Logo BeritaSatu

Pendidikan Luar Negeri Bisa Bantu Dongkrak Ekonomi RI

Rabu, 30 November 2022 | 06:31 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Singapura, Beritasatu.com - Indonesia bisa mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul lewat pendidikan luar negeri. Adanya angkatan kerja yang kompetitif bisa berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh British Council Indonesia Country Director Summer Xia di sela-sela konferensi Going Global Asia-Pacific 2022 pada Selasa (29/11/2022).

Indonesia menargetkan menjadi negara maju dan salah satu dari 5 ekonomi terbesar dunia pada tahun 2045. Menurut Summer, riset menunjukkan bahwa pengalaman kuliah di luar negeri bisa membantu seseorang cepat mendapatkan pekerjaan yang layak.

Advertisement

“Karena mereka bisa mengambil manfaat dari sistem pendidikan negara lainnya seperti di Inggris, misalnya. Ini tentunya akan menjadikan generasi masa depan Indonesia lebih kompetitif dan mudah terserap dunia kerja. Sehingga kontribusi mereka terhadap pertumbuhan ekonomi negara bisa lebih besar," jelas Summer.

Pengembangan SDM lewat pendidikan luar negeri, lanjut Summer, ini juga sejalan dengan harapan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Presiden Jokowi dalam pidato kenegaraannya menyebutkan bahwa Indonesia harus fokus pada pengembangan SDM. Pertumbuhan ekonomi itu membutuhkan SDM yang handal. Untuk itu, para mahasiswa perlu memiliki pengalaman dan kualifikasi agar dapat menerapkan keahliannya, sehingga bisa berkontribusi terhadap berbagai sektor di masyarakat,” kata Summer.

Summer menambahkan kerja sama antara Inggris-Indonesia di bidang pendidikan tinggi juga membantu kampus-kampus di Indonesia untuk menarik mahasiswa-mahasiswa asing untuk belajar di Indonesia.

“Pengalaman mereka (mahasiswa Indonesia, red) dan program-program yang dijalankan British Council untuk memupuk kerja sama Indonesia-Inggris di bidang pendidikan tinggi, itu berarti universitas-universitas Indonesia juga meningkatkan kualitasnya dalam pendidikan. Serta kampus (di Indonesia, red) pun bisa meningkatkan ranking-nya di dunia. Jadi, mereka bisa menggaet lebih banyak mahasiswa lagi untuk belajar di Indonesia,” ujar Summer.

“Ini adalah salah satu hal yang pemerintah Inggris dukung lewat Turing Scheme yang memungkinkan mahasiswa Inggris kuliah di luar negeri, termasuk Indonesia. Ini akan menciptakan manfaat ekonomi langsung bagi Indonesia, dengan belajar langsung di Indonesia,” imbuhnya.

Summer mengatakan skema kerja sama antara dosen dan peneliti Indonesia-Inggris juga secara tidak langsung membantu pertumbuhan ekonomi.

“Mereka bisa menghasilkan solusi-solusi inovatif dan kreatif untuk mengatasi isu-isu mendesak seperti perubahan iklim, energi terbarukan. Jadi, kami bisa membantu mendukung sektor-sektor krusial ini yang bisa Indonesia kembangkan untuk mendongkrak ekonomi,” imbuh Summer.

Menurut Summer, lebih dari 3.000 mahasiswa Indonesia yang pergi ke Inggris untuk kuliah setiap tahunnya. Jurusan yang paling populer di kalangan mahasiswa Indonesia tersebut adalah teknik, ilmu komputer, dan bisnis. Namun, Summer menjelaskan mahasiswa Indonesia kini mulai tertarik dengan jurusan ilmu sosial.

“Mahasiswa Indonesia juga banyak yang minat pada jurusan di bidang industri kreatif dan ekonomi kreatif,” kata Summer.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bersaing di Pasar Roda Dua, Tangkas Motor Listrik Buka 5 Showroom

Tangkas Motor Listrik akan melaunching showroom di lima Kota di Indonesia dalam waktu satu pekan ke depan.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Mandiri Capital Masih Rajin Berburu Kandidat Startup

PT Mandiri Capital Indonesia (MCI), salah satu anak usaha Bank Mandiri di bidang modal ventura, masih berburu kandidat startup potensial.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Tingkatkan Kontribusi dan Beri Pelayanan Terbaik, PLN Siapkan 6 Strategi

PLN menyiapkan 6 strategi untuk membawa perusahaan melaju kencang pada 2023 ini. PLN memaparkan 6 strategi itu dalam RDP bersama Komisi VII DPR.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Teten: Revisi UU Koperasi Cegah Penjahat Keuangan Pindah

Teten Masduki mengatakan, rencana revisi Undang-undang (UU) Koperasi bertujuan mencegah penjahat keuangan di perbankan pindah ke koperasi.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Finalis Puteri Indonesia dari Papua Ini Metamorfosis Jadi Peternak Sukses

Maria Fransisca Tambingon, finalis Puteri Indonesia 2014 sukses membesarkan usaha peternakan ayam petelur bersama Papua Muda Inspiratif.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Peserta BPJS Kesehatan Bisa Bayar Iuran di Outlet Pegadaian

Pegadaian resmi membuka layanan pendaftaran peserta baru dan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Pelatihan Komunitas UMKM Kejar 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru

Melalui adanya proses pengolahan dari barang mentah menjadi siap konsumsi di sektor UMKM dapat mencapai target 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Luhut: Sampah Plastik Masalah Dunia, Harus Ditangani dengan Baik

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan mengatakan sampah plastik adalah masalah dunia dan harus ditangani dengan baik.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Garuda Indonesia Tanggapi 2 Kreditur Ajukan Pembatalan Perdamaian

Dua kreditur PT Garuda Indonesia Tbk (GIIA), mengajukan pembatalan perdamaian proses homologasi PKPU ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

EKONOMI | 8 Februari 2023

PUPR Targetkan Pembangunan Jalan Tol 509,01 Km di 2023

Kementerian PUPR menargetkan penambahan total jalan tol baru sepanjang 509,01 kilometer (km) pada tahun 2023.

EKONOMI | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Teten: Revisi UU Koperasi Cegah Penjahat Keuangan Pindah

Teten: Revisi UU Koperasi Cegah Penjahat Keuangan Pindah

EKONOMI | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE