Logo BeritaSatu

Didukung KBRI Den Haag, Belanda Siap Impor Komoditas Pertanian

Rabu, 30 November 2022 | 09:39 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Amsterdam, Beritasatu.com- Belanda siap mengimpor komoditas pertanian Indonesia dengan dukungan KBRI Den Haag. Para importir Belanda melirik komoditas pertanian itu saat pameran Internasional Free From Functional Food Expo [IFFFFE] di Amsterdam.

Sebagai tindak lanjut dari Pameran Internasional Free From Functional Food Expo [IFFFFE] itu, Ditjen PSP bekerja sama dengan KBRI Den Haag melalui Atdag KBRI menggelar acara Upland Fine Dining Rottertram pada 25 November yang menghasilkan letter of intent untuk komoditas Upland yaitu bawang merah, lada, kopi, dan beras organik.

Advertisement

"Kami bersyukur bahwa program binaan UPLAND berhasil menembus pasar ekspor. Sebagaimana tujuan dari UPLAND sendiri yakni meningkatkan produktivitas pertanian dan pendapatan petani," ujar Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Ali Jamil, Sabtu (26/11/2022).

Letter of Intent juga menghasilkan kerja sama pemasaran produk Upland selama satu tahun di rumah Indonesia, sehingga siapa pun yang berminat untuk mendapatkan komoditas Upland tersebut, bisa mendatangi Rumah Indonesia.

Ali Jamil menjelaskan bahwa IFFFFE menjadi bukti kalau komoditas pertanian Indonesia amat digemari internasional. Lewat program seperti Uplandd, yang berfokus pada peningkatan kualitas SDM dan komoditas pertanian, nilai tambah hasil panen petani meningkat signifikan.

Dari kegiatan IFFFFE, kata Ali, para pebisnis setempat diketahui sudah melakukan tindak lanjut yakni berupa business matching dengan kelanjutan kerja sama hingga penandatanganan nota kesepahaman.

“Ada tujuh perusahaan asal Belanda yang sudah positif akan melanjutkan kerja sama yakni Interaromat BV, Pacisic Spizes, Ogilvy BV, Four Trade BV, Twisted Concepts BV, Twisted Concepts BV, Tokopoint BV, dan sejumlah importir makanan setempat,” paparnya.

Sebelumnya, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa kualitas komoditas pertanian dan produk turunannya menjadi sarat mutlak, untuk menembus pasar internasional. Maka dari itu, kementerian terus memperkuat pemberdayaan petani dari hulu ke hilir. Output-nya tak lain menghasilkan produk unggulan.

“Teknologi dan inovasi menjadi kunci utamanya. Bagaimana dengan kedua aspek itu mengembangkan sistem pertanian dan pangan yang berkelanjutan,” ujarnya.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Belanda Mayerfas menyampaikan apresiasi produk terbaik dari UMKM. Kerjja sama perdagangan diharapkan terus berkelanjutan, arena para UMKM tanpa bantuan institusi seperti HA IPB, akan sangat sulit ikut acara seperti ini.

Mayerfas menambahkan, Expo Belanda ini merupakan satu-satunya pameran dagang dan konferensi Free From dan Functional Food di Eropa, yang rutin digelar setiap tahun. Gelaran kegiatan ini selain untuk mendapatkan informasi terbaru dalam pengembangan dan tren produk baru.

"Ini sekaligus juga menjadi jembatan dan sarana untuk memperluas jejaring antar berbagai stakeholder dibidang bisnis produk free from dan functional food, termasuk retailer, R&D, food service, industri kesehatan serta para profesional di bidang pangan," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kemenhub Koordinasi dengan Polisi soal Susi Air Dibakar di Papua

Kemenhub telah mendapatkan informasi soal pesawat Susi Air yang sempat hilang kontak dan diduga dibakar di Papua.

EKONOMI | 7 Februari 2023

Bank Indonesia: Cadangan Devisa Januari 2023 Menguat ke US$ 137,2 M

Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa (cadev) meningkat dari US$ 137,2 miliar pada akhir Desember 2022, menjadi US$ 139,4 miliar Januari 2023.

EKONOMI | 7 Februari 2023

Warunk Upnormal Sepi dan Berguguran, Ini Profil Pemiliknya

Warunk Upnormal yang hits beberapa waktu lalu kini tampak sepi, bahkan ada yang berguguran di tengah ketatnya bisnis food and beverage.

EKONOMI | 7 Februari 2023

Sesi I, IHSG Hari Ini Menguat Tembus 6.933

IHSG melemah 59,5 poin (0,87%) menembus level 6.933,3 pada penutupan sesi pertama perdagangan hari ini, Selasa (7/2/2023).

EKONOMI | 7 Februari 2023

Kurs Rupiah Hari Ini Melemah Nyaris 100 Poin

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terpantau melemah ke kisaran Rp 15.145 pada perdagangan hari ini, Selasa (7/2/2023).

EKONOMI | 7 Februari 2023

Bitcoin Relatif Stabil, Ethereum Menguat

Pergerakan harga bitcoin hari ini relatif stabil di kisaran US$ 22.000. Bitcoin telah menguat sekitar 40% sejak awal tahun.

EKONOMI | 7 Februari 2023

Harga Emas Antam Hari Ini Naik ke Rp 1.017.000

Harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk pada perdagangan Selasa (7/2/2023) naik Rp 3.000 menjadi Rp 1.017.000 per gram.

EKONOMI | 7 Februari 2023

Dibuka Menguat, Ini Sentimen Penggerak IHSG Hari Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini, Selasa (7/2/2023), dibuka menguat 0,2% ke level 6.887,5.

EKONOMI | 7 Februari 2023

Listing di BEI, Aviana Sinar Abadi Oversubscribed 100 Kali

PT Aviana Sinar Abadi Tbk (IRSX), perusahaan teknologi informasi hari ini Selasa (7/2/2023) melakukan pencatatan saham perdana (listing) di BEI.

EKONOMI | 7 Februari 2023

Bursa Asia Dibuka Positif, Saham-saham Adani Group Tumbang

Bursa Asia bergerak positif pada awal perdagangan hari ini, Selasa (7/2/2023), di tengah kekhawatiran the Federal Reserve bakal menambah kenaikan suku bunga.

EKONOMI | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kemenhub Koordinasi dengan Polisi soal Susi Air Dibakar di Papua

Kemenhub Koordinasi dengan Polisi soal Susi Air Dibakar di Papua

EKONOMI | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE