Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Menilik Rumah Bantuan Ganjar, Hanya Bayar Rp 355 Ribu per Bulan

Selasa, 29 November 2022 | 20:00 WIB
Oleh : Freddy Wally / FW
Ridwan (42), tak henti-hentinya mengucap kalimat syukur karena impiannya memiliki rumah telah terwujud. Pria yang sehari-hari bekerja sebagai sekuriti itu terlihat bahagia hidup bersama istri dan ketiga anaknya di rumah bantuan "Tuku Lemah Oleh Omah" dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang hanya membayar Rp 355 ribu per bulan.

Magelang, Beritasatu.com - Ucapan kalimat syukur tak henti diucapkan oleh Ridwan (42), karena impiannya untuk memiliki rumah telah terwujud. Pria yang sehari-hari bekerja sebagai petugas keamanan itu terlihat bahagia hidup bersama istri dan ketiga anaknya di rumah bantuan "Tuku Lemah Oleh Omah" dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Bantuan rumah bersistem panel dengan menggunakan sambungan baut itu ada 18 unit dan berdiri di satu komplek seperti perumahan di Kampung Tulung, Kota Magelang.

"Tadinya saya adalah penghuni rusunawa selama 6 tahun, karena tidak dapat diperpanjang, Alhamdulillah saya dapat bantuan Tuku Lemah Oleh Omah dari Pak Ganjar, dan sudah saya tempati dua bulan ini," ujarnya, Jumat (25/11/2022).

Ia benar-benar tidak menyangka saat ini bisa memiliki rumah sendiri. Gaji yang diterimanya sebagai petugas keamanan hanya Rp 1,9 juta per bulan dan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Sehingga untuk membangun rumah, hanyalah impian yang entah kapan akan terealisasi. Apalagi, aturan menghuni rusunawa dibatasi maksimal 6 tahun.

Untuk mendapat bantuan rumah itu pun sangat mudah. Ridwan bersama penerima yang lain hanya mengisi formulir dan mengumpulkan KTP serta KK. Selanjutnya, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Magelang mencarikan lahan.

Setelah mendapat lahan, Pemprov Jawa Tengah akan memberikan bantuan bahan baku rumah susun panel senilai Rp 35 juta ditambah Rp 1,8 juta dalam bentuk padat karya.

"Alhamdulillah untuk tanah sudah diusahakan dari Disperkim (Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Semarang). Kita mengangsur lewat Bank Magelang, tiap bulan ringan hanya Rp 355 ribu selama 15 tahun. Tanah (yang didapat) ukuran 6x8 meter sedangkan bangunan 6x6 meter. Itu murah banget, lebih murah dari kredit motor," ungkapnya.

Rasa syukur juga terucap dari Yayan, penerima bantuan yang lain. Ia yang hanya pedagang asongan suvenir kini bisa menikmati hidup di rumah atas nama pribadi.

"Alhamdulillah dapat bantuan rumah. Ini sudah jadi keinginan saya sudah lama. Saya hanya pengasong tasbih dan souvenir," katanya. Baginya, bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi warga yang sudah berkeluarga.

"Kalau tanah di Kota Magelang, kan, mahal. Ini kita dapat murah, dan hanya mengangsur Rp 355 ribu per bulannya," tandasnya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Jateng, Arif Djatmiko menuturkan bahwa program bantuan "Tuku Lemah Oleh Omah" mulai dilaksanakan sejak 2020 lalu.

"Di tahun 2020 ada 200 unit, 2021 ada 186 unit. Dan tahun 2022 kita bangun 253 unit. Rencananya di tahun 2023 kita akan membangun 615 unit," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI