Logo BeritaSatu

Tolak UMP DKI 2023, Apindo: Kami Butuh Kepastian Hukum

Jumat, 2 Desember 2022 | 18:46 WIB
Oleh : Herman / WIR

Jakarta, Beritasatu.com – Para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) ikut menolak penetapan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta tahun 2023 yang naik 5,6% menjadi Rp 4.901.798 dari sebelumnya Rp 4.641.854.

Pengusaha beralasan penetapan UMP tersebut menggunakan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 18 Tahun 2022 tentang penetapan upah minimum 2023. Padahal sudah ada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.

Advertisement

“Kami butuh kepastian hukum. Kita jangan mempermainkan aturan. Pemerintah yang buat aturan, pemerintah yang buat regulasi, tetapi kok pemerintah yang acak-acak lagi,” kata Anggota Dewan Pengupahan DKI Jakarta dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) DKI Jakarta Nurjaman kepada Beritasatu.com, Jumat (2/12/2022).

Nurjaman menegaskan, dalam menetapkan UMP 2023, harus ada kepastian hukum antara PP 36/2021 atau Permenaker 18/2022, di mana secara hirarki perundang-undangan, PP lebih tinggi dari permen.

“Sudah ada peraturannya, kenapa dibuat aturan baru, sehingga menjadi kontradiksi. Jadi menurut kami Permenaker 18/2022 ini lahirnya prematur. Harusnya ada sosialisasi sebelumnya, meminta pendapat dari masing-masing unsur, ini kan tidak. Tiba-tiba muncul lalu menjadi acuan,” sesalnya.

Nurjaman menilai, pengusaha dan pekerja masing-masing memiliki peran yang sama kuat dalam berjalannya suatu usaha. Untuk meningkatkan kelangsungan usaha, dia menyebut peran pemerintah juga penting yaitu dengan membuat regulasi yang memihak kepada ketahanan dan keramahan investasi. Berkaitan dengan hal tersebut, menurutnya, keputusan terpenting saat ini adalah regulasi yang mampu mempertahankan kelangsungan usaha. Terlebih lagi di tengah ancaman resesi global seperti saat ini.

Apindo DKI Jakarta sebelumnya mengusulkan kenaikan UMP DKI Jakarta tahun 2023 sebesar 2,62% atau menjadi Rp 4.763.293. Tidak hanya terjadi di Jakarta, Nurjaman mengatakan penetapan UMP di provinsi lain mayoritasnya juga jauh lebih tinggi dari usulan Apindo, namun angkanya berbeda-beda tergantung penetapan UMP di provinsi tersebut.

Karenanya, menurut Ketua Bidang Ketenagakerjaan Apindo Anton J Supit, Apindo bersama sembilan asosiasi bisnis lainnya telah mengajukan uji materi atau judicial review (JR) menggugat Permenaker Nomor 18 Tahun 2022 ke Mahkamah Agung (MA) pada 28 November 2022 lalu.

Adapun sembilan asosiasi yang mengajukan uji materi yaitu Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo), Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Asosiasi Bisnis Alih Daya Indonesia (Abadi), Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filamen Indonesia (APSyFI).

Kemudian, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Himpunan Penyewa dan Peritel Indonesia (Hippindo), Gabungan Produsen Makanan Minuman Indonesia (Gapmmi) serta Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki).



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bersaing di Pasar Roda Dua, Tangkas Motor Listrik Buka 5 Showroom

Tangkas Motor Listrik akan melaunching showroom di lima Kota di Indonesia dalam waktu satu pekan ke depan.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Mandiri Capital Masih Rajin Berburu Kandidat Startup

PT Mandiri Capital Indonesia (MCI), salah satu anak usaha Bank Mandiri di bidang modal ventura, masih berburu kandidat startup potensial.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Tingkatkan Kontribusi dan Beri Pelayanan Terbaik, PLN Siapkan 6 Strategi

PLN menyiapkan 6 strategi untuk membawa perusahaan melaju kencang pada 2023 ini. PLN memaparkan 6 strategi itu dalam RDP bersama Komisi VII DPR.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Teten: Revisi UU Koperasi Cegah Penjahat Keuangan Pindah

Teten Masduki mengatakan, rencana revisi Undang-undang (UU) Koperasi bertujuan mencegah penjahat keuangan di perbankan pindah ke koperasi.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Finalis Puteri Indonesia dari Papua Ini Metamorfosis Jadi Peternak Sukses

Maria Fransisca Tambingon, finalis Puteri Indonesia 2014 sukses membesarkan usaha peternakan ayam petelur bersama Papua Muda Inspiratif.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Peserta BPJS Kesehatan Bisa Bayar Iuran di Outlet Pegadaian

Pegadaian resmi membuka layanan pendaftaran peserta baru dan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Pelatihan Komunitas UMKM Kejar 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru

Melalui adanya proses pengolahan dari barang mentah menjadi siap konsumsi di sektor UMKM dapat mencapai target 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Luhut: Sampah Plastik Masalah Dunia, Harus Ditangani dengan Baik

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan mengatakan sampah plastik adalah masalah dunia dan harus ditangani dengan baik.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Garuda Indonesia Tanggapi 2 Kreditur Ajukan Pembatalan Perdamaian

Dua kreditur PT Garuda Indonesia Tbk (GIIA), mengajukan pembatalan perdamaian proses homologasi PKPU ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

EKONOMI | 8 Februari 2023

PUPR Targetkan Pembangunan Jalan Tol 509,01 Km di 2023

Kementerian PUPR menargetkan penambahan total jalan tol baru sepanjang 509,01 kilometer (km) pada tahun 2023.

EKONOMI | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bersaing di Pasar Roda Dua, Tangkas Motor Listrik Buka 5 Showroom

Bersaing di Pasar Roda Dua, Tangkas Motor Listrik Buka 5 Showroom

EKONOMI | 17 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE