Logo BeritaSatu

OJK Siapkan Sanksi Wanaartha karena Tenggat RPK Berakhir

Kamis, 1 Desember 2022 | 11:21 WIB
Oleh : Prisma Ardianto / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Tenggat bagi PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (Wanaartha Life/WAL) untuk melaporkan rencana penyehatan keuangan (RPK) berakhir pada Rabu (30/11/2022). Jika tidak, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengancam bakal memberi sanksi tegas.

Anggota Dewan Komisioner sekaligus Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) OJK Ogi Prastomiyono mengungkapkan, RPK Wanaartha Life belum disampaikan hingga Senin 28 November 2022. RPK telah ditolak beberapa kali dan saat ini adalah kesempatan terakhir. "Ya kita menunggu RPK-nya. Ini seharusnya RPK terakhir, karena sudah sekian kali (ditolak)," ungkap Ogi saat ditemui di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, belum lama ini.

Advertisement

Untuk diketahui, tenggat 30 November 2022 untuk pelaporan RPK juga menjadi penentu nasib Wanaartha Life. Sebab, RPK akan menentukan kelanjutan sanksi administratif bagi perseroan yang kini berstatus Pembatasan Kegiatan Usaha (PKU) keseluruhan, akibat risk based capital (RBC), rasio kecukupan investasi (RKI), dan ekuitas minimum dibawah besaran minimum.

Ogi menegaskan, kali ini OJK akan memberikan sanksi lebih tegas. Meski begitu, dia enggan membeberkan lebih lanjut tentang sanksi yang dimaksud. "Belum tahu, pokoknya kita akan tegas," beber Ogi.

Di sisi lain, dia menambahkan, OJK berupaya mencegah pengunduran diri dari sejumlah direksi dan komisaris Wanaartha. Alasan Ogi, proses penyelesaian masalah mesti dituntaskan, salah satunya pertanggungjawaban dari direksi dan komisaris saat ini. "Kita hold dulu. Dicoba untuk (masalah) diselesaikan karena masih dalam proses," kata Ogi.

Sebelumnya, Ogi mengatakan, berdasarkan Pasal 7 POJK 9/2021 tentang Penetapan Status dan Tindak Lanjut Pengawasan, OJK dapat melakukan tindakan pengawasan dengan meminta direksi tetap fokus melaksanakan tugasnya untuk menyelesaikan permasalahan PT WAL dan melarang direksi PT WAL untuk mengundurkan diri.

Adapun pada Kamis, 3 November 2022, OJK telah mengundang direksi Wanaartha. Pada kesempatan itu, OJK meminta manajemen PT WAL tetap fokus melaksanakan tugas-tugas dan melayani pemegang polis, serta menyampaikan RPK yang dapat menyelesaikan masalah.

"Apabila OJK menilai sampai dengan batas waktu tersebut PT WAL tidak dapat menyusun dan menetapkan RPK yang mampu menyelesaikan permasalahan, OJK dapat melakukan tindakan tegas sesuai dengan ketentuan yang sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku," jelas Ogi.

Baca selanjutnya
Pada intinya, ditolaknya RPK dan upaya undur diri dari manajemen Wanaartha ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sektor Properti Pulih, Anak Usaha Triputra Perkuat Ekspansi

Seiring membaiknya pasar properti dan daya beli masyarakat, PT Anugerah Magma Nanoteknologi (AMAN) memperkuat ekspansi pasar bahan pelapis atau waterproofing.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Airlangga: Pemerintah Inginkan Indonesia Jadi Pemain Global Komoditas

Pemerintah menargetkan Indonesia bisa menjadi global key player industri hilirisasi berbasis komoditas.

EKONOMI | 3 Februari 2023

OJK Sebut 11 Perusahaan Asuransi Masuk Pengawasan Khusus

Kepala Eksekutif Pengawas IKNB Ogi Prastomiyono menyampaikan, sebanyak 11 perusahaan asuransi masuk dalam kategori pengawasan khusus OJK.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Masih Berkeliaran, Satgas Waspada Investasi Blokir 50 Pinjol Ilegal

Tongam menegaskan, Satgas Waspada Investasi terus menindaklanjuti pengaduan masyarakat korban pinjaman online atau pinjol ilegal.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Izin Bursa Kripto Tersendat

Pembentukan bursa kripto di Indonesia belum terwujud padahal dimulai sejak 2020 dan sempat ditargetkan terbentuk pada 2021.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Manajemen Kartu Prakerja Gelar Seleksi Lembaga Pelatihan

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja menilai, semakin banyaknya penyedia pelatihan memungkinkan terjadinya persaingan sehat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Good Ponsel Angels Perkuat Penetrasi Pemasaran Digital

Gebrakan pemasaran digital yang dilakukan Good Ponsel Angels ternyata sangat efektif, sehingga menjadi salah satu lini bisnis baru yang menjanjikan.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ramai Peminat, Sukuk CIMB Niaga Finance Oversubscribed 4,6 Kali

Penawaran umum sukuk wakalah CIMB Niaga Finance mencatat kelebihan permintaan atau oversubscribed hingga 4,6 kali.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ini Alasan Kenapa Pemerintah Larang Ekspor Listrik EBT

Pemerintah akan melakukan penghentian ekspor listrik dengan Energi Baru Terbarukan (EBT) guna menjaga ketahanan energi di Indonesia.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Sri Mulyani Sebut Rasio Utang Indonesia 39,57% Sehat

Menkeu Sri Mulyani menyatakan, rasio utang ke produk domestik bruto (PDB) sebesar 39,57 persen sebenarnya masih sehat.

EKONOMI | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hasto: Keluarnya 5 Nama Capres dari PDIP Itu Tidak Benar

Hasto: Keluarnya 5 Nama Capres dari PDIP Itu Tidak Benar

BERSATU KAWAL PEMILU | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE