Logo BeritaSatu

Gandeng Sinopharm, KAEF Perkuat Sistem Kesehatan Nasional

Rabu, 30 November 2022 | 12:15 WIB
Oleh : Muhammad Ghafur Fadillah / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - PT Kimia Farma Tbk (KAEF) belum lama ini menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan Sinopharm dalam rangka penguatan kerja sama meliputi produksi, distribusi, ekspor-impor. Selain itu, untuk peningkatan riset serta lisensi.

“KAEF diberikan kesempatan bekerja sama dengan Sinopharm dalam memperluas bisnis dan upaya mendukung ketahanan kesehatan di Indonesia,” jelas Direktur Utama PT Kimia Farma Tbk (KAEF) David Utama Rabu (30/11/22).

Advertisement

Dia mengatakan kolaborasi ini diperlukan dalam meningkatkan layanan kesehatan di Indonesia.

Dalam kesempatan sama, President Sinopharm International Zhou Song menuturkan bahwa Kimia Farma dan Sinopharm kembali mendorong transformasi industri kesehatan.

Chairman Sinopharm Group Liu Jingzhen menyampaikan Sinopharm mendukung perjuangan melawan pandemi Covid-19 di Indonesia melalui penyediaan vaksin Covid-19.

“Kerja sama penanganan pandemi antara perusahaan farmasi besar kedua negara telah menjadi bukti kolaborasi baik dalam mendukung ketahanan kesehatan. Ke depannya, kedua belah pihak akan mendukung Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di Indonesia untuk membantu memproduksi bahan baku obat dalam negeri,” ujar Liu.

Sementara Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Rizka Andalucia mengatakan, bahwa Indonesia sedang menjalankan program transformasi sistem kesehatan. Pelaksanaan transformasi ini terdiri dari enam pilar yaitu transformasi pelayanan primer, transformasi pelayanan sekunder, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi pembiayaan kesehatan, transformasi talenta kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan.

“Sesuai transformasi sistem ketahanan kesehatan, Indonesia menargetkan mencapai ketahanan nasional melalui dukungan pada penelitian, pengembangan, dan produksi 10 bahan baku obat (BBO) dalam negeri terbanyak yang salah satunya adalah paracetamol," kata Rizka.

Sebelumnya melalui Forum Kemitraan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan badan usaha besar, dijalin kolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM yang bertujuan mendorong pengembangan UMKM agar mampu menembus pasar mancanegara.

Dalam acara yang dihadiri Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki tersebut, sebanyak 17 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta perusahaan besar mengikuti Forum Kemitraan UKM/IKM ini. Kimia Farma turut mengikutsertakan empat UMKM mitra
binaan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Blibli Bayar Utang ke BCA dan BPTN Rp 5,5 T dari Dana IPO

Dari total dana IPO Blibli senilai Rp 7,74 triliun, sekitar 71,05% atau Rp 5,5 triliun untuk pelunasan utang ke bank.

EKONOMI | 6 Februari 2023

Rupiah Hari Ini 6 Februari 2023 Anjok 100 Poin Lebih

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan hari ini Senin (6/2/2023) pagi melemah cukup dalam.

EKONOMI | 6 Februari 2023

IHSG Hari Ini 6 Februari 2023 Melemah di Awal Perdagangan

IHSG di BEI pada perdagangan hari ini Senin (6/2/2023) dibuka turun di tengah negatifnya bursa saham Amerika Serikat (AS).

EKONOMI | 6 Februari 2023

Harga Beras Naik, Bulog Polewali Mandar Gelontorkan 700 Ton Beras ke Pasar

Harga beras di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, mengalami kenaikan sejak awal tahun 2023.

EKONOMI | 6 Februari 2023

Investor Cermati Pertumbuhan Ekonomi, Pasar Obligasi Akan Menguat

Pasar obligasi di dalam negeri diproyeksi akan menguat terbatas di awal pekan, menyusul rencana pengumuman pertumbuhan ekonomi 2022.

EKONOMI | 6 Februari 2023

Bursa Asia Mixed karena Laporan Pekerjaan AS dan Bunga Fed

Bursa Asia Pasifik beragam (mixed) pada Senin (6/2/2023) karena laporan pekerjaan Amerika Serikat (AS) lebih kuat dari perkiraan.

EKONOMI | 6 Februari 2023

GOTO Jajaki Jual Aset Non-Inti agar Cepat Hasilkan Cuan

PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) tengah mengkaji menjual aset dalam bentuk investasi di saham perusahaan non-inti untuk mempercepat cuan.

EKONOMI | 6 Februari 2023

Harga CPO Dipengaruhi Rencana Stop Ekspor Malaysia dan B35

Pergerakan harga CPO pada pekan ini akan bergantung sejumlah indikator penting di pasar CPO Malaysia dan program B35 di Indonesia.

EKONOMI | 6 Februari 2023

Dana Asing Masih Deras, Harga SUN Pekan Ini Diprediksi Naik

Harga SUN diproyeksi kembali menguat pada pekan ini, seiring maraknya aliran dana asing (capital inflow) ke pasar surat berharga negara (SBN).

EKONOMI | 6 Februari 2023

Investor Pantau Rilis Pertumbuhan Ekonomi, Arah IHSG?

Sementara dari dalam negeri, pelaku pasar mencermati rilis pertumbuhan ekonomi Indonesia karena menjadi dasar gerak IHSG.

EKONOMI | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pendapatan Pengemis Saat Cap Go Meh Lebih Kecil dari Imlek

Pendapatan Pengemis Saat Cap Go Meh Lebih Kecil dari Imlek

NEWS | 16 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE