Logo BeritaSatu

Pertamina SMEXPO 2022 Dukung UMKM Binaan Naik Kelas

Rabu, 30 November 2022 | 00:21 WIB
Oleh : Ricky Putra Harahap / FER

Jakarta, Beritasatu.com - PT Pertamina (Persero) untuk ketiga kalinya menggelar SMEXPO. Pertamina SMEXPO 2022 mengusung konsep hybrid, artinya tidak hanya digelar secara online tapi juga offline. Tahun ini, Pertamina SMEXPO mengusung tema Asli Indonesia, Asli Kerennya.

Tercatat, sebanyak 500 UMKM binaan Pertamina akan berpartisipasi secara online maupun offline dalam Pertamina SMEXPO 2022. Selain itu, sejumlah investor dikabarkan akan ikut serta untuk menanamkan investasinya di beberapa UMKM binaan Pertamina.

Advertisement

Berdasarkan pantauan B-Universe, Selasa (29/11/2022), sebanyak 35 UMKM binaan Pertamina hadir secara offline di Mall FX Sudirman, Jakarta Pusat. Mereka memamerkan produk unggulan, mulai dari fashion, kosmetik, makanan, aksesoris, kerajinan tangan dan lain sebagainya.

Peserta UMKM binaan Pertamina mengaku sangat terbantu dengan adanya SMEXPO 2022. Pasalnya, adanya pembinaan dan pelatihan yang dilakukan pertamina untuk meningkatkan omzet penjualan.

Pertamina SMEXPO 2022 Dukung UMKM Binaan Naik Kelas
Pertamina kembali menggelar SMEXPO 2022, di mall FX Sudirman, Jakarta Pusat.

Pemilik UMKM Batik Bantul, Budi, mengaku beruntung dilatih oleh Pertamina dari segi penjualan produk melalui pemanfaatan media sosial (Medsos).

"Selaku UMKM batik, pertama dari permodalan yang jelas karena saya menjadi mitra. Kedua saya juga dilatih baik cara penggunaannya media sosial baik IG Facebook maupun Tik Tok selalu dibina oleh Pertamina. Saya juga diikutsertakan berbagi pameran-pameran yang diadakan oleh Pertamina," kata Budi.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Ismail, selaku pemilik Bali Honey, UMKM yang menjual madu asli. Bahkan di hari pertama digelar secara offline, Bali Honey telah mendapatkan calon investor yang nantinya akan berinvestasi.

"Pameran hari ini bagi saya luar biasa karena hari ini, saya dapat potensial buyer yang besar. Kemudian, ada calon investor yang berniat menanamkan modal di perusahaan kami," kata Ismail.

Ismail menambahkan, pencapaian yang dihasilkan Bali Honey melalui pameran ini, tentunya sangat membanggakan bagi kalangan pelaku UMKM, sekaligus merupakan upaya untuk naik kelas.

"Pertamina sendiri punya banyak sekali program yang bisa memberdayakan UMKM, mengangkat produk kita, serta membantu branding produk UMKM binaan," pungkas Ismail.

Sebagai informasi, pameran Pertamina SMEXPO 2022 sendiri akan berlangsung hingga 4 Desember 2022 mendatang. Selain menghadirkan produk yang menarik, pengunjung juga bisa mengikuti rangkaian talk show dan workshop dengan tema yang beragam dan menarik.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Uang Kripto Kraken Tutup Kantor di Abu Dhabi

Uang kripto Kraken telah menutup kantornya di Abu Dhabi kurang dari setahun setelah mendapatkan lisensi di wilayah tersebut.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Susut 0,18 Persen, Premi Industri Asuransi Tembus Rp 283,91 T

Industri asuransi komersial menutup tahun 2022 dengan akumulasi pendapatan premi Rp 283,91 triliun atau turun tipis 0,18% dibandingkan pencapaian tahun 2021.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Bahlil Sebut Ekonomi Hijau Jadi Fokus Utama Transisi Energi

Bahlil menyatakan, salah satu fokus pemerintah adalah membangun ekonomi hijau baik melalui transisi energi maupun investasi berkelanjutan.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Mortindo Bidik Peluang Proyek Infrastruktur IKN Nusantara

Direktur Mortindo, Budi Santoso mengatakan, pembangunan IKN Nusantara menjadi peluang bagi perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi dan infrastruktur.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Bahlil Tetapkan Delapan Sektor Prioritas Hilirisasi

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menetapkan delapan sektor prioritas hilirisasi yang memiliki nilai US$ 545,3 miliar.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Setelah Tutup Tujuh Gerai, Ini Rencana Bisnis Transmart

Setelah menutup tujuh gerainya secara bertahap selama masa pandemi Covid-19, manajemen Transmart memastikan akan berlari lebih kencang.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Transmart Tutup Tujuh Gerai, Manajemen: Ini Langkah Efisiensi

Vice President Corporate Communication Transmart Satria Hamid menyampaikan, Transmart tutup tujuh gerai secara permanen merupakan langkah efisiensi.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Pemerintah Siapkan 2 Strategi Antisipasi Lonjakan Harga Pangan Jelang Lebaran

Pemerintah telah menyiapkan strategi antisipasi lonjakan harga pangan yang biasanya terjadi menjelang Ramadan dan Lebaran.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Mendag Minta Bulog Distribusikan Beras Langsung ke Pasar

Mendag Zulkifli Hasan meminta Perum Bulog untuk dapat mendistribusikan beras langsung ke penjual dan pengecer tanpa melalui perantara.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Segera IPO, Simak Laporan Keuangan Solusi Kemasan Digital

PT Solusi Kemasan Digital berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan mencapai 40,97% menjadi Rp 26,22 miliar per 31 Juli 2022

EKONOMI | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Harga Bawang


# Koalisi Indonesia Bersatu


# Bunda Corla


# Serial Killer


# Penculikan Anak


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pria Berseragam ASN Aniaya Tukang Martabak di Bandar Lampung

Pria Berseragam ASN Aniaya Tukang Martabak di Bandar Lampung

NEWS | 43 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE