.

"Dengan biaya energi yang terus meningkat dibarengi tuntutan global untuk menurunkan emisi karbon, pengembangan kota baru harus dimulai dari bangunan yang berkelanjutan," tambahnya.

Menurut Roy Kosasih, sejumlah layanan dari Honeywell yang bisa dimanfaatkan dalam pengembangan ibu kota baru. Salah satunya, Honeywell Building Sustainability Manager yang didukung oleh aplikasi fitur Honeywell Forge, memungkinkan pengelola bangunan melacak dan mengoptimalkan kinerja energi gedung sesuai target pengurangan karbon.

"Mereka secara terukur dapat mengurangi emisi karbon dan penggunaan energi, sekaligus menjaga kesehatan dan kenyamanan penghuninya. Dengan bangunan-bangunan yang berkelanjutan, IKN Nusantara akan lebih siap untuk menjadi kota yang cerdas," tegasnya.

Roy Kosasih menambahkan, kunci dari kota yang pintar dan berkelanjutan adalah penggunaan teknologi yang terhubung, terintegrasi dan otomatis. Di kota pintar, semua data dari beragam fungsi-fungsi perkotaan mengalir dalam sebuah jaringan yang terhubung.

Jaringan yang saling terintegrasi tersebut menghasilkan informasi operasional kota yang holistik dan berbasis data sehingga memungkinkan warga dan pemerintah untuk bersama-sama mengatasi beragam tantangan sosial yang ada dalam linkungan kota.

"Penggunaan teknologi yang tepat akan mewujudkan pengelolaan kota yang tepat juga. Hal ini mencakup manajemen energi yang lebih baik dan lebih efisien, peningkatan keselamatan publik dengan kemampuan tanggap darurat yang lebih cepat dan akurat, manajemen lalu lintas dan transportasi yang lebih efisien dan efektif, manajemen utilitas publik, termasuk sampah, air, dan limbah, serta meningkatkan keterlibatan warga," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI