Logo BeritaSatu

OJK Siapkan Sanksi Wanaartha karena Tenggat RPK Berakhir

Kamis, 1 Desember 2022 | 11:21 WIB
Oleh : Prisma Ardianto / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Tenggat bagi PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (Wanaartha Life/WAL) untuk melaporkan rencana penyehatan keuangan (RPK) berakhir pada Rabu (30/11/2022). Jika tidak, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengancam bakal memberi sanksi tegas.

Anggota Dewan Komisioner sekaligus Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) OJK Ogi Prastomiyono mengungkapkan, RPK Wanaartha Life belum disampaikan hingga Senin 28 November 2022. RPK telah ditolak beberapa kali dan saat ini adalah kesempatan terakhir. "Ya kita menunggu RPK-nya. Ini seharusnya RPK terakhir, karena sudah sekian kali (ditolak)," ungkap Ogi saat ditemui di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, belum lama ini.

Advertisement

Untuk diketahui, tenggat 30 November 2022 untuk pelaporan RPK juga menjadi penentu nasib Wanaartha Life. Sebab, RPK akan menentukan kelanjutan sanksi administratif bagi perseroan yang kini berstatus Pembatasan Kegiatan Usaha (PKU) keseluruhan, akibat risk based capital (RBC), rasio kecukupan investasi (RKI), dan ekuitas minimum dibawah besaran minimum.

Ogi menegaskan, kali ini OJK akan memberikan sanksi lebih tegas. Meski begitu, dia enggan membeberkan lebih lanjut tentang sanksi yang dimaksud. "Belum tahu, pokoknya kita akan tegas," beber Ogi.

Di sisi lain, dia menambahkan, OJK berupaya mencegah pengunduran diri dari sejumlah direksi dan komisaris Wanaartha. Alasan Ogi, proses penyelesaian masalah mesti dituntaskan, salah satunya pertanggungjawaban dari direksi dan komisaris saat ini. "Kita hold dulu. Dicoba untuk (masalah) diselesaikan karena masih dalam proses," kata Ogi.

Sebelumnya, Ogi mengatakan, berdasarkan Pasal 7 POJK 9/2021 tentang Penetapan Status dan Tindak Lanjut Pengawasan, OJK dapat melakukan tindakan pengawasan dengan meminta direksi tetap fokus melaksanakan tugasnya untuk menyelesaikan permasalahan PT WAL dan melarang direksi PT WAL untuk mengundurkan diri.

Adapun pada Kamis, 3 November 2022, OJK telah mengundang direksi Wanaartha. Pada kesempatan itu, OJK meminta manajemen PT WAL tetap fokus melaksanakan tugas-tugas dan melayani pemegang polis, serta menyampaikan RPK yang dapat menyelesaikan masalah.

"Apabila OJK menilai sampai dengan batas waktu tersebut PT WAL tidak dapat menyusun dan menetapkan RPK yang mampu menyelesaikan permasalahan, OJK dapat melakukan tindakan tegas sesuai dengan ketentuan yang sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku," jelas Ogi.

Baca selanjutnya
Pada intinya, ditolaknya RPK dan upaya undur diri dari manajemen Wanaartha ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BI: KIS Jadi Kunci Hadapi Tantangan Ekonomi Global, Apa Itu?

Perry menegaskan pentingnya strategi KIS, yaitu konsistensi, inovasi, dan sinergi, dalam menyusun berbagai kebijakan.

EKONOMI | 27 Januari 2023

BUMN Buka Akses Pasar Berkelanjutan UMKM

Kementerian BUMN akan terus membuka akses pasar bekelanjutan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Bank Indonesia: Penguatan Rupiah Ditopang Fundamental Ekonomi yang Baik

Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan, penguatan nilai tukar rupiah ditopang oleh prospek ekonomi Indonesia yang semakin membaik

EKONOMI | 27 Januari 2023

Airlangga: Pemerintah Kaji Insentif Dana Devisa Hasil Ekspor

"Insentif itu sedang kita bahas apakah dengan bunga, baik itu rupiah ataupun dolar terhadap devisa hasil ekspor yang ada di Indonesia,” kata Airlangga.

EKONOMI | 27 Januari 2023

IHSG Hari Ini Dibuka Menguat, Mampukah Bertahan di 6.900?

Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 0,71% ke level 6.913,2 pada pembukaan perdagangan hari ini, Jumat (27/1/2023).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Bursa Asia Dibuka Positif Mengikuti Pergerakan Wall Street

Bursa Asia-Pasifik dibuka menguat pada hari Jumat (27/1/2023) menyusul penutupan Wall Street yang positif ditopang data PDB AS.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Tukang Becak Bobol BCA, Salah Bank atau Nasabah? Ini Kata OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mulai awal pekan depan akan memanggil pihak-pihak yang terlibat dalam kasus tukang becak bobol BCA senilai Rp 320 juta.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Harga Minyak Mentah Menguat 1% Ditopang Sentimen PDB AS

Harga minyak mentah dunia naik sekitar 1% didorong sentimen pembukaan kembali ekonomi Tiongkok dan pertumbuhan ekonomi AS.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Ini yang Perlu Dilakukan Pemerintah untuk Capai Target PDB

Pemerintah optimistis pertumbuhan ekonomi tahun ini bisa mencapai angka 5,3% ditopang konsumsi, investasi, dan ekspor.

EKONOMI | 27 Januari 2023

PDB AS Tumbuh 2,9% Dorong Wall Street Menguat

Wall Street naik pada Kamis (26/1/2023). Produk domestik bruto AS kuartal keempat menguat 2,9%, di atas ekspektasi pasar.

EKONOMI | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Pleidoi Ferdy Sambo


# Serial Killer


# RUU Kesehatan


# Insiden Lion Air


# Biaya Haji 2023


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dear Kpopers, Ini Jadwal Fan Meeting Artis Korea Bulan Depan

Dear Kpopers, Ini Jadwal Fan Meeting Artis Korea Bulan Depan

LIFESTYLE | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE