Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Pertamina SMEXPO 2022 Dukung UMKM Binaan Naik Kelas

Rabu, 30 November 2022 | 00:21 WIB
Oleh : Ricky Putra Harahap / FER
Pertamina kembali menggelar SMEXPO 2022, di mall FX Sudirman, Jakarta Pusat.

Jakarta, Beritasatu.com - PT Pertamina (Persero) untuk ketiga kalinya menggelar SMEXPO. Pertamina SMEXPO 2022 mengusung konsep hybrid, artinya tidak hanya digelar secara online tapi juga offline. Tahun ini, Pertamina SMEXPO mengusung tema Asli Indonesia, Asli Kerennya.

Tercatat, sebanyak 500 UMKM binaan Pertamina akan berpartisipasi secara online maupun offline dalam Pertamina SMEXPO 2022. Selain itu, sejumlah investor dikabarkan akan ikut serta untuk menanamkan investasinya di beberapa UMKM binaan Pertamina.

Berdasarkan pantauan B-Universe, Selasa (29/11/2022), sebanyak 35 UMKM binaan Pertamina hadir secara offline di Mall FX Sudirman, Jakarta Pusat. Mereka memamerkan produk unggulan, mulai dari fashion, kosmetik, makanan, aksesoris, kerajinan tangan dan lain sebagainya.

Peserta UMKM binaan Pertamina mengaku sangat terbantu dengan adanya SMEXPO 2022. Pasalnya, adanya pembinaan dan pelatihan yang dilakukan pertamina untuk meningkatkan omzet penjualan.

Pertamina kembali menggelar SMEXPO 2022, di mall FX Sudirman, Jakarta Pusat.

Pemilik UMKM Batik Bantul, Budi, mengaku beruntung dilatih oleh Pertamina dari segi penjualan produk melalui pemanfaatan media sosial (Medsos).

"Selaku UMKM batik, pertama dari permodalan yang jelas karena saya menjadi mitra. Kedua saya juga dilatih baik cara penggunaannya media sosial baik IG Facebook maupun Tik Tok selalu dibina oleh Pertamina. Saya juga diikutsertakan berbagi pameran-pameran yang diadakan oleh Pertamina," kata Budi.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Ismail, selaku pemilik Bali Honey, UMKM yang menjual madu asli. Bahkan di hari pertama digelar secara offline, Bali Honey telah mendapatkan calon investor yang nantinya akan berinvestasi.

"Pameran hari ini bagi saya luar biasa karena hari ini, saya dapat potensial buyer yang besar. Kemudian, ada calon investor yang berniat menanamkan modal di perusahaan kami," kata Ismail.

Ismail menambahkan, pencapaian yang dihasilkan Bali Honey melalui pameran ini, tentunya sangat membanggakan bagi kalangan pelaku UMKM, sekaligus merupakan upaya untuk naik kelas.

"Pertamina sendiri punya banyak sekali program yang bisa memberdayakan UMKM, mengangkat produk kita, serta membantu branding produk UMKM binaan," pungkas Ismail.

Sebagai informasi, pameran Pertamina SMEXPO 2022 sendiri akan berlangsung hingga 4 Desember 2022 mendatang. Selain menghadirkan produk yang menarik, pengunjung juga bisa mengikuti rangkaian talk show dan workshop dengan tema yang beragam dan menarik.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI