Logo BeritaSatu

Hadapi Ancaman Resesi, XL Axiata Fokus di Tiga Pilar Pertumbuhan

Rabu, 30 November 2022 | 13:03 WIB
Oleh : Herman / FMB

Jakarta, Beritasatu.com – Dalam menghadapi ancaman resesi global di 2023, XL Axiata akan fokus pada tiga pilar pertumbuhan, yaitu convergence proposition, network expansion, serta customer experience. Presiden Direktur dan CEO XL Axiata Dian Siswarini menjelaskan, untuk pilar pertama, XL Axiata akan terus meningkatkan penawaran konvergen sesuai dengan visi perusahaan. Fokusnya pada dua segmen yaitu segmen keluarga dan juga segmen bisnis.

“Untuk segmen keluarga, antara lain memberikan konten digital terbaik kepada konsumen lewat partnership, serta kemudahan membeli paket yang sesuai dengan kebutuhan keluarga. Sedangkan untuk segmen bisnis, kami mengembangkan produk konvergen sebagai solusi terpadu untuk small medium enterprise (SME),” jelas Dian dalam acara IndoTelko Forum bertajuk “Strategi Industri Digital Indonesia Hadapi Resesi Global,” yang digelar secara daring, Rabu (30/11/2022).

Advertisement

Di sisi lain, Dian mengatakan XL Axiata juga akan terus mengembangkan infrastruktur jaringan demi mendukung kualitas layanan yang lebih baik dengan cara mempertahankan investasi untuk pengembangan jaringan, serta melanjutkan fokus dalam mengembangkan jaringan di luar Jawa.

“Kepuasan pelanggan tetap menjadi salah satu fokus utama kami sebagai hal yang membedakan kami dengan operator lain. Hal ini akan kami kembangkan dengan memberikan layanan kepada pelanggan secara terpadu, yaitu secara end-to-end. Kemudian juga pengalaman layanan yang digital dan personal sesuai apa yang dibutuhkan pelanggan,” jelasnya.

Dian menambahkan, pertumbuhan bisnis XL Axiata juga akan didukung oleh digitalisasi, cost leadership dan balance sheet yang sehat. XL Axiata akan meneruskan proses digitalisasi perusahaan dengan menggunakan teknologi-teknologi terbaru untuk mendukung operasi bisnis, yaitu meningkatkan digitalisasi dan otomatisasi untuk mencapai operational excellence, menggunakan big data dan advance analytics, sehingga solusi yang diberikan bisa tepat sasaran sesuai yang dibutuhkan konsumen.

“Selain itu juga mempersiapkan perusahan dalam menghadapi biaya-biaya yang meningkat di tahun depan dengan cara menerapkan cost control yang tepat dan terukur untuk menekan biaya operasional," tambahnya.

Selain itu, XL Axiata juga terus mencari area-area untuk melakukan cost saving dengan meningkatkan adopsi digital, energy saving initiatives, dan lainnya.

"Kami juga akan menjaga kesehatan balance sheet kami untuk mempertahankan posisi finansial perusahaan yang kuat dengan cara meningkatkan debt to EBITDA ratio, dan tidak memiliki utang dalam valuta asing. Kami juga akan memperkuat posisi free cash flow perusahaan agar cashflow perusahan tetap berada di posisi yang positif,” jelas Dian.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PIP Targetkan Pembiayaan Ultra Mikro untuk 2,2 Juta Debitur

Pusat Investasi Pemerintah (PIP) akan menyalurkan pembiayaan ultra mikro (Umi) kepada 2,2 juta debitur pada tahun 2023.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Masuk Daftar Calon Gubernur BI, Ini Jawaban Sri Mulyani

Sri Mulyani mengatakan, penentuan dan masa pergantian Gubernur BI sudah diatur dalam Undang-Undang (UU).

EKONOMI | 31 Januari 2023

KSSK Pastikan Sistem Keuangan Nasional Berjalan Optimal

Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) optimistis kondisi perekonomian berjalan membaik seiring optimalnya indikator perekonomian dan sistem keuangan.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Daikin Buka Kesempatan Berkarier di Industri Tata Udara

Program Daikin Goes to Campus menginspirasi mahasiswa terkait industri solusi tata udara sebagai bagian persiapan dalam memasuki dunia kerja.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Sri Mulyani: Modal Asing Masuk Pasar SBN Rp 48,53 Triliun

Sri Mulyani mengatakan, hingga 27 Januari 2023 tercatat aliran modal asing masuk ke pasar surat berharga negara (SBN) sebesar Rp 48,53 triliun.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Soal Penurunan Harga BBM, Airlangga: Kami Monitor Minyak Dunia

Airlangga: pemerintah tengah memonitor pergerakan harga minyak dunia. Minyak dunia jadi pertimbangan untuk menyesuaikan harga BBM bersubsidi.

EKONOMI | 31 Januari 2023

LPDB KUMKM Targetkan Penyaluran Dana Bergulir Rp 1,8 Triliun

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB KUMKM) menargetkan penyaluran dana bergulir Rp 1,8 triliun pada tahun 2023.

EKONOMI | 31 Januari 2023

KSSK Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Tetap Kuat di 2023

Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menilai pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun 2023 akan berjalan optimal.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Ekspansi Usaha, Transkon Jaya Siapkan Capex Rp 600 Miliar

PT Transkon Jaya Tbk (TRJA) mengalokasikan belanja modal atau capex sebesar Rp 600 miliar untuk pembelian unit baru dan ekspansi usaha.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Area31 Gabungkan Data Center dengan Fasilitas Teleport

Area31 data center milik PT Dunia Virtual Online (DVO) telah resmi beroperasi dengan menyediakan empat data hall dengan total kapasitas 600 rak.

EKONOMI | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lagi, Kecelakaan Sungai Rengut Nyawa Anggota TNI di Papua

Lagi, Kecelakaan Sungai Rengut Nyawa Anggota TNI di Papua

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE