Logo BeritaSatu

Perkuat Kolaborasi Startup dan Ekosistem, Telkomsel Hadir di NEX-BE Fest 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 16:00 WIB
Oleh : Freddy Wally / FW

Bali, Beritasatu.com – Menegaskan komitmen sebagai digital ecosystem enabler yang terus bergerak maju dalam mendukung pemberdayaan startup potensial untuk berkembang di Indonesia, Telkomsel melalui anak usaha investasinya, Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) bersama dengan MDI Ventures turut mendukung terselenggaranya NEX-BE Fest (Next Billion Ecosystem Festival) 2022 yang berlangsung di Bali pada 29-30 November 2022. Melalui kegiatan tersebut, Telkomsel berupaya membuka peluang lebih luas terciptanya kolaborasi berkelanjutan antara ekosistem startup digital TMI dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

NEX-BE Fest merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh MDI Ventures bekerja sama dengan Telkom Indonesia sejak tahun 2019. NEX-BE Fest telah menjadi ruang interaktif yang memungkinkan untuk terjalinnya kolaborasi. Dalam kegiatan tersebut, terdapat forum yang akan membahas mengenai berbagai permasalahan, solusi, dan kemungkinan terciptanya inovasi dan eksplorasi di masa depan untuk mendorong kemajuan ekosistem startup Tanah Air dan BUMN.

Advertisement

CEO Telkomsel Mitra Inovasi, Mia Melinda mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi ekonomi digital yang terus tumbuh dari tahun ke tahun. Bahkan diperkirakan nilai ekonomi digital nasional pada tahun 2030 akan mencapai USD315 miliar atau setara dengan Rp 4.715 triliun.

Melalui partisipasi TMI di ajang NEX-BE Fest 2022, Telkomsel berupaya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital nasional tersebut dengan mengakselerasi pemberdayaan startup Tanah Air melalui upaya kolaboratif. "Kami memahami bahwa dalam lanskap ekonomi digital, startup memainkan peran penting dalam menjaga kestabilan perekonomian nasional, mulai dari memberikan solusi digital, membuka lebih banyak lapangan kerja, hingga meningkatkan daya saing teknologi bangsa", kata Mia.

Mengusung tema “Synergy Impact Customer Valuation”, NEX-BE Fest 2022 mempertemukan perusahaan-perusahaan dari ekosistem BUMN yang telah tumbuh dan sustainable dengan sederet startup potensial Tanah Air untuk menciptakan peluang kolaborasi dan integrasi, sehingga dapat menciptakan peningkatan value yang signifikan dalam ekosistem digital nasional di masa depan. Untuk itu, Telkomsel pun berupaya mengoptimalkan kegiatan tersebut dengan membuka peluang kolaborasi antara startup TMI dengan ekosistem BUMN untuk menciptakan inovasi yang dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi digital nasional.

Tahun ini sebanyak 38 BUMN yang terbagi dari empat klaster turut berpartisipasi di dalam agenda NEX-BE Fest 2022, di antaranya ekosistem TelkomGroup (Telkomsel, Melon, Indihome, Mitratel, dan lain sebagainya), agrikultur (Pupuk Indonesia, RNI dan Perhutani), fintech (BSI), kesehatan (Kimia Farma dan Biofarma), serta energi dan logistik (Pos Indonesia). Selanjutnya, seluruh BUMN tersebut lalu dipertemukan dengan sekitar 41 startup dari berbagai sektor yang merupakan bagian dari ekosistem TMI dan MDI Ventures. Beberapa startup yang berasal dari ekosistem TMI dan turut berpartisipasi antara lain ada Feedloop, Privy, Halodoc, Inspigo, Sekolah.mu, Sicepat, Evos, Qlue, TADA, dan Delos.

Seluruh perusahaan BUMN bersama peserta startup yang hadir juga menjalani 4 aktivitas bersama selama NEX-BE Fest 2022 berlangsung, di antaranya ada Panel Disuccion, Visionary Talks, Sharing Session Panel, dan Business Matchmaking. Diselenggarakannya deretan kegiatan tersebut dimaksudkan untuk tercapainya tujuan dalam pemecahan masalah bersama, terciptanya inovasi yang berguna sebagai solusi, serta terbukanya peluang kolaborasi yang lebih luas antara BUMN dengan seluruh startup yang akan berdampak positif pada penguatan ekonomi digital nasional.

“Kolaborasi merupakan salah satu kunci kesuksesan bagi seluruh lintas sektor industri, khususnya startup dalam mengoptimalkan berbagai potensi untuk dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan melalui pemanfaatan teknologi digital. Untuk itu, disamping fokus kami dalam mengembangkan strategic investment jangka panjang, Telkomsel melalui TMI juga akan terus membuka peluang kolaborasi lebih luas untuk mengakselerasi pemberdayaan startup, sehingga mampu menghadirkan berbagai solusi yang dapat berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi digital nasional,” tandas Mia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi Minta Bank Jangan Ragu Biayai Pembangunan Smelter

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta sektor perbankan tidak ragu agar menyalurkan pembiayaan/kredit untuk membangun smelter.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Bursa Calon Gubernur BI: Perry Warjiyo Calon Kuat, Sri Mulyani Layak

Direktur Eksekutif Segara Research Institute Piter Abdullah menilai sosok Perry Warjiyo layak dipilih kembali sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI).

EKONOMI | 1 Februari 2023

Jokowi: Hilirisasi Tambah PDB Rp 10.485 Triliun

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa langkah hilirisasi yang kini sedang dilakukan akan mendatangkan banyak manfaat bagi Indonesia.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Jokowi: Banyak Negara Berebut Ingin Investasi di Indonesia

Presiden Jokowi memaparkan banyak negara yang rebutan ingin berinvestasi di Indonesia karena pembangunan infrastruktur di Tanah Air merata.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Bisnis Kemasan Diproyeksikan Cerah, Flexypack Jajal IPO

PT Solusi Kemasan Digital atau yang dikenal dengan FlexyPack berencana melakukan IPO 20% saham di harga Rp 162 per lembar.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Jokowi Sindir Sekaligus Apresiasi Kinerja Bank Mandiri

Jokowi apresiasi laba Bank Mandiri tumbuh 47%, "tetapi jangan-jangan bunganya tinggi banget".

EKONOMI | 1 Februari 2023

Pengguna Mobil Listrik Ingin SPKLU Diperbanyak

Pengalihan kendaraan bermotor menjadi kendaraan listrik menjadi salah satu alternatif solusi yang tengah dirancang oleh pemerintah

EKONOMI | 1 Februari 2023

Minyakita Langka di Gowa, Harganya Tembus Rp 18.000

Untuk harga Minyakita juga mengalami kenaikan, yang awalnya dijual HET Rp 14.000 per liternya, kini naik menjadi Rp 15.000 hingga Rp 18.000 per liternya.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Jokowi: Hilirisasi adalah Kunci Indonesia Menjadi Negara Maju

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut hilirisasi menjadi kunci yang dapat membuat Indonesia menjadi negara maju.

EKONOMI | 1 Februari 2023

BNI Ventures Raih Izin Usaha dari OJK

PT BNI Modal Ventura (BNI Ventures) akhirnya meraih izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai perusahaan modal ventura (PMV).

EKONOMI | 1 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
IDAI Sebut Kasus Diabetes Anak Naik Drastis Sejak 2010

IDAI Sebut Kasus Diabetes Anak Naik Drastis Sejak 2010

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE