Logo BeritaSatu

Bulog Serap Stok Beras di Penggilingan, Tidak Jadi Impor?

Jumat, 2 Desember 2022 | 13:26 WIB
Oleh : Herman / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Perum Bulog telah melakukan penyerapan beras dari berbagai wilayah berdasarkan data yang disampaikan Kementerian Pertanian (Kementan) kepada Bulog pada 30 November 2022 lalu sebanyak 610.632 ton. Namun bukan berarti langkah impor untuk memenuhi cadangan beras pemerintah (CBP) di gudang Bulog tidak jadi dilakukan. Pasalnya saat ini proses penyerapan masih berjalan, sehingga belum bisa dipastikan apakah data yang disampaikan Kementan sesuai kondisi riil di lapangan.

"Kita belum dapat pastikan apakah stok fisik yang ada sama dengan data yang disampaikan (Kementan)," kata Sekretaris Perusahaan Perum Bulog Awaludin Iqbal saat dihubungi Beritasatu.com, Jumat (2/12/2022).

Advertisement

Awaludin menegaskan, pada prinsipnya harus ada stock on hand yang dikuasai pemerintah (CBP) sebanyak 1-1,5 juta ton, terutama pada bulan-bulan tidak ada atau kurang panen. "Untuk memenuhi stok tersebut, bisa dilakukan dengan pembelian beras, baik dari dalam negeri atau dari luar negeri," tegas Awaludin.

Sementara Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) sebelumnya menegaskan, di tengah stok beras di gudang Bulog yang kian menipis, impor tidak mutlak dilakukan. Saat ini Bulog masih terus menyerap beras dari petani. Namun di saat yang bersamaan, langkah impor perlu dipertimbangkan untuk mengantisipasi apabila produksi di dalam negeri tidak mencukupi.

Stok beras di gudang Bulog saat ini semakin menipis berada di kisaran 500.000-an ton. Bulog sendiri sesuai arahan Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) Bidang Perekonomian pada 8 November 2022 diminta untuk memenuhi cadangan beras pemerintah (CBP) sampai 1,2 juta ton di akhir tahun ini.

“Kita masih menyerap beras dari petani. Tetapi kita harus antisipasi ketika produksi dalam negeri tidak terpenuhi target, jadi opsinya ditambahi dengan impor. Ini kan masalah perut, kebutuhan yang tidak bisa ditunda karena ini menyangkut kecepatan. Kita berpacu dengan waktu. Nanti kalau kita tidak dapat dan kemudian negara lain menutup, kemudian angkutan tidak ada, bisa jadi masalah besar buat kita,” kata Budi Waseso.

Meskipun nantinya langkah impor akan diambil, Buwas mengatakan belum tentu Bulog bisa memenuhi jumlah yang ditugaskan. Apalagi saat ini seluruh dunia penghasil beras juga tengah menghadapi ancaman krisis pangan.

"Belum bisa jaminan umpamanya penugasan dari negara 500.000 ton kita bisa dapat segitu, atau umpanya penugasan 500.000 ton saya laksanakan 500.000 ton. Saya harus menjaga produktivitas dari petani, jadi tetap saya utamakan produktivitas dari petani. Ini yang terus saya ambil sambil dikuatkan dari impor kalau tidak terpenuhi. Kalau sudah terpenuhi, ya tidak perlu impor,” kata Buwas.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pembentukan Bursa Kripto Berlarut, Ombudsman Siap Buktikan Adanya Maladministrasi

Bila terbukti terjadi maladministrasi dalam proses pemberian izin usaha berjangka komoditi, Ombudsman akan menjatuhkan tindakan korektif.

EKONOMI | 7 Februari 2023

Buntut Penundaan Bursa Kripto, Ombudsman Panggil Bappebti Besok

Ombudsman akan memanggil Bappebti sebagai tindak lanjut atas laporan penundaan pembentukan bursa kripto yang berlarut-larut.

EKONOMI | 7 Februari 2023

Berdikari Pondasi Perkasa Tawarkan Harga IPO Rp 188-Rp 200

PT Berdikari Pondasi Perkasa Tbk (BDKR), melakukan IPO dengan melepaskan maksimal 706.100.000 saham.

EKONOMI | 7 Februari 2023

Indef Sarankan Tiga Strategi Jaga Pertumbuhan Ekonomi 2023

Institute for Development of Economics and Finance (Indef) menilai, pemerintah harus menjalankan tiga strategi untuk menjaga pertumbuhan ekonomi 2023.

EKONOMI | 7 Februari 2023

Ombudsman Investigasi Lambatnya Bappebti Hadirkan Bursa Komoditi dan Kripto

Ombudsman akan membedah pelaporan lambatnya Bappebti dalam membentuk bursa berjangka komoditi dan bursa kripto.

EKONOMI | 7 Februari 2023

Tantangan Makin Kompleks, Menteri BUMN Lakukan Pergantian Direksi Perum Perhutani

Pergantian jajaran direksi Perum Perhutani ini dalam upaya menghadapi tantangan di bidang kehutanan yang makin kompleks.

EKONOMI | 7 Februari 2023

Minyakita Langka dan Mahal, DPR Soroti Pemenuhan DMO

Ansy Lema mengusulkan Satgas Pangan bisa melakukan sidak, untuk mencari akar permasalahan utama kelangkaan Minyakita.

EKONOMI | 7 Februari 2023

IPO Solusi Kemasan Digital Diminati, Oversubscribed 6,8 Kali

IPO PT Solusi Kemasan Digital Tbk dengan brand Flexypack mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) sebanyak 6,98 kali.

EKONOMI | 7 Februari 2023

Indef: Pertumbuhan Ekonomi RI Kalah dari Vietnam dan Filipina

Pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2022 yang sebesar 5,31 persen dinilai masih kalah dengan negara tetangga seperti Vietnam dan Filipina.

EKONOMI | 7 Februari 2023

Pemerintah Manfaatkan Lebaran Genjot Konsumsi Rumah Tangga

Pemerintah akan mendongkrak konsumsi rumah tangga pada kuartal II 2023 dengan memanfaatkan momen Lebaran.

EKONOMI | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Warunk Upnormal


# Susi Air


# Gempa Turki


# Jokowi


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kemenkes Diminta Tetapkan Gagal Ginjal Akut sebagai KLB

Kemenkes Diminta Tetapkan Gagal Ginjal Akut sebagai KLB

NASIONAL | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE