Logo BeritaSatu

Tak Gentar WTO, Pemerintah Siap Jalankan Hilirisasi Bauksit

Rabu, 30 November 2022 | 15:37 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan meski pemerintah kalah gugatan larangan nikel oleh Uni Eropa di Badan Penyelesaian Sengketa Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), Indonesia akan tetap melakukan hilirisasi timah dan bauksit. Pemerintah juga akan melakukan banding larangan nikel.

"Meski kita kalah nikel di WTO karena digugat Uni Eropa, tidak apa-apa, saya sampaikan ke menteri, nanti babak yang kedua, hilirisasi bauksit. Artinya bahan mentah bauksit harus diolah di dalam negeri agar kita mendapatkan nilai tambah, setelah itu bahan-bahan lain, termasuk hal-hal kecil, urusan kopi, usahakan jangan diekspor dalam bentuk bahan mentah, sudah hampir 100 tahun kita mengekspor itu," ucap Presiden Joko Widodo dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Investasi 2022 yang berlangsung secara hibrida di Hotel Ritz Carlton pada Rabu (30/11/2022).

Advertisement

Joko Widodo mengatakan dengan adanya hilirisasi produk komoditas ekspor, akan meningkatkan nilai tambah. Oleh karena itu pemerintah menghentikan ekspor produk mentah dan mulai mendirikan pabrik pengolahan. "Begitu kita dapatkan investasinya, kita bangun, kerja sama pusat dan daerah, nilai tambah itu akan kita peroleh," ucap Joko Widodo.

Dia mencontohkan hilirisasi nikel menggenjot nilai tambah ekspor. Sebelumnya pada 5 tahun lalu, nilai ekspor nikel dalam bentuk bahan mentah hanya mencapai US$ 1 miliar atau sekitar Rp 19 triliun. Pada tahun 2021 setelah pemerintah melakukan hilirisasi lewat pembangunan smelter dan pengembangan industri turunan, maka nilai ekspor nikel mencapai US$ 20,8 miliar atau sekitar Rp 300 triliun. "Dari Rp 20 triliun meloncat ke Rp300 triliun lebih, 18 kali lipat kalau dihitung nilai tambahnya," kata Joko Widodo.

Jokowi menuturkan keberhasilan hilirisasi berkontribusi positif terhadap neraca perdagangan domestik. Saat ini neraca perdagangan Indonesia sudah surplus selama 29 bulan berturut-turut. "Neraca perdagangan kita sudah 29 bulan selalu surplus yang sebelumnya selalu negatif. Berpuluh-puluh tahun, baru 29 bulan lalu kita selalu surplus," ucap Joko Widodo.

Menurut Jokowi gugatan yang dilakukan Uni Eropa karena mereka memiliki banyak pabrik pengolahan komoditas tambang. Sehingga jika Indonesia melakukan hilirisasi, mereka bisa menutup industri pengolahan dan meningkatkan pengangguran.

"Karena industrinya banyak di sana, kalau dikerjakan di sini, di sana ada pengangguran, pabrik tutup, industri tutup. Tapi kan kita ingin maju, negara kita ingin menjadi negara maju, kita ingin buka lapangan kerja. Kalau digugat saja kita takut, tidak jadi. kita tidak akan jadi negara maju, jadi saya sampaikan pada menteri, terus, tidak boleh berhenti di nikel, terus ke yang lain," ucap Joko Widodo.

Dalam kesempatan yang sama Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia mengatakan pihaknya meyakini kebijakan hilirisasi menjadi langkah tepat untuk meningkatkan investasi. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) mendukung langkah pemerintah melakukan hilirisasi komoditas ekspor dan siap memberikan bantuan dalam upaya mempermudah perizinan.

"DPMPTSP seluruh Indonesia mengharapkan agar kebijakan ini sekalipun kita ditekan dari sana sini, tetap kita pertahankan. Siapa pun yang melakukan intervensi, kita harus jalan terus, termasuk dengan WTO. Jadi mereka mengatakan bahwa negara kita ini jangan diatur. Karena itu mereka semua taat untuk hilirisasi jalan terus," kata Bahlil.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top 5 News: Harga Bawang Naik hingga Surya Paloh Komentari Reshuffle

Harga bawang merah melonjak dan harapan ibunda Bharada Bharada E agar divonis ringan merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

EKONOMI | 3 Februari 2023

MettaDC dan APJII Berkolaborasi Tingkatkan Kapasitas Infrastruktur Digital

Melalui data center yang terkoneksi pada aplikasi digital, Indonesia berpotensi menjadi pasar baru untuk teknologi maju

EKONOMI | 3 Februari 2023

Harga Minyak Ambles karena Pesanan Barang Pabrik Turun

Harga minyak melemah pada Kamis (2/2/2023) karena pesanan pabrik terkait industri AS turun dan penguatan dolar.

EKONOMI | 3 Februari 2023

S&P 500 Tertinggi 5 Bulan Ditopang Meta, Dow Jones Terpuruk

S&P 500 naik ke level tertinggi dalam 5 bulan karena kinerja Meta yang lebih baik dari perkiraan dan Dow Jones melemah.

EKONOMI | 3 Februari 2023

ECB dan Bank of England Naikkan Bunga, Bursa Eropa Menguat

Bursa Eropa ditutup menguat karena investor mencermati kenaikan suku bunga bank sentral Eropa dan bank sentral Inggris.

EKONOMI | 3 Februari 2023

38 Perusahaan Siap IPO di BEI Bidik Dana Rp 48 Triliun

BEI mencatat, hingga 2 Februari 2023, tercatat 38 perusahaan yang masuk pipeline penawaran umum perdana (initial public offering/IPO).

EKONOMI | 3 Februari 2023

Analisis Robotic Berbasis AI Bantu Trader Raup Cuan di Market

Analis robotic berbasis AI bisa membantu trader pasar valuta asing atau valas (forex) serta bursa komoditas meraup cuan.AUDOS

EKONOMI | 3 Februari 2023

Uang Kripto Kraken Tutup Kantor di Abu Dhabi

Uang kripto Kraken telah menutup kantornya di Abu Dhabi kurang dari setahun setelah mendapatkan lisensi di wilayah tersebut.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Susut 0,18 Persen, Premi Industri Asuransi Tembus Rp 283,91 T

Industri asuransi komersial menutup tahun 2022 dengan akumulasi pendapatan premi Rp 283,91 triliun atau turun tipis 0,18% dibandingkan pencapaian tahun 2021.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Bahlil Sebut Ekonomi Hijau Jadi Fokus Utama Transisi Energi

Bahlil menyatakan, salah satu fokus pemerintah adalah membangun ekonomi hijau baik melalui transisi energi maupun investasi berkelanjutan.

EKONOMI | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Harga Bawang


# Koalisi Indonesia Bersatu


# Bunda Corla


# Serial Killer


# Penculikan Anak


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Polda Jatim Kerahkan 4.907 Personil Amankan Peringatan 1 Abad NU

Polda Jatim Kerahkan 4.907 Personil Amankan Peringatan 1 Abad NU

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE