Logo BeritaSatu

Bulog Serap Stok Beras di Penggilingan, Tidak Jadi Impor?

Jumat, 2 Desember 2022 | 13:26 WIB
Oleh : Herman / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Perum Bulog telah melakukan penyerapan beras dari berbagai wilayah berdasarkan data yang disampaikan Kementerian Pertanian (Kementan) kepada Bulog pada 30 November 2022 lalu sebanyak 610.632 ton. Namun bukan berarti langkah impor untuk memenuhi cadangan beras pemerintah (CBP) di gudang Bulog tidak jadi dilakukan. Pasalnya saat ini proses penyerapan masih berjalan, sehingga belum bisa dipastikan apakah data yang disampaikan Kementan sesuai kondisi riil di lapangan.

"Kita belum dapat pastikan apakah stok fisik yang ada sama dengan data yang disampaikan (Kementan)," kata Sekretaris Perusahaan Perum Bulog Awaludin Iqbal saat dihubungi Beritasatu.com, Jumat (2/12/2022).

Advertisement

Awaludin menegaskan, pada prinsipnya harus ada stock on hand yang dikuasai pemerintah (CBP) sebanyak 1-1,5 juta ton, terutama pada bulan-bulan tidak ada atau kurang panen. "Untuk memenuhi stok tersebut, bisa dilakukan dengan pembelian beras, baik dari dalam negeri atau dari luar negeri," tegas Awaludin.

Sementara Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) sebelumnya menegaskan, di tengah stok beras di gudang Bulog yang kian menipis, impor tidak mutlak dilakukan. Saat ini Bulog masih terus menyerap beras dari petani. Namun di saat yang bersamaan, langkah impor perlu dipertimbangkan untuk mengantisipasi apabila produksi di dalam negeri tidak mencukupi.

Stok beras di gudang Bulog saat ini semakin menipis berada di kisaran 500.000-an ton. Bulog sendiri sesuai arahan Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) Bidang Perekonomian pada 8 November 2022 diminta untuk memenuhi cadangan beras pemerintah (CBP) sampai 1,2 juta ton di akhir tahun ini.

“Kita masih menyerap beras dari petani. Tetapi kita harus antisipasi ketika produksi dalam negeri tidak terpenuhi target, jadi opsinya ditambahi dengan impor. Ini kan masalah perut, kebutuhan yang tidak bisa ditunda karena ini menyangkut kecepatan. Kita berpacu dengan waktu. Nanti kalau kita tidak dapat dan kemudian negara lain menutup, kemudian angkutan tidak ada, bisa jadi masalah besar buat kita,” kata Budi Waseso.

Meskipun nantinya langkah impor akan diambil, Buwas mengatakan belum tentu Bulog bisa memenuhi jumlah yang ditugaskan. Apalagi saat ini seluruh dunia penghasil beras juga tengah menghadapi ancaman krisis pangan.

"Belum bisa jaminan umpamanya penugasan dari negara 500.000 ton kita bisa dapat segitu, atau umpanya penugasan 500.000 ton saya laksanakan 500.000 ton. Saya harus menjaga produktivitas dari petani, jadi tetap saya utamakan produktivitas dari petani. Ini yang terus saya ambil sambil dikuatkan dari impor kalau tidak terpenuhi. Kalau sudah terpenuhi, ya tidak perlu impor,” kata Buwas.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Laporan Emiten Mengecewakan, Wall Street Ditutup Melemah

Wall Street ditutup melemah pada hari Rabu (8/2/2023). Investor kembali fokus ke laporan pendapatan perusahaan.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Stratospheric dan Protelindo Jajaki Pengembangan Teknologi HAPS

Pendanaan dari Protelindo menjadi langkah awal SPL untuk menjajaki pengembangan teknologi HAPS dalam menghadirkan jaringan telekomunikasi sesuai topografi Indonesia.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Bersaing di Pasar Roda Dua, Tangkas Motor Listrik Buka 5 Showroom

Tangkas Motor Listrik akan melaunching showroom di lima Kota di Indonesia dalam waktu satu pekan ke depan.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Mandiri Capital Masih Rajin Berburu Kandidat Startup

PT Mandiri Capital Indonesia (MCI), salah satu anak usaha Bank Mandiri di bidang modal ventura, masih berburu kandidat startup potensial.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Tingkatkan Kontribusi dan Beri Pelayanan Terbaik, PLN Siapkan 6 Strategi

PLN menyiapkan 6 strategi untuk membawa perusahaan melaju kencang pada 2023 ini. PLN memaparkan 6 strategi itu dalam RDP bersama Komisi VII DPR.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Teten: Revisi UU Koperasi Cegah Penjahat Keuangan Pindah

Teten Masduki mengatakan, rencana revisi Undang-undang (UU) Koperasi bertujuan mencegah penjahat keuangan di perbankan pindah ke koperasi.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Finalis Puteri Indonesia dari Papua Ini Metamorfosis Jadi Peternak Sukses

Maria Fransisca Tambingon, finalis Puteri Indonesia 2014 sukses membesarkan usaha peternakan ayam petelur bersama Papua Muda Inspiratif.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Peserta BPJS Kesehatan Bisa Bayar Iuran di Outlet Pegadaian

Pegadaian resmi membuka layanan pendaftaran peserta baru dan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Pelatihan Komunitas UMKM Kejar 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru

Melalui adanya proses pengolahan dari barang mentah menjadi siap konsumsi di sektor UMKM dapat mencapai target 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Luhut: Sampah Plastik Masalah Dunia, Harus Ditangani dengan Baik

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan mengatakan sampah plastik adalah masalah dunia dan harus ditangani dengan baik.

EKONOMI | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Top News, Wawancara Eksklusif Christine Hakim hingga Gempa Turki

Top News, Wawancara Eksklusif Christine Hakim hingga Gempa Turki

NASIONAL | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE