Logo BeritaSatu

Jokowi Happy dengan Kinerja Ekonomi, Ini Sederet Faktanya

Kamis, 1 Desember 2022 | 13:17 WIB
Oleh : Ichsan Ali / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) happy atau senang dengan kinerja ekonomi Indonesia yang terlihat dari pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan surplus volume perdagangan. Meski demikian semua pihak perlu mewaspadai ancaman global.

"Kerja ekonomi Indonesia cukup menggembirakan. Pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua 2022 tumbuh 5,44% dan di kuartal ketiga tumbuh lebih baik yaitu 5,72%," tutur Jokowi dalam pidatonya saat menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggara (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun 2023 di Istana Negara, Kamis (1/12/2022).

Advertisement

Jokowi juga menyampaikan volume perdagangan Indonesia tumbuh 58%. Sedangkan tingkat inflasi masih cukup terkendali di level 5,8%. "Ini adalah kerja keras kita semua, tingkat inflasi masih cukup terkendali sekitar 5%, terakhir saya mendapat angka 5,8 % di saat rata-rata inflasi dunia di atas 10% dan bahkan ada yang mencapai lebih dari 75%," jelas Jokowi.

Jokowi menjelaskan, Indonesia juga mengalami surplus perdagangan selama 30 bulan berturut-turut. Selain harus disyukuri, ia menekankan pentingnya mewaspadai ekonomi global.

"Tetapi sekali lagi perlu saya ingatkan kita tetap harus waspada dan hati-hati, semuanya harus memiliki perasaan yang sama bahwa keadaan sekarang ini utamanya ekonomi global tidak berada pada posisi normal," tambah Presiden dalam pidatonya.

Usai pidato, Presiden secara simbolis menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) kepada kementerian dan lembaga yang memiliki nilai kinerja penganggaran tinggi.

Adapun 14 kementerian dan lembaga tersebut adalah Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian, Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Ristek, Kementerian Agama, dan Kementerian Pertahanan. Selain itu ada Kepolisian Negara Republik Indonesia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan Kementerian Perindustrian.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Harga Minyak Jatuh karena Stok Bahan Bakar AS Naik

Harga minyak melemah setelah data pemerintah Amerika Serikat (AS) menunjukkan peningkatan persediaan minyak mentah, bensin dan sulingan.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Kendaraan Listrik Akan Dapat Insentif, Mulai Potongan Harga hingga SPKLU

Kendaraan listrik akan mendapat insentif dari pemerintah berupa potongan tarif kepada badan usaha yang menggarap SPKLU.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Fed Naikkan Suku Bunga 0,25 Basis Poin, Bursa AS Menghijau

Bursa AS Wall Street menguat pada Rabu (1/2/2023) karena investor mengabaikan kenaikan suku bunga 0,25 basis poin persentase.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Bursa Eropa Cenderung Flat, Sektor Otomotif Pimpin Kenaikan

Bursa Eropa ditutup mendatar (flat) dengan kecenderungan melemah pada Rabu (1/2/2023). Sektor otomotif pimpin kenaikan.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Melantai di Bursa, PGE Bidik Dana IPO Jumbo Rp 9,78 Triliun

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk atau PGE, akan melantau di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui IPO senilai Rp 9,78 triliun.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Biodiesel B35 Butuh Peningkatan Fasilitas Blending dan Pembiayaan

Program biodiesel sebesar 35% atau program B35 yang resmi diberlakukan Rabu (1//2/2023) membutuhkan peningkatan infrastruktur.

EKONOMI | 2 Februari 2023

KB Bukopin Gandeng Sinarmas AM Perluas Penjualan Reksa Dana

PT Bank Bukopin Tbk (KB Bukopin) dan PT Sinarmas Asset Management (Sinarmas AM) sepakat menjalin kerja sama penjualan reksa dana.

EKONOMI | 2 Februari 2023

DPR Yakin Jokowi Akan Kirim Calon Gubernur BI Berkualitas

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR, Said Abdullah mengatakan, nama-nama calon Gubernur BI yang beredar memiliki reputasi dan kompetensi yang sangat baik.

EKONOMI | 1 Februari 2023

BPS Sebut Komoditas Pangan Sumbang Inflasi Januari 2023

Menurut Margo, inflasi Januari 2023 yang sebesar 0,34% relatif lebih rendah dibandingkan inflasi Januari tahun sebelumnya yang sebesar 0,56%.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Penetrasi Internet Dorong Kenaikan Belanja Iklan Digital

Belanja iklan digital di Indonesia diyakin terus mengalami peningkatan seiring masifnya penetrasi internet di tanah air.

EKONOMI | 1 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Penculikan Anak


# Biaya Haji 2023


# Istri Siri Kompol D


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Disidak Jokowi Malam-malam, Warga Bali Curhat Urat Kejepit

Disidak Jokowi Malam-malam, Warga Bali Curhat Urat Kejepit

NEWS | 25 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE