Logo BeritaSatu

Ekonomi Global Melemah, Startup Terancam Merana di 2023

Kamis, 1 Desember 2022 | 22:09 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Tauhid Ahmad memproyeksikan industri startup di Indonesia pada 2023 akan melambat. Kondisi ini tidak terlepas dari adanya penurunan daya beli masyarakat sebagai dampak dari pelemahan ekonomi global.

"Potensi bisnis akan melambat, karena ada perubahan perilaku masyarakat. Konsumsi akan turun, terutama pengaruh di belanja online, traveling, dan sebagainya. Ini karena ada potensi ekonomi yang sedikit melambat di 2023," kata Tauhid Ahmad usai acara Forum Ekonomi Digital Kominfo V, di Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Advertisement

Tauhid menambahkan, dengan inflasi yang tinggi dan naiknya suku bunga, orang akan berpikir ulang untuk melakukan pinjaman di fintech peer-to-peer lending (P2P lending). Kondisi ini pada akhirnya akan memengaruhi bisnis fintech yang diprediksi akan melambat.

"Saya kira memang sulit dihindari, tahun depan dunia startup juga akan mengalami perlambatan dari sisi bisnisnya. Di e-commerce akan turun, di fintech akan melambat, karena biaya untuk mereka melakukan konsumsi terlalu tinggi ketika inflasi juga tinggi," kata Tauhid.

Dari sisi pendanaan, Tauhid juga melihat tantangan yang dihadapi para startup masih akan berat. Sebelumnya di 2021, investasi di sektor digital di Indonesia mencapai Rp 144,06 triliun. Namun di 2022, kondisinya berubah. Nilai investasi di sektor digital hingga November 2022 hanya tinggal Rp 53,58 triliun.

"Untuk pendanaan perusahaan rintisan di 2023 agak berat ya, karena kan kebanyakan investor kita dari luar negeri. Mereka sekarang akan lebih realistis mencari investasi yang menjanjikan dan lebih aman, cenderung ke bond ketimbang berinvestasi di fintech karena sangat sensitif. Apalagi ada perang suku bunga, bond yang 3 tahun, 10 tahun, mereka akan cari yang penawarannya menarik,” kata Tauhid.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ombudsman Tegaskan Siap Kawal Pembentukan Bursa Kripto

Yeka menegaskan, Ombudsman akan mengawal pembentukan bursa kripto untuk mencegah maladministrasi yang merugikan masyarakat.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Bursa Kripto Mandek, Ombudsman Minta Keterangan Kemenkeu, BI, dan OJK

Ombudsman bakal memanggil pihak Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Bank Indonesia (BI), dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait mandeknya bursa kripto.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Ombudsman Tegaskan Pelayanan Publik Tidak Boleh Diskriminatif

Anggota Ombudsman, Yeka Hendra Fatika menegaskan, segala bentuk pelayanan publik harus memberikan keadilan dan tidak diskriminatif.

EKONOMI | 8 Februari 2023

OJK Prediksi Piutang Multifinance Tumbuh hingga 15% di 2023

Berdasarkan outlook Otoritas Jasa Keuangan (OJK), piutang pembiayaan multifinance diproyeksi tumbuh hingga 15% pada tahun 2023.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Bahlil Sebut Hilirisasi Jadi Instrumen Pembangunan Berkelanjutan

Bahlil Lahadalia menegaskan, pemerintah sudah memiliki peta jalan hilirisasi investasi strategis Indonesia dengan nilai US$ 545,3 miliar.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Gapki Minta Dana Bagi Hasil Sawit untuk Bangun Infrastruktur

Ketua Umum Gapki Joko Sriyono meminta Dana Bagi Hasil (DBH) difokuskan untuk infrastruktur pengelolaan kelapa sawit di daerah.

EKONOMI | 8 Februari 2023

PUPR Pastikan Tol Cisumdawu Bisa Dipakai Mudik Lebaran 2023

Kementerian PUPR akan mengoperasikan secara penuh jalan tol Cisumdawu (Cileunyi–Sumedang–Dawuan) pada momen mudik Lebaran 2023.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Erick Thohir Rombak Direksi dan Komisaris Jasa Marga

Menteri BUMN, Erick Thohir melakukan perombakan dewan direksi dan komisaris PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Kementerian PUPR Lelang Ulang Tender Tol Getaci Mulai April

Kementerian PUPR berencana melelang ulang proyek jalan tol Getaci (Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap) senilai Rp 56,2 triliun mulai April 2023.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Tata Kelola dan Bisnis Berkelanjutan SIG Diakui ASEAN

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) atau SIG berkomitmen menerapkan praktik tata kelola perusahaan baik (good corporate governance/GCG)

EKONOMI | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Terjebak 52 Jam, Bocah 8 Tahun Berhasil Diselamatkan dari Reruntuhan Gempa Turki

Terjebak 52 Jam, Bocah 8 Tahun Berhasil Diselamatkan dari Reruntuhan Gempa Turki

INTERNASIONAL | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE