Logo BeritaSatu

Jokowi: Jangan Salah Perlakukan Investor, Bisa Hilang

Kamis, 1 Desember 2022 | 11:01 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kebijakan fiskal maupun moneter harus dirancang untuk menarik investor berinvestasi di Indonesia di tengah situasi global yang sangat sulit. Dia mengingatkan pentingnya menjaga kepercayaan investor karena kompetisi yang semakin berat. Sebab seluruh negara membutuhkan investasi guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

“Karena kepercayaan sudah kita peroleh, trust-nya sudah kita peroleh. Sekarang bagaimana implementasi policy-policy yang telah kita ambil. Jangan sampai ada yang terganggu. Kepercayaan yang sudah kita dapatkan, jangan sampai hilang karena kita salah men-treatment, salah memperlakukan investasi yang masuk ke negara kita. Karena ketatnya persaingan dalam merebut investasi,” ucap Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional Investasi 2022 yang berlangsung secara hibrida di Hotel Ritz Carlton pada Rabu (30/11/2022).

Advertisement

Dia mengatakan pada 2023 perekonomian global akan mengalami resesi. Oleh karena itu, pemerintah terus memperkuat sumber-sumber pertumbuhan ekonomi domestik. Pemerintah terus melakukan pembenahan investasi untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi.

"Oleh sebab itu, yang namanya investasi, investor jadi rebutan semua negara, karena semua negara ingin ada capital inflow, ada arus modal masuk. karena kalau tidak ada tambahan arus modal masuk, perputaran uang tidak terjadi pertumbuhan," ucap Joko Widodo.

Sementara Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia optimismis akan target investasi tahun 2022 sebesar Rp 1.200 triliun akan tercapai. Sampai kuartal III tahun 2022 ini, realisasi investasi sebesar Rp 894 triliun atau 74,4% dari target. “Kami debat, kami minta masukan agar apa yang menjadi pikiran pusat itu betul-betul mencerminkan apa yang menjadi aspirasi dari daerah. Karena kami yakin Bapak Presiden, kita di pusat ini kadang-kadang merasa paling tahu sendiri. Namun sesungguhnya di daerah lah yang paling tahu, karena mereka yang di lapangan,” ucap Bahlil.

Bahlil menuturkan pemerintah mewajibkan seluruh pengusaha yang masuk ke Indonesia berkolaborasi dengan pengusaha di lokasi investasi, khususnya UMKM. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Tujuannya mereka datang, kita harus melayani dengan baik, tapi juga punya kewajiban untuk mengangkat perekonomian daerah dan teman-teman daerah supaya hidup besar bersama-sama untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) ini.

Dari hasil konsolidasi bersama pemerintah daerah dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menghasilkan beberapa rekomendasi, di antaranya arah kebijakan pemerintah pusat mengenai hilirisasi yang dianggap sudah tepat dan harus dipertahankan, meski adanya pihak-pihak yang ingin melakukan intervensi. “Termasuk dengan WTO, Bapak Presiden. Jadi, mereka mengatakan bahwa negara kita jangan diatur-atur. Oleh karena itu, mereka taat apa yang Bapak Presiden katakan untuk hilirisasi jalan terus,” pungkas Bahlil.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mengenal Frugal Living, Hidup Hemat untuk Tujuan Finansial

Istilah frugal living yakni hidup hemat atau minimalis untuk mencapai tujuan finansial atau freedom financial bisa menjadi pilihan.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Sejak Awal 2023, Obligasi dan Sukuk di BEI Rp 4 Triliun

BEI mencatat sejak awal 2023 hingga akhir Januari, total emisi obligasi dan sukuk yang adalah enam emisi dari lima emiten senilai Rp 4 triliun.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Transmart Tutup, Ini Kekayaan Chairul Tanjung dan Pendiri Alfamart

Di tengah tutupnya sejumlah gerai Transmart yang dikelola PT Trans Retail Indonesia, kekayaan Chairul Tanjung masih menjulang.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Sandiaga: Kolaborasi Pariwisata Mampu Bangkitkan Ekonomi

Sandiaga mengatakan, ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 menjadi ruang diskusi untuk merumuskan kembali industri pariwisata yang lebih adaptif.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Kemenaker Selesaikan Kasus Karyawan Lembur Tidak Dibayar

Haiyani menegaskan, Kemenaker menemukan adanya pelanggaran terhadap pembayaran upah lembur karaywan yang terjadi sejak September 2022.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Hippindo Minta Perlakuan Ritel Modern Sama dengan Toko Online

Hippindo meminta perlakuan yang sama antara ritel modern dengan toko online, sehingga persaingan usaha antara yang offline dan online menjadi lebih sehat.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Harga Beras Naik, Minyakita Langka di Sukabumi

Masyarakat keluhkan kenaikan beberapa bahan pokok penting, beras mahal, dan minyak goreng langka di Pasar Semi Modern (PSM) Cibadak

EKONOMI | 4 Februari 2023

Hippindo Tanggapi Fenomena Banyak Gerai Ritel Modern Tutup

Hippindo ikut bersuara terkait fenomena tutupnya sejumlah gerai ritel modern, termasuk tujuh gerai Transmart ditutup permanen.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Satu Demi Satu Gerai Ritel Besar Tutup, Pertanda Sunset?

“Saya melihat ini karena siklus bisnis saja, ada saatnya lesu dan ada saatnya naik,” kata Eisha M. Rachbini kepada Beritasatu.com.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Apakah AI Berbahaya bagi Manusia? Ini Kata Founder Prosa.ai

Teguh Eko Budiarto, CEO Prosa.ai, mengatakan skenario AI lepas kendali bisa saja terjadi, tetapi kecil kemungkinannya.

EKONOMI | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Cap Go Meh, Arus Wisata ke Surya Kencana Bogor Macet

Cap Go Meh, Arus Wisata ke Surya Kencana Bogor Macet

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE