Logo BeritaSatu

Bulog Serap Stok Beras di Penggilingan, Tidak Jadi Impor?

Jumat, 2 Desember 2022 | 13:26 WIB
Oleh : Herman / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Perum Bulog telah melakukan penyerapan beras dari berbagai wilayah berdasarkan data yang disampaikan Kementerian Pertanian (Kementan) kepada Bulog pada 30 November 2022 lalu sebanyak 610.632 ton. Namun bukan berarti langkah impor untuk memenuhi cadangan beras pemerintah (CBP) di gudang Bulog tidak jadi dilakukan. Pasalnya saat ini proses penyerapan masih berjalan, sehingga belum bisa dipastikan apakah data yang disampaikan Kementan sesuai kondisi riil di lapangan.

"Kita belum dapat pastikan apakah stok fisik yang ada sama dengan data yang disampaikan (Kementan)," kata Sekretaris Perusahaan Perum Bulog Awaludin Iqbal saat dihubungi Beritasatu.com, Jumat (2/12/2022).

Advertisement

Awaludin menegaskan, pada prinsipnya harus ada stock on hand yang dikuasai pemerintah (CBP) sebanyak 1-1,5 juta ton, terutama pada bulan-bulan tidak ada atau kurang panen. "Untuk memenuhi stok tersebut, bisa dilakukan dengan pembelian beras, baik dari dalam negeri atau dari luar negeri," tegas Awaludin.

Sementara Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) sebelumnya menegaskan, di tengah stok beras di gudang Bulog yang kian menipis, impor tidak mutlak dilakukan. Saat ini Bulog masih terus menyerap beras dari petani. Namun di saat yang bersamaan, langkah impor perlu dipertimbangkan untuk mengantisipasi apabila produksi di dalam negeri tidak mencukupi.

Stok beras di gudang Bulog saat ini semakin menipis berada di kisaran 500.000-an ton. Bulog sendiri sesuai arahan Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) Bidang Perekonomian pada 8 November 2022 diminta untuk memenuhi cadangan beras pemerintah (CBP) sampai 1,2 juta ton di akhir tahun ini.

“Kita masih menyerap beras dari petani. Tetapi kita harus antisipasi ketika produksi dalam negeri tidak terpenuhi target, jadi opsinya ditambahi dengan impor. Ini kan masalah perut, kebutuhan yang tidak bisa ditunda karena ini menyangkut kecepatan. Kita berpacu dengan waktu. Nanti kalau kita tidak dapat dan kemudian negara lain menutup, kemudian angkutan tidak ada, bisa jadi masalah besar buat kita,” kata Budi Waseso.

Meskipun nantinya langkah impor akan diambil, Buwas mengatakan belum tentu Bulog bisa memenuhi jumlah yang ditugaskan. Apalagi saat ini seluruh dunia penghasil beras juga tengah menghadapi ancaman krisis pangan.

"Belum bisa jaminan umpamanya penugasan dari negara 500.000 ton kita bisa dapat segitu, atau umpanya penugasan 500.000 ton saya laksanakan 500.000 ton. Saya harus menjaga produktivitas dari petani, jadi tetap saya utamakan produktivitas dari petani. Ini yang terus saya ambil sambil dikuatkan dari impor kalau tidak terpenuhi. Kalau sudah terpenuhi, ya tidak perlu impor,” kata Buwas.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tantang Tesla Elon Musk, Orang Terkaya Dunia Ini Investasi di Lotus untuk Mobil Listrik

Orang terkaya dunia melawan orang terkaya kedua di dunia.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Menteri PUPR Pastikan Pembangunan di IKN Tak Ubah Bentang Alam

Pembangunan infrastruktur IKN Nusantara tidak akan merusak hutan dan tetap mempertahankan bentang alam.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Pasokan Berkurang, Harga Cabai dan Bawang di Gowa Sulsel Naik

Harga cabai, bawang putih, hingga bawang merah mengalami kenaikan di Pasar Induk Sungguminasa di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Permintaan Minyak Dunia Diramal Naik Jadi 101,7 Juta Barel

IEA dalam laporannya Januari 2023 lalu menyebut permintaan minyak dunia tahun 2023 diramal akan meningkat sebesar 1,9 juta bare per hari.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Digitalisasi Picu Serapan Lahan Kawasan Industri Menciut 17%

Penyerapan lahan di kawasan industri (KI) sepanjang 2022 turun 17,19% menjadi 519,38 ha dibanding 2021 karena transformasi digital.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Langka, Migor MinyaKita di Lampung Naik Dibanderol Rp 17.000

Minyak goreng (migor) subsidi merk Minyakita langka di sejumlah pasar di Lampung sejak 1 pekan terakhir.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Mengenal Frugal Living, Hidup Hemat untuk Tujuan Finansial

Istilah frugal living yakni hidup hemat atau minimalis untuk mencapai tujuan finansial atau freedom financial bisa menjadi pilihan.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Sejak Awal 2023, Obligasi dan Sukuk di BEI Rp 4 Triliun

BEI mencatat sejak awal 2023 hingga akhir Januari, total emisi obligasi dan sukuk yang adalah enam emisi dari lima emiten senilai Rp 4 triliun.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Transmart Tutup, Ini Kekayaan Chairul Tanjung dan Pendiri Alfamart

Di tengah tutupnya sejumlah gerai Transmart yang dikelola PT Trans Retail Indonesia, kekayaan Chairul Tanjung masih menjulang.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Sandiaga: Kolaborasi Pariwisata Mampu Bangkitkan Ekonomi

Sandiaga mengatakan, ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 menjadi ruang diskusi untuk merumuskan kembali industri pariwisata yang lebih adaptif.

EKONOMI | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KEK Kura-kura Bali Akan Datangkan Investasi Rp 104 T, Serapan Pekerja?

KEK Kura-kura Bali Akan Datangkan Investasi Rp 104 T, Serapan Pekerja?

EKONOMI | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE